Material Glasswool sebagai Insulasi Bangunan - Arsitur Media Desain

Material Glasswool sebagai Insulasi Bangunan

- 8/02/2019


Di dunia konstruksi yang maju seperti sekarang ini, bahan-bahan yang digunakan untuk insulasi cenderung dibutuhkan dalam bangunan untuk akustik, isolasi panas, dll. Hal tersebut membentuk bagian peningkatan kenyamanan di eksterior, interior, dan juga dekorasi.

Glass wool adalah salah satu bahan isolasi yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi di rumah, baik itu bagian dari atap, langit-langit, atau dinding. Menurut ‘John Wiley & Sons‘ (Penulis Kamus Dunia Baru Webster Webster), Glasswool adalah serat kaca halus yang terjalin dalam massa wol, digunakan dalam saringan dan sebagai insulasi.

Apa yang Dimaksud Glasswool ?

Material Glasswool sebagai Insulasi Bangunan
Material Glasswool sebagai Insulasi Bangunan

Glass wool dibuat dari kaca borosilikat dengan campuran yang signifikan seperti pasir silika, kaca daur ulang, dan zat pengikat. Glass wool adalah bahan isolasi yang terbuat dari kaca meleleh sebagai bahan baku.

Menurut ‘Haimei Zhang‘ (Editor bahan Bangunan dalam teknik sipil), ‘Glass wool adalah bahan berserat yang terbuat dari bahan baku gelas meleleh atau cullet. Bahan ini tersedia dalam dua kategori yaitu : wol longgar dan wol prima.

Glasswool longgar digunakan untuk membuat selimut kaca berikat aspal dan papan wol kaca. Selain itu, material ini juga digunakan untuk menahan panas di bidang konstruksi yang dapat melindungi eksterior bangunan dan saluran pipa.

Proses Pembuatan Glasswool

Glasswool atau Wol kaca dibuat dari lapisan tebal serat kaca yang diproses dalam oven pada suhu 200 ° C untuk mengikat untaian benang bersama-sama dan dengan demikian dapat mengurangi ketebalan lembaran.

Selain itu, material meleleh hingga 1100 ° C dalam tungku listrik dan kemudian dikondisikan dalam tungku berbahan bakar gas. Ini adalah produk tungku yang terbuat dari gelas cair. Dari gelas leleh ini, serat dipintal. Proses selanjutnya adalah memutar serat kaca yang tergabung dalam kecepatan tinggi mirip dengan metodologi yang digunakan dalam produksi permen. Dalam proses pemintalan, zat pengikat dicampur ke dalamnya.

Tidak ada bahan CFC atau HCFC yang dikembangkan dalam proses produksi. Serat dikumpulkan dalam bentuk anyaman tikar di ruang pengumpulan dan kemudian dipindahkan ke oven di mana ia diproses dalam kondisi yang terkendali dengan ketebalan dan kepadatan yang diinginkan.

Material glasswool dibuat khusus dalam gulungan atau lempengan. Demikian juga, itu juga digunakan sebagai komponen yang disemprotkan atau diterapkan pada permukaan untuk diisolasi. Glasswool adalah bahan serbaguna yang digunakan untuk insulasi dinding, atap, dan lantai. Selama pemasangan, serat kaca harus tetap kering setiap saat karena peningkatan kadar air dapat menyebabkan peningkatan konduktivitas termal yang signifikan sehingga merusak kualitas glasswool.

Karakteristik bahan glasswool

Material glasswool memiliki karakteristik spesial sebagai material bahan bangunan, yaitu sebagai berikut :
  • Tahan api hingga 300 ° C.
  • memiliki kekuatan tarik yang sangat baik.
  • digunakan sebagai dinding berongga dan isolasi drywall.
  • Selain itu, juga digunakan untuk insulasi atap di auditorium dan plafon gantung.
  • mencegah kehilangan panas, terutama dalam sistem ducting HVAC.
  • adalah isolator suara yang sangat baik dan digunakan sebagai penghalang akustik di partisi yang mencegah transmisi suara.
  • terdiri dari 80% bahan daur ulang.
  • Ringan dan mudah dipasang.
  • tidak mempromosikan pertumbuhan jamur atau kutu kutu.
  • tidak memiliki bahaya kesehatan.
  • tidak korosif terhadap logam.


Aplikasi glass wool dalam bangunan

Aplikasi wol kaca digunakan untuk isolasi struktural, isolasi pipa, filtrasi dan kedap suara. Bahan ini diproduksi untuk melindungi produk interior dan diterapkan di berbagai area bangunan. Selain itu, Glass wool adalah sumber isolasi paling umum di plafon bangunan tempat tinggal, dan juga memiliki aplikasi sebagai berikut :

01. Mengisi Rongga Dinding dan Insulasi Drywall

Bahan ini dikembangkan untuk isolasi dalam struktur rangka baja, bangunan rangka kayu dan sistem drywall. Glasswool dibuat menggunakan wol kaca berkualitas tinggi dan jaringan kaca dihadapkan pada satu sisi untuk kemudahan penanganan, dan meningkatkan kekakuan.

Aplikasi di Drywall:
Bangunan kerangka baja, timber frame structure drywall. Dirancang untuk digunakan di dinding yang berongga tetapi dapat secara efektif digunakan di atas plafon atau langit-langit, bersama dengan garis atap, atau dalam rongga dinding batu.

Penerapan Glass wool sebagai pelindung eksternal:
HVAC dan insulasi sistem pendingin udara yaitu : Duct wrap adalah selimut insulasi termal yang dirancang khusus untuk membungkus di sekitar saluran pendingin udara. Bungkus eksternal di sekitar saluran pendingin udara logam: Sistem pemanas, ventilasi dan pendingin udara berbentuk persegi panjang dan bundar.

02. Isolasi Pipa

Insulasi ini merupakan bagian wol kaca yang telah dibentuk sebelumnya, kaku, berikat resin dengan panjang 1 meter. Celah longitudinal tunggal memungkinkan bagian terbuka untuk mengelilingi pipa dan menutupnya setelah penempatan. Opsi penyelesaian standar dengan kanvas, polos, dan foil bertulang.

03. Lebih dari Isolasi Purlin pada Bangunan Komersial

Papan pabrik adalah papan kaku yang dibuat dari isolasi wol kaca yang tidak mudah terbakar. Material ini umumnya digunakan sebagai dinding cladding multi guna serta insulasi atap purlin. Material ini tersedia dalam ketebalan 25, 40 atau 50mm.

04. Plafon/Langit-langit Yang Digantung

Ubin langit-langit dibuat dari wol kaca anorganik yang tidak mudah terbakar dan diikat dengan pengikat resin termoset inert. Menghadap vinil dekoratif untuk hasil yang tahan lama.

Aplikasi dari Glass wool sebagai Suspended Ceilings:
Plafon gantung : Plafon Bangunan Domestik, Komersial, Industrial Plafon gantung di gedung komersial seperti bioskop, teater rumah, studio rekaman.

05. Insulasi Atap Industri

Glasswool telah dibuat dari bahan fleksibel berkualitas tinggi yang tidak mudah terbakar. Insulasi wol kaca dengan pengikat lembam membuat produk ini ringan, aman dan tangguh. Aplikasinya menghadap satu sisi dengan foil yang diperkuat atau foil metalized putih. Bahan ini diterapkan di kedua sisi berdasarkan permintaan.

06. Insulasi Suhu Tinggi

Glasswool dibuat dari wol kaca yang tidak mudah terbakar, diikat dengan resin termoset inert untuk membentuk produk yang keras dan tangguh. Bahan ini tidak berbau, lembam dan sepenuhnya kompatibel dengan semua bahan bangunan standar.

Glasswool sebagai Kontrol Termal dan Akustik:
Berbagai macam batt wol kaca dan selimut dibuat untuk kontrol termal dan akustik digunakan di bangunan komersial. Insulasi termal industri untuk aplikasi hingga 450 ℃. Konservasi dan kontrol panas di boiler, tank, pekerjaan saluran, oven, dll. Koreksi akustik di rumah kompresor dan ruang mesin.

07. Kinerja Tinggi dan Pemeriksaan Suara

Panel pada plafon atau langit-langit dibuat dari wol kaca anorganik yang tidak mudah terbakar dan dilem dengan pengikat resin termoset inert. Lantai, permukaan dengan jaringan kaca non-anyaman hitam untuk penyerapan suara yang bergema.

Tidak hanya digunakan pada bangunan komersial seperti bioskop di mana diperlukan kinerja kedap suara yang tinggi, tetapi juga digunakan di area lain di mana penyerapan suara yang optimal diperlukan. Dimasukkan dalam dinding/plafon sebagai papan wol kaca, yang pada gilirannya bisa menjadi isolasi home theater.

Kesimpulan

Kesimpulannya, wol kaca adalah bahan isolasi yang memiliki aplikasi bervariasi di rumah-rumah sebagai bagian dari atap, langit-langit/plafon, drywalls, teater rumah, dll. Bahan ini banyak digunakan untuk manfaatnya yang bagus dalam isolasi, keamanan terhadap api dan kemudahan pemasangan.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter