--> Skip to main content

Mengenal Bahan Atap Zincalume untuk Bangunan Bentang Lebar

Kita sering melihat gambar di internet dan sosial media atap bangunan masa kini yang bisa dibuat dengan bentuk lengkung, meliuk-liuk, memiliki bentang atap yang sangat lebar, namun jika kita perhatikan atap tersebut dapat dibuat rapi dengan sambungan yang hampir tidak terlihat. Mungkin di sini banyak yang bertanya, bahan apa yang digunakan untuk atap bangunan tersebut ?

Disini kita akan membahas bahan atap baja zincalume yang banyak digunakan dalam konstruksi bangunan bentang lebar seperti untuk bahan atap convention center, bahan atap aula, bahan atap GOR, bahan atap gedung pertunjukkan dan untuk bahan atap bangunan besar lainnya.

Mengenal Bahan Atap Lengkung pada Bentang Lebar

Bahan Atap Lengkung pada bangunan bentang lebar salah satunya adalah baja zincalume, yang merupakan kombinasi antara seng (43,5 %), aluminium (55 %), silikon (1,5 %). Kombinasi tersebut menghasilkan bahan yang luar biasa kuat dan tahan lama. Unsur aluminium berguna untuk ketahanan terhadap karat, sementara unsur seng berfungsi sebagai kekakuan bentuk atap.

Atap Lengkung tersebut terbagi atas 2 jenis baja yaitu dengan kode AZ 150 dan AZ 100. Bahan tersebut merupakan bahan buatan pabrik yang diproses dengan teknologi tinggi dan modern sehingga menjadikan logam tersebut mudah dibentuk, mudah diaplikasikan, memiliki kekuatan tinggi, berumur panjang dan cocok untuk berbagai keperluan bangunan termasuk salah satunya untuk bentang lebar. Selain itu bahan ini memiliki permukaan yang bersifat melekat terhadap cat, sehingga memudahkan untuk pewarnaan serta mempercepat pemasangan.

Aplikasi dan Pemasangan Bahan Atap Lengkung Zincalume

Pemasangan atap baja zincalume paling tepat dipasang pada rangka baja, baik rangka baja ringan, rangka baja berat (baja WF) atau pada struktur bentang lebar yang menggunakan struktur baja rangka batang, struktur rangka bidang maupun struktur rangka ruang. Pemasangan menggunakan teknik sekrup ke reng baja yang bisa dilakukan dengan bor listrik sehingga lebih cepat dan mudah.

Inovasi yang bisa dilakukan dengan atap ini adalah pada estetika dengan tidak adanya sambungan pada arah panjang Atap lengkung tersebut. Penggunaan bahan atap ini lebih banyak digunakan untuk kanopi rumah, GOR, ruko, mall, karpot, penutup konveyor, halte, dan masih banyak lagi penggunaan atap pada gedung termasuk bangunan bentang lebar.

Keuntungan Atap Baja Zincalume untuk Bangunan Bentang Lebar

Berikut akan dijelaskan mengenai keunggulan bahan atap baja zincalume yang sekarang mulai banyak digunakan untuk bangunan besar dan atap bangunan bentang lebar.

Kuat dan Mudah Dipasang

Mungkin tidak perlu dibahas lagi, tetapi memiliki atap berkualitas pada bangunan sangat penting untuk ketahanan dan efektivitasnya. Jika atap tidak aman dan kuat, hal tersebut dapat menciptakan faktor risiko utama untuk bangunan dan semua yang ada di dalamnya. Jika cuaca ekstrem menerpa dan atap tidak dapat menanganinya, semua barang yang tersimpan di dalamnya akan rusak.

Disisi lain, pemilik proyek pastinya juga ingin merancang atap tidak hanya agar kuat dan tahan lama, tetapi juga indah secara estetika sehingga menyatu dengan konsep dan tema bangunan. Owner proyek juga pastinya ingin memiliki atap yang tahan uji waktu dan mudah dirawat.

Kekuatan dan daya tahan

Baja zincalume sekitar empat kali lebih kuat dari baja galvanis, menjadikannya sebagai pilihan bahan yang sempurna untuk atap bangunan apapun. Setelah bertahun-tahun penelitian dan pengembangan, paduan khusus dan kombinasi aluminium, seng dan sedikit silikon menjadikannya salah satu bahan atap terkuat yang dijual di pasar.

Ini berarti atap zincalume dapat tahan terhadap semua jenis cuaca buruk, termasuk kerusakan akibat hujan dan salju serta mencegah kebocoran melalui teknologi penyegelan (sealing). Selain itu, baja zincalume juga tahan terhadap karat atau korosi, memungkinkannya bertahan untuk jangka waktu yang lama tanpa melemah. Sifat tahan lama ini menjadikannya salah satu bahan terbaik untuk atap bangunan bentang lebar.

Fleksibel dan Mudah Dibentuk

Atap baja zincalume tidak hanya menjadi bahan yang paling kokoh, tetapi juga memiliki keunggulan lain yang membuatnya diinginkan untuk bangunan bentang lebar. Lembaran atap juga terlihat bagus pada bangunan dan mampu menyerap cat dengan mudah. Karena itu, kita dapat mewarnainya dengan cat manual.

Bahan ini juga sangat fleksibel dan ringan, membuatnya mudah dibentuk ke dalam konsep desain yang dirancang untuk atap, baik itu atap datar, atap runcing, atap melengkung atau apa pun. Selain estetika, atap zincalume juga memiliki beberapa keunggulan praktis tambahan. Bahan ini lebih efisien daripada bahan lain dalam menahan panas di dalam bangunan, yang berguna selama musim kemarau terik. Sifatnya yang mudah dipelihara memungkinkan bahan zincalume untuk mudah dibersihkan juga, sehingga bangunan selalu terjaga.

Telah melewati banyak pengembangan

Meskipun memanfaatkan teknologi yang kuat, baja zincalume bukanlah penemuan baru. Sebaliknya, jenis bahan ini telah tersedia sejak tahun 1976. Hal Ini berarti bahwa jenis baja ini telah bertahan dalam ujian waktu dan telah meningkat menjadi salah satu bahan paling unggul dalam industri konstruksi. Bahan ini telah memenangkan banyak penghargaan dalam hampir empat puluh tahun dalam arsitektur di sepanjang waktu.

Berkali-kali, baja zincalume telah membuktikan dirinya kuat secara efektif terhadap semua jenis cuaca yang keras dan korosi alami. Baja zincalume adalah salah satu material terkuat, tahan lama, dan tahan lama di pasaran dan karenanya akan tahan terhadap tekanan cuaca apa pun dan menangkal efek korosif waktu.

zincalume juga efisien dalam menahan panas matahari, air hujan di luar dan dapat dengan mudah dibersihkan. Dengan dasar cat yang efektif dan fleksibilitas alami, dapat disesuaikan agar sesuai dengan bangunan mana pun yang akan dibuat.

Kekurangan Atap Baja Zincalume

Selain memiliki keunggulan di atas, bahan atap ini juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat kita harus mempertimbangkan untuk menggunakan bahan ini. Yang pertama adalah harga bahan atap zincalume yang berada di atas rata-rata harga bahan atap pada umumnya sehingga kurang ekonomis. Kedua adalah ketersediaan bahan ini yang mungkin tidak tersedia di sembarang toko bangunan, kita harus mencari agen dan distributor yang tepat untuk mendapatkan bahan zincalume terbaik. Ketiga adalah proses pemasangan yang membutuhkan keahlian khusus sehingga harus menggunakan tukang ahli.

Contoh bangunan dengan bahan atap zincalume

Berikut ini merupakan beberapa contoh bangunan yang menggunakan bahan atap baja zincalume, khususnya bangunan bentang lebar dengan bentuk atap melengkung dan minim sambungan atap. (Referensi gambar dari google).

Mengenal Atap Zincalume untuk Bangunan Bentang Lebar
  


https://www.no1roofing.com.au/curved-bullnose-roofing/


demikianlah mengenai bahan Atap Zincalume untuk Bangunan Bentang Lebar. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar