--> Skip to main content

21 Cara Mengurangi Debu dan Membuat Rumah Anda Bersih

Apakah Anda ingin tahu cara mengurangi debu di rumah Anda? Jika penghuni rumah sering bersin, mendapati mata berair atau sesak di rumah sendiri, Anda mungkin memiliki alergi terhadap debu di rumah.

21 Cara Mengurangi Debu dan Membuat Rumah Anda Bersih

Kami telah menyusun daftar 21 cara untuk mengurangi debu di rumah dan untuk membuat rumah terlihat lebih baik dari sebelumnya, dan membantu Anda bernapas lebih lega di rumah.

1. Cek tempat tidur Anda, cek bed dan divan

Ranjang tua mengumpulkan serpihan dan debu kulit dengan mudah. Cara mudah mencegah debu di ranjang adalah mencuci seprai dan sarung bantal setiap minggu. Keringkan bantal atau cuci sendiri. Divan kayu yang telah keropos hendaknya diganti karena akan mengeluarkan lebih banyak debu apalagi jika ada rayap.

2. Cara mencegah debu di lantai

Jika ada area di mana Anda tidak perlu menyedot debu, gunakan sapu dan pel untuk membersihkan lantai. Cuci sapu dan sikat setiap beberapa bulan dan biarkan mengering sebelum disimpan. Lantai adalah bagian yang paling gampang berdebu, semua kotoran di ruangan jatuh ke lantai.

3. Cara mencegah debu dengan dehumidifier

Dehumidifier akan membantu mengurangi tingkat kelembaban di rumah dan merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu mengendalikan tungau debu. Ada banyak jenis dehumidifiers yang tersedia termasuk Pro Breeze 500ml Compact yang baru bisa kita pesan sendiri.

4. Pasang roller blinds

Roller blinds tidak akan menghilangkan debu, tetapi akan memungkinkan Anda mengurangi debu di rumah. Dibandingkan dengan tirai, mengapa tidak mencoba roller blinds? jauh lebih mudah untuk dilepas dan dibersihkan, atau coba tirai kain yang mudah dicuci di mesin cuci. Roller blind mencegah debu masuk atau setidaknya menyaring, sementara tirai dengan mudah dilewati debu dan sulit dicuci.

5. Vakum secara teratur untuk mengurangi debu

vacuum cleaner mencegah debu

Kedengarannya jelas, karena memang begitu seharusnya. Gunakan vakum cleaner di rumah Anda untuk membantu menyedot semua debu, terutama daerah dengan lalu lintas tinggi seperti lorong dan ruang tamu. Jika Anda serius mengurangi debu di rumah, cari pembersih vakum dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) yang diklaim mampu menghilangkan 99,9% serbuk sari, bulu binatang dan bakteri dari udara.

6. Gunakan kain mikrofiber untuk mengurangi debu

Coba pilih jenis kain mikrofiber untuk digunakan di semua furnitur dan bagian rumah Anda. Kain jenis ini memiliki lebih banyak serat yang dapat menempel pada partikel kotoran terkecil, yang artinya membuat debu menjadi ringan.

7. Cara mencegah debu untuk pemilik hewan peliharaan

Awasi bulu dan kotoran hewan peliharaan dengan menyikat hewan peliharaan Anda secara teratur. Saat memilih tempat untuk menyikatnya, pilih ubin atau lantai batu yang lebih mudah dibersihkan. Jika memungkinkan, latih mereka agar bisa berperilaku lebih bersih di rumah.

8. Bersihkan mesin cuci dan pengeringnya

Pengering pada mesin cuci bisa menjadi sangat berdebu. periksa pada pengumpul serat dan bersihkan kotoran dan debu darinya. Ini akan membantu mesin pengering lebih awet dan mencegah debu beterbangan setiap kali Anda membuka pintu mesin cuci.

9. Mengepel lantai

Mengepel lantai sangat penting untuk mengurangi debu di rumah. Pel basah akan mengumpulkan debu yang Anda lewatkan setelah menyapu. Semakin lama Anda tidak mengepel, semakin sulit membersihkan kotoran di lantai, jadi pel lantai dengan rutin minimal 2 kali seminggu.

10. Gunakan pembersih udara untuk mengurangi debu

Kurangi partikel debu dengan pembersih udara dan simpan di dekat jendela. Ini akan mencegah kontaminan udara masuk dan mengedarkan ruangan.

11. Bersihkan saluran & ventilasi udara untuk mencegah debu

Ventilasi udara kotor dapat membentuk lapisan debu, kotoran dan debu. Lakukan pembersihan yang baik dan ini akan meningkatkan kebersihan ventilasi. Ventilasi yang kotor apat menjadi sumber penyakit di rumah dan mencegah Anda menghirup udara segar.

12. Cara mengurangi debu dengan mengubah interior menjadi minimalis

buat rumah lebih sedikit furnitur

Jika Anda memiliki rumah yang berantakan, kemungkinan semua pernak-pernik dan barang-barang itu akan menghasilkan debu. Coba memilah dan tata barang dan furnitur di rumah Anda agar lebih minimalis. Akan jauh lebih mudah mengimbangi debu dengan cara ini.

13. Sapu lidi untuk bantal & permadani

Bawa bantal Anda keluar, jemur dan pukuli mereka dengan sapu lidi. Ingin tahu cara mengurangi debu di ruang tamu? Gunakan sapu lidi atau sikat karpet untuk membersihkan bantal dan permadani di rumah. Terus lakukan sampai Anda tidak lagi melihat debu beterbangan di sana.

14. Cara mencegah debu di kamar anak-anak

Jika anak Anda peka terhadap debu, maka akan menjadi ide bagus untuk mengajari cara mengurangi debu di kamar mereka. Berikan mainan yang bisa dicuci, terbuat dari kayu, karet atau plastik, dan simpan di dalam kotak besar agar debu tidak masuk.

15. Tutup jendela pada hari-hari berangin

Ini tips yang bagus jika Anda memiliki banyak debu di rumah, jaga agar jendela Anda tetap tertutup pada hari-hari dan cuaca berangin. Usahakan memasang ventilasi buka tutup sehingga bisa mencegah debu masuk. Perhatikan area di bawah pintu yang bisa menjadi celah debu masuk.

16. Coba gunakan lantai kayu

Karpet memegang banyak debu dan setiap kali kita melangkah di atasnya, bahan ini melepaskan debu cukup banyak. Jika Anda benar-benar ingin mencegah debu di rumah, coba untuk memasang lantai kayu atau vinyil dibanding karpet. Lantai akan tetap hangat tanpa perlu banyak debu.

17. Cara mencegah debu di lemari pakaian

Lemari pakaian bisa menjadi sangat berdebu jika tidak pernah dicek dalam jangka waktu yang lama. Simpan pakaian, tas atau barang apa pun yang tidak Anda gunakan dalam wadah plastik atau tas kain untuk mencegah debu masuk. Ini mungkin hal yang simple namun jelas, tetapi pastikan Anda selalu menutup pintu lemari pakaian setiap saat.

18. Cara mencegah debu menggunakan penutup debu

Tutupi alat apa pun saat Anda tidak menggunakannya, seperti keyboard komputer, gitar, TV dll. Ini akan membantu menghentikan debu sebelum masuk ke tempat-tempat kecil.

19. Cara mencegah debu dengan keset

keset mencegah debu dari kaki

Cegah kotoran luar masuk ke dalam rumah dengan mendapatkan keset dan tinggalkan di luar rumah. Pastikan untuk mencuci keset untuk mencegah kotoran menumpuk. Piliah keset yang seratnya tidak mudah pupus dan pilih yang menyerap.

20. Cegah debu dengan mengurangi bahan tekstil di rumah Anda

Tekstil mudah terperangkap dan menghasilkan debu saat Anda menggunakannya. Cobalah gunakan bahan polyster untuk gorden, perabotan yang ringan, dan kurangi selimut kain dan bahan kain lainnya di sekitar rumah untuk mencegah debu menumpuk.

21. Lepaskan sepatu dan sandal untuk menghindari debu

Begitu orang-orang tiba di rumah Anda, minta mereka melepas sepatu atau sendalnya . Setiap kotoran di bagian bawah alas kaki mereka yang terinjak ke dalam rumah, pada akhirnya akan berubah menjadi debu yang mengotori rumah.

Nah Demikianlah 21 Tips mencegah debu dan cara mengurangi debu di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda menjaga rumah tetap bersih dan terbebas dari debu.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar