--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal

Tinggal di tengah-tengah kesibukan bekerja dan juga kesibukan serta aktivitas lainnya dan tentunya keinginan untuk gaya hidup yang lebih mewah, membuat banyak dari kita ingin memiliki yang namanya apartemen. Membeli apartemen pun perlu banyak alasan bagi setiap orang, baik karena segi lokasi strategis nya dan juga segi kemewahan dan kepraktisanya. Berikut ini akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal agar Anda yakin memutuskan untuk membeli atau tidak membeli apartemen.

A. Kelebihan Apartemen


Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal
Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal

Tapi perlu diingat dalam membeli sebuah properti tentunya membutuhkan biaya yang sangat banyak dan juga mahal hingga anda perlu memperhatikan banyak hal ketika anda ingin membeli sebuah apartemen. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kelebihan apartemen dibandingkan Rumah atau Kos-kosan.

1. Lokasi Strategis

Beberapa alasan mengapa orang lebih memilih untuk membeli apartemen yang pertama karena tempatnya yang strategis, Ini adalah kelebihan apartemen yang mutlak dibanding rumah. Pada umumnya Developer akan membangun sebuah apartemen yang berada di lokasi yang strategis baik itu dekat dengan perkantoran dekat dengan sekolah kampus dan juga tempat-tempat strategis lainnya. Sehingga itu menjadi alasan mengapa banyak orang ingin membeli apartemen untuk bisa menghemat waktu pergi ke mana saja baik itu ke tempat kerja maupun ke pusat-pusat perbelanjaan dan pusat-pusat kota lainnya.

2. Praktis, Legkap dan Mewah

Alasan kedua mengapa orang lebih memilih untuk membeli apartemen karena kepraktisannya membeli apartemen memang sangatlah praktis karena kita tinggal membeli dan tinggal menempati apartemen tersebut. Bahkan tidak jarang apartemen sekarang sudah memiliki banyak fasilitas yang sudah cukup lengkap untuk ditinggali, jauh lebih baik daripada membeli rumah kosongan. Kelebihan apartemen ini merupakan pendorong banyak orang memiliki apartemen, terutama baagi mereka yang sangat sibuk.

3. Servis Fasilitas 24 Jam

Alasan Membeli Apartemen
Kemewahan fasilitas apartemen

Selain itu ketika membeli sebuah apartemen tentunya harus ada fasilitas-fasilitas yang menyenangkan baik dari segi pelayanan maupun tampilan. Jadi untuk Anda yang memiliki kendala ketika instalasi listrik rusak instalasi air rusak atau instalasi lainnya mengalami kendala tentunya tinggal memanggil pihak dari pengelola apartemen dan mereka siaga 24 jam, berbeda dengan rumah dimana kita harus mencari tukang sendiri. Ini juga menjadi kelebihan apartemen yang disukai banyak orang.

4. Serba lengkap dan serba mewah.

Pembangunan apartemen yang selalu berada atau hampir berada di pusat perkotaan semua membuat segala tempat yang lengkap dan mewah sangat mudah dijangkau dalam waktu beberapa menit saja. Inilah kelebihan apartemen yang menjadi alasan banyak orang memilih dan membeli apartemen. Tapi untuk anda mungkin perlu berhati-hati untuk memilih tempat yang seperti ini karena tentunya akan membuat anda lebih boros.

5. Jauh lebih murah daripada membeli rumah

Perbandingan membeli apartemen dan juga rumah tentunya sangat jauh berbeda saat ini apartemen yang berada di pusat kota tidak selalu dengan harga yang tinggi bahkan saat ini pun masih banyak apartemen yang dapat dijangkau dengan harga yang cukup murah dengan rentan harga 250 juta rupiah sampai dengan 750 juta rupiah untuk kelas mewah. Kini anda sudah bisa mendapatkan apartemen yang standar, tapi untuk Anda yang ingin mendapatkan apartemen yang lebih bagus dan luas, pasti sedikit mahal.

6. Harga properti selalu naik

Alasan lainnya mengapa orang banyak lebih memilih membeli apartemen daripada rumah salah satunya karena harga properti selalu naik dan apartemen tidak selalu mahal untuk bisa dibeli Anda bisa menyewakannya kembali atau menjualnya kembali dengan persentase 15 sampai dengan 25%. Angka ini tentunya sangat tinggi ketimbang rumah yang hanya mungkin dari 5 sampai dengan 10%. Jadi pertimbangkan alasan Anda memilih apartemen apakah untuk hunian Anda atau untuk investasi.

7. Fasilitas Umum

Salah satu kelebihan apartemen dibanding rumah adalah lokasinya yang selain strategis, namun juga dekat dengan tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, bandara, taman kota, mall, pasar dan lain-lainnya. Inilah mengapa mereka yang tinggal di apartemen lebih mudah menjangkau tempat-tempat vital tersebut.

B. Kekurangan Apartemen

Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal
Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal

Tidak sampai disini saja karena ada beberapa hal yang ternyata harus kita pertimbangkan juga ketika kita ingin membeli apartemen salah satunya masalah-masalah yang sering terjadi ketika kita membeli apartemen. Berikut ini adalah kekurangan apartemen sebagai tempat tinggal.

1. Masalah Kepemilikan Apartemen

Perlu kalian ketahui Untuk masalah hak kepemilikan atau masalah hukumnya apartemen hanya memiliki hak guna bangunan dan itu hanya bisa bertahan sampai maksimal 30 tahun dan harus diperpanjang. Setelah 30 tahun itu apa pun yang terjadi pada gedung itu harus direlakan. Apalagi jika apartemen itu berdiri di atas tanah milik negara. Jika pemerintah ingin membongkar tentunya baik developer maupun pemilik tidak bisa berbuat apa-apa. Berbeda ketika kalian membeli rumah, membeli rumah sama dengan membeli lahan itu artinya kalian bisa mensertifikatkan tanah dan juga rumah itu langsung atas nama kalian. Inilah kekurangan apartemen yang dihindari banyak investor.

2. Masalah Biaya Parkir di Apartemen

Perlu kalian ketahui juga jika kalian adalah orang yang memiliki banyak sekali kendaraan. Hati-hati ini karena setiap apartemen memiliki batasan beberapa berapa kendaraan yang bisa mereka taruh di apartemennya. Ketika kalian memiliki kendaraan yang lebih dari satu, baik itu sepeda maupun mobil tentunya kalian akan kena biaya tambahan atas parkir. Biaya tambahan ini tidak termasuk dalam sewa apartemen. Selain itu jika kalian memiliki tamu yang datang dengan kendaraan, maka  itu artinya mereka harus membayar sewa parkir per jam. Inilah kekurangan apartemen yang membuat orang boros tinggal di apartemen.

3. Biaya Servis Lebih Mahal

Pengertian Apartemen Menurut Para Ahli
Tinggal di apartemen identik dengan biaya yang boros

Memang praktis, jika ada kendala di apartemen tinggal minta pengelola apartemen untuk memperbaiki, tapi perlu kalian ketahui jika ada kendala seperti instalasi listrik yang rusak atau masalah lainnya tentunya biayanya akan jauh lebih mahal ketika Anda meminta untuk diservis. Biasanya jauh lebih mahal ketimbang menyewa tukang service biasa karena harus membayar pihak pengelola juga dan juga hak tukang servisnya juga.

4. Masalah Air Mati

Masalah yang sering terjadi di apartemen itu adalah masalah air yang kadang-kadang mati atau tidak mengalir seperti biasanya. Ini menjadi masalah yang sering terjadi di apartemen manapun kecuali di apartemen yang benar-benar mewah dan fasilitasnya lengkap. Dengan begitu, sabar-sabar saja jika sering mengalami masalah instalasi air dan jika harus mengeluarkan biaya servis yang lebih lagi.

5. Banyaknya biaya tambahan

Masalah keamanan, kalian tidak perlu lakukan lagi karena biasanya apartemen akan selalu dijaga oleh security dan tentunya security ini tidak gratis. Kalian akan membayarnya tanpa kalian rasakan, kalian akan membayar parkir kemudian membayar fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh developer atau pengelola apartemen. Kemudian dari segi kebersihannya, baik itu di lobby maupun di seputaran kolam renang, jika apartemen kalian memiliki kolam renang ini semuanya butuh biaya dan ini akan kalian bayar kan setiap tahunnya kurang lebih sebesar 10%. Jadi banyak biaya tambahan yang mungkin tidak perlu.

Harga listrik jauh lebih mahal ketika berada di apartemen ketimbang rumah. Ini terjadi karena listrik di apartemen bukankah listrik yang seperti ada di rumah apalagi listrik subsidi. Karena ini adalah listrik bisnis jadi tentunya harganya jauh lebih mahal. Karena kalian tidak hanya membiayai listrik kamar saja tapi juga listrik untuk di lobby dan juga di tempat umum bagian-bagian dari apartemen itu yang kalian bayarkan secara bersama-sama.

6. Masalah Sosial dan Tetangga

Biasanya orang yang tinggal di apartemen, hal yang harus kalian hadapi adalah masalah sosial yang cenderung pasif karena orang yang tinggal di apartemen cenderung adalah orang yang anti sosial dan sibuk dengan pekerjaan dan kehidupannya hingga tidak begitu berinteraksi dengan tetangga atau pun dengan orang disekitar dari apartemen tersebut. Jadi mungkin kurang menarik untuk mereka yag terbiasa tinggal di rumah dan bersosialisasi dengan tetangga.

7. Masalah Kebebasan Berekspresi

Untuk kalian yang suka kerjaannya ribut-ribut seperti mendengarkan musik yang keras sepertinya apartemen tidak bisa untuk dijadikan tempat seperti itu karena akan mengganggu tetangga di sebelah. Jangan sampai mereka menggedor pintu  dan marah-marah karena kamu menghidupkan musik terlalu besar.

Oke, itu dia mengenai Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Sebagai Tempat Tinggal. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima Kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar