Hai sahabat arsitur, tentunya ya dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di rumah terkadang kita pernah mengalami kendala ketika harus menghadapi masalah-masalah yang terjadi di rumah akibat kenakalan anak-anak seperti mencoret tembok, kait korden yang lepas, lukisan dinding yang jatuh dll.

Daftar Perkakas yang Wajib Ada di Rumah

Untuk merawat rumah umumnya kita membutuhkan beberapa perkakas sederhana yang pasti kita perlukan sewaktu-waktu di rumah dan ini sebaiknya dimiliki sendiri. Nah kali ini Arsitur akan berbagi saran tentang peralatan atau perkakas apa saja yang harus kita miliki dan wajib ada dirumah.

1. Palu

Untuk Anda sangat wajib untuk yang memiliki palu karena perkakas ini sangat bermanfaat untuk membantu segala kegiatan pekerjaan di rumah seperti memasang paku baja di tembok untuk pengait barang atau pengait baju. Atau untuk menyatukan kursi kayu atau meja kayu yang mulai rapuh atau sedikit goyang. Belilah palu ukuran sedang dan simpan dalam laci bersama perkakas lainnya.

2. Obeng Multifungsi

Obeng adalah salah satu perkakas yang wajib kita miliki. Obeng tidak hanya digunakan saat kegiatan membangun rumah tetapi obeng sangat penting untuk dimiliki di rumah untuk banyak kepentingan. Misalnya mainan anak yang copot ataupun barang-barang ibu rumah tangga yang mulai lepas pengaitnya dan kita bisa mengganti beberapa pengait atau baut yang mulai mengkarat atau kendor.

Obeng sangat membantu untuk mempermudah itu semua atau bahkan untuk Anda yang ingin memasang bingkai foto tentunya sangat memudahkan sekali jika anda memiliki obeng. Anda tidak perlu membeli banyak obeng karena sejatinya Anda bisa membeli satu obeng yang bisa berfungsi ganda untuk semua jenis baut.

3. Gergaji Kayu

Ketika ranting pohon di rumah Anda mulai merambat panjang dan mulai sedikit mengganggu penampilan rumah, disitu Anda harus memotongnya dengan gergaji. Atau ketika anda ingin berusaha membuat sebuah meja ataupun kursi dengan menggunakan kayu bekas, tapi Anda mengalami kesulitan karena tidak memiliki gergaj, itu tidak boleh sampai terjadi ya karena itu kalian harus memiliki gergaji kayu yang berukuran kecil saja yang akan sangat membantu Anda menyelesaikan masalah tadi.

4. Kuas

Ketika furniture ataupun barang-barang dirumah Anda mulai sedikit kotor atau warnanya pudar, maka sangat penting untuk memberinya cat atau pernis kembali. Sedia selalu kuas berukuran besar, sedang maupun kecil karena bisa kalian gunakan untuk membersihkan debu yang sulit hilang di bagian sela-sela perabotan kesayangan anda. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kuas untuk mengecat bagian-bagian rumah Anda yang mulai terlihat kusam. Kuas akan sangat membantu dan tidak membuat anda menjadi malas ketika ingin berbuat sesuatu yang lebih untuk rumah Anda sendiri.

5. Sekop atau cangkul

Memiliki perkakas sekop ataupun cangkul bisa menjadi hal yang sangat penting terutama untuk Anda yang memiliki taman karena sekop ataupun cangkul merupakan perkakas yang wajib untuk Anda yang ingin merawat tanaman. Misalnya untuk menggali tanah yang berada di bawah tanaman agar bisa tumbuh dengan subur atau untuk menanam tanaman yang baru saja kalian beli di toko bunga. Nah untuk kalian yang memiliki halaman yang luas mungkin cangkul adalah salah satu pilihan yang tepat, tapi jika halaman kaleng cat kecil kalian cukup menggunakan sekop kecil saja saya rasa sudah cukup.

6. Kunci Inggris

Kunci inggris merupakan perkakas yang juga wajib kalian miliki walaupun tidak selalu dipakai, tapi ini merupakan hal yang penting. Terkadang juga kita memerlukannya untuk kalian yang ingin melepaskan baut dalam ukuran yang besar, kunci inggris merupakan salah satu perkakas yang sangat memudahkan untuk melakukan hal tersebut. Misalnya membuka kran yang rusak atau memperbaiki baut pintu dan jendela.

7. Paku beton

Tidak semua paku bisa menancap ke tembok dan banyak yang tidak tahu bahwa tembok itu cukup keras dan hanya bisa ditembus oleh paku beton. Paku beton sangat penting ketika kalian memerlukan gantungan baju di dinding atau gantungan tempat sabun di kamar mandi. Setidaknya kalian menyediakan 10 sampai dengan 15 paku beton di rumah yang sangat bermanfaat ketika kalian mengalami masalah dengan penggantung. Jika ada paku, tentu kalian juga harus memiliki palu.

Demikian mengenai perkakas apa saja yang harus kita miliki di rumah dan wajib tersedia ada di rumah, semoga bermanfaat Jangan lupa untuk share artikel ini dan dapatkan informasi seputar bangunan hanya di Arsitur.