Skip to main content

Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan

Halo sobat Arsitur, kali ini ita akan membahas tentang cara merawat kolam ikan. Untuk anda yang memiliki kolam ikan untuk di jadikan hiasan atau merupakan bagian dari dekorasi rumah anda, tak jarang seseorang memilih untuk membuat kolam kecil yang unik dimana ikan berenang begitu indahnya.

Selain itu, penempatan kolam ikan di dalam rumah dapat digunakan pada berbagai macam-macam konsep bangunan, mulai dari rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis, model rumah scandinavian hingga rumah dengan konsep arsitektur modern tropis. Namun memliki kolam di dalam rumah bukan hanya untuk sekedar meningkatkan estetika tampilan rumah, namun Anda juga perlu mengetahui cara merawat kolam ikan yang baik dan benar.

Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan bergaya Scandinavia

Salah satu  kendala yang sering dialamiadalah banyanya nya alga atau lumut – lumutan yang muncul pada kolam ikan anda akan berpengaruh pada keindahan dan kesehatan ikan itu sendiri, memang alga baik bagi ikan tapi bila dalam jumlah yang banyak tentu akan membuat timbulnya masalah.

Kolam diluar akan mudah terkena lumut karena pengaruh cuaca serta sering masuknya air hujan yang ikut tercampur pada kolam dari pada kolam indoor sehingga perlu di antisipasi atau di perbaiki.

Untuk itu anda bisa mengatasi permasalahan kolam ikan ini dengan mengikut tips berikut ini :
  • Pertama jika memungkinkan pindahkan lah ikan yang ada di kolam anda ke  wadah yang berisi air bersih
  • Kemudian buanglah air yang ada dalam kolam jika kolam anda termasuk kolam yangcukup besar silahkan kuras atau buang dan sisa kan 30 %
  • Setelah kolam terkuras anda bisa kembali mengisikan kolam anda dengan air bersih
  • Anda bisa menggunakan beberapa obat untuk pengencer air, dan Mengencerkan air yang pekat, mengendalikan kualitas air saat bahan organik meningkat, menghilangkan bau amis dan menguraikan gas-gas beracun yang anda bisa beli di toko prawatan ikan dan di toko online seperti shopee, tokopedia, dll.
Anda bisa menggunakan obat-obat berikut :
  • PROBIOTIK OBAT IKAN BLUEGREEN
  • BOSTER SEL MULTI
  • NEVER GREEN
Untuk cara penggunaan silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda

Cara selanjutnya yang anda bisa lakukan untuk mengatasi pertumbuhan lumut pada kolam ikan kesayangan anda di rumah yaitu Menerapkan Sistem Filtrasi yang Tepat. Langkah ini sangat penting dan bisa menjadi solusi dan pencegahan timbulnya alga di kolam anda , yaitu dalam melakukan pembersihan kolam renang berlumut adalah dengan cara merancang filterasi yang baik dan tepat.

Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan

Filterisasi Air Kolam

Filterisasi pada kolam pada dasarnya bertujuan untuk membuat air kolam menjadi bersih dan sehat kembali. Selain itu filterasi juga mempertahankan kualitas air tetap baik. Oleh karena itu, kolam ikan Anda juga perlu menggunakan alat ini agar kondisi air tetap stabil.

Mengurangi sinar matahari

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa, kolam air yang lebih sering terkena sinar matahari akan lebih mudah terkena lumut. Oleh karena itu, peletakkan kolam ikan agar di tempatkan pada  tempat-tempat teduh yang sinar mataharinya lebih tersaring.

Menanam tumbuhan air

Tumbuhan air merupakan cara yang tepat untuk dijadikan pesaing bagi lumut dalam memperebutkan nutrisi di dalam air. Anda bisa Menambahkan beberapa tanaman ini untuk mencegah timbulnya lumut pada kolam ikan anda ini juga akan menambah keindahan kolam ikan di rumah anda. Contoh tanaman ini adalah eceng gondok, teratai dan sebagainya.

Itu dia tips dari kami untuk bagai mana cara merawat kolam anda terbebas dari alga atau lumut – lumutan, perlu diketahui bawa lumut merupakan makanan alami dari ikan namun akan berdampak negativejika lumut dalam jumlah yang banyak.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Newest Post
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar