Skip to main content

Cara Merawat dan Membersihkan Granit di Rumah

Granit adalah batu keras tahan lama yang terbentuk seiring waktu dari magma vulkanik. Granit telah mendapatkan reputasi sebagai batu bahan bangunan yang hebat dan sangat populer untuk rumah. Selain karena warna granit juga dikenal karena coraknya, terutama untuk countertops atau topping meja.

Cara Merawat dan Membersihkan Granit di Rumah
Cara Merawat dan Membersihkan Granit di Rumah

Granit telah menjadi titik penjualan utama ketika calon pembeli rumah sedang memilih tempat tinggal baru. Menggunakan granit sebagai bahan bangunan adalah sebuah investasi karena nilai jual granit yang bagus. Merawat meja granit juga diperlukan untuk melindungi investasi tersebut.

Pro

Topping meja atau Countertop granit adalah tambahan cantik untuk sebuah rumah, dengan masing-masing bagian seperti karya seni yang unik. Karena granit tersedia dalam begitu banyak warna, pemilik rumah memiliki banyak pilihan untuk dipilih.

Granit dapat dipilih agar sesuai dengan dekorasi atau skema desain. Granit juga sangat tahan lama dan tahan panas. Ini membuatnya cocok untuk meja dapur yang dipakai tempat membuat adonan, membuat kue gulung, dan tugas-tugas lain yang membutuhkan meja keren untuk hasil terbaik.

Cons

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa merawat permukaan granit adalah hal yang mudah. Pada kenyataannya, granit memerlukan perawatan rutin agar tetap terlihat cantik. Selain hanya membersihkan, Anda harus memastikan granit dipoles secara berkala untuk melindungi investasi ini.

Noda pada granit bisa sangat sulit dihilangkan, tetapi bukan tidak mungkin. Berurusan dengan noda, pembersihan yang cepat dan rutin akan memberikan hasil terbaik. Granit juga rentan terhadap keretakan, meskipun pemasangan yang tepat dapat mengatasi masalah ini.

Pembersihan Dasar

Untuk menjaga permukaan granit tetap bersih, gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu pada permukaan. Seringkali kain pembersih microfiber, bahkan yang kering, adalah semua yang diperlukan untuk pembersihan dasar.

Untuk saat-saat ketika tumpahan makanan terjadi, cobalah untuk menghapus noda di meja granit setiap hari atau sesuai kebutuhan hanya dengan menggunakan air. Sekali seminggu bersihkan permukaan granit Anda dengan kain lembab dan pembersih batu yang diformulasikan dengan pH netral.

Jangan pernah menggunakan bahan kimia keras atau pembersih abrasif di atas meja Anda, bahkan jika Anda merasa ada noda yang membandel. Jenis pembersih ini dapat menggores, mengubur, dan merusak permukaan batu ini secara permanen.

Untuk noda berminyak yang meresap ke dalam granit, cobalah tapal yang terbuat dari secangkir tepung atau soda kue dan lima sendok makan sabun cuci piring. Tambahkan air agar konsistensi krim asam atau yogurt. Tempatkan larutan langsung di atas noda dan tutupi dengan bungkus plastik semalaman, sebelum membasuh kembali, pastikan untuk membilas meja dengan lembut dan keringkan segera.

Pemeliharaan Granit

Sealing adalah tugas perawatan rutin untuk granit yang tidak dapat diabaikan. Ada tes sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menentukan apakah meja granit perlu diberikan seal lagi. Percikkan sedikit air pada permukaan meja, dan perhatikan apakah air menggenang di atas meja dalam bentuk seperti manik-manik kecil atau mengalir bebas. Tutup kembali permukaan meja ketika air tidak masuk ke permukaan lagi. Pastikan untuk melakukan tes ini pada area yang paling banyak digunakan.

Penting untuk memeriksa granit setidaknya setahun sekali. Periksa area untuk memastikan tidak ada retak atau bergeser pada lapisannya. Periksa noda dan goresan juga, jika ada noda atau kerusakan, hubungi jasa perawatan granit untuk diperbaiki. Menunda perbaikan atau perawatan dapat menyebabkan perbaikan yang lebih besar dan lebih mahal atau bahkan kebutuhan untuk penggantian total.

Banyak pemilik rumah yang tidak tahu tentang atau lupa untuk melakukan perawatan granit tambahan, yang biasanya ini akan berakhir dengan perbaikan mahal pada granit. Demikianlah mengenai Cara Mudah Membersihkan Meja Granit, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar