Skip to main content

Tips Memilih Kontraktor Bangunan dengan Konsep 5P

Pekerjaan konstruksi seperti membangun rumah dan merenovasi rumah adalah pekerjaan yang berat dan rumit. Pemilik rumah seringkali dihadapkan pada berbagai situasi yang sulit, dalam merancang dan mengerjakan bangunan.

Kesulitan juga datang ketika pemilik bingung memilih siapa yang akan mengerjakan bangunannya. Banyak keluhan seperti sulitnya mencari kontraktor yang berkompeten dan dapat diandalkan, pekerjaan yang buruk hingga kurangnya tanggung jawab kontraktor. Nah berikut ini adalah beberapa Tips Memilih Kontraktor atau Pemborong (Pelaksana Bangunan) yang bisa diterapkan agar proyek Anda dapat berjalan dengan baik.

Metode ini terdiri dari konsep 5P yang sangat penting yaitu : People (Orang), Process (Proses), Portfolio (Pengalaman), Price (Harga) and Past Clients (Klien Sebelumnya). Berdasarkan hal ini, Anda dapat membuat sistem peringkat yang secara drastis mengurangi risiko memilih kontraktor yang salah dan membuang uang Anda sia-sia.

Langkah pertama adalah mempersempit pilihan kontraktor Anda ke angka yang dapat dikelola. Poin terakhir ini dapat ditemukan dengan meminta teman dan keluarga untuk referensi dan memilih kontraktor yang ada di daerah Anda.

01. People - Orang yang terlibat dalam Kontraktor/Pemborong

01. People - Orang yang terlibat dalam Kontraktor/Pemborong
01. People - Orang yang terlibat dalam Kontraktor/Pemborong

Penting untuk diingat bahwa ketika Anda mempekerjakan kontraktor, perhatikan dengan siapa Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama. Anda akan sering berbicara dengan mereka, membahas berbagai opsi. Anda akan bekerja bersama mencoba membuat keputusan tentang berbagai masalah proyek. Banyak yang mengatakan bahwa periode proyek mirip seperti pernikahan. Jika Anda tidak terhubung dengan baik pada kontraktor, semuanya akan berakhir berantakan dan Anda lah yang paling menderita.

Teliti kontraktor, tim dan staf mereka apakah semuanya nyata atau hanya sekedar menumpang nama saja. Periksa secara online untuk melihat apakah mereka pernah berprestasi atau terkena blacklist. Ketika Anda berinteraksi dengan calon kontraktor, cobalah untuk memeriksa keterampilan sosial mereka. Bayangkan seperti kencan pertama dan Anda berusaha mencari tahu apakah seseorang akan menjadi pasangan yang baik. Bagaimanapun juga, kontraktor akan menjadi mitra nyata dalam proyek apapun.

Ajukan banyak pertanyaan dan lihat bagaimana mereka merespons. Seberapa mudah berbicara dengan mereka? Apakah mereka ramah ketika menjawab pertanyaan dan memberikan penjelasan atau apakah mereka tampak tidak sabaran ? Apakah mereka terlihat terlalu dominan, mendorong Anda untuk membuat keputusan tertentu bahkan jika Anda tidak mau ? Ingatlah bahwa pemilik proyek adalah pihak yang paling berkuasa untuk menentukan semua keputusan, jangan sampai Anda justru merasa terintimidasi.

02. Process - Proses Kerja dan Kontrak

7 Tahap Desain yang Arsitek Lakukan
02. Process - Proses Kerja dan Kontrak

Dapatkan gambaran kasar dari proses kerja mereka sebelum Anda menyewa kontraktor apa pun. Hal ini akan memberi Anda apa yang diharapkan ketika proyek yang sebenarnya dimulai dan menunjukkan kepada Anda seberapa baik mereka bekerja. Untuk memberi peringkat pada kontraktor dengan benar di bidang ini, Anda perlu mengajukan banyak pertanyaan. Inilah beberapa pertanyaan yang penting :
  • Apakah Anda memiliki sistem atau proses untuk proyek-proyek seperti ini? (Memiliki sistem membantu menghemat waktu & mengurangi biaya)
  • Maukah Anda membantu dengan ide dan desain?
  • Siapa yang bertanggung jawab atas izin yang diperlukan?
  • Siapa penghubung (kontak) utama selama proyek?
  • Adakah proses penyelesaian sengketa di proyek?

Adakah jadwal kerja Anda? (Dengan kata lain, jam berapa Anda akan mengerjakan proyek?)
Mengajukan semua pertanyaan ini dan pertanyaan lain yang Anda anggap perlu akan memastikan bahwa Anda siap dan mengetahui apa yang diharapkan. Dengan membandingkan jawaban yang diberikan oleh kontraktor yang berbeda, Anda dapat memberi penilaian pada seberapa efisien dan ramah pelanggan proses mereka.

Misalnya, masalah jika kontraktor tidak memiliki proses penyelesaian sengketa. Ini juga merupakan tanda masalah jika tidak ada kontak person yang ditentukan. Itu bisa mengakibatkan banyak masalah komunikasi, banyak orang akan saling lempar tanggung jawab dan akhirnya Anda lah yang dirugikan.

Salah satu cara terbaik untuk mengevaluasi calon kontraktor adalah melalui pekerjaan yang telah mereka lakukan di masa lalu. Ini dapat membantu Anda menentukan kualitas. Yang paling penting, ini dapat memberi Anda ketenangan pikiran jika mereka telah melakukan proyek yang serupa dengan Anda.

03. Portofolio - Pengalaman Kerja

Langkah Membangun Rumah dari Nol
03. Portofolio - Pengalaman Kerja

Sebagian besar kontraktor akan sangat bersedia untuk menyediakan portofolio pekerjaan mereka yang lampau dan sebagian besar akan berupa gambar dan video. Banyak yang akan menaruh portofolio di situs web mereka di mana kita dapat menelusuri berbagai proyek dan merasakan jenis kasus yang dihadapi kontraktor dan bagaimana mereka menyelesaikannya. Jangan ragu untuk meminta kunjungan ke salah satu lokasi pekerjaan mereka jika Anda ingin melihat lebih dekat pekerjaan mereka.

Saat menentukan peringkat portofolio kontraktor, pilih angka antara 0 hingga 10, pertimbangkan faktor-faktor portofolio seperti berikut :
  • Jumlah proyek dalam portofolio mereka.
  • Kualitas proyek yang pernah dikerjakan.
  • Spesialisasi proyek yang mereka tangani

Carilah kontraktor sesuai dengan spesialisasinya, misalnya kontraktor rumah tinggal yang ahli mengerjakan rumah tinggal dengan biaya terjangkau, kontraktor bangunan besar, kontraktor bangunan publik, kontraktor bagunan bambu, kontraktor bangunan baja modern dan sebagainya. Jangan menyuruh kontraktor bangunan baja untuk mengerjakan bangunan bambu, pasti hasilnya kurang maksimal meskipun mereka bisa.

04. Price - Harga Borongan termasuk Sistem Pembayaran

04. Price - Harga Borongan termasuk Sistem Pembayaran

Di sinilah banyak pemilik rumah biasanya tersandung dalam mencari kontraktor. Sangat umum bagi pemilik rumah untuk memilih kontraktor hanya berdasarkan seberapa murah harga jasa mereka tanpa memikirkan kelanjutannya.

Anda dapat menghemat uang dengan memilih tawaran terendah, tetapi risiko pengerjaan yang buruk juga tinggi. Yang paling penting ketika mengevaluasi kontraktor berdasarkan perkiraan harga adalah menyeimbangkan antara biaya dan nilai jasa. Bagaimana nilai jasa/layanan mereka sesuai terhadap harga yang mereka bebankan.

Anda harus sangat berhati-hati dengan kontraktor yang meragukan, yang biasanya hanya mengenakan harga dasar tanpa ada biaya tanggung jawab. Tanyakan mengapa perkiraan harga mereka bisa serendah itu. Bisa jadi ada biaya tersembunyi lainnya yang tidak Anda sadari atau bahwa kontraktor tersebut berencana untuk kabur dari proyek Anda.

Secara umum, jangan biarkan masalah harga terlalu memengaruhi keputusan Anda. Berfokuslah pada faktor orang dan faktor P lainnya sebelum menentukan harga. Jika kontraktor adalah seseorang yang dapat bekerja sama dengan Anda, mereka pasti memiliki proses / sistem kerja yang kompleks dan tertata dengan baik, mereka memiliki portofolio proyek yang banyak dan klien sebelumnya mengatakan hal-hal positif tentang mereka, maka sangat mungkin mereka tidak akan pernah menjadi kontraktor yang termurah.

05. Past Clients - Klien Sebelumnya yang Pernah Menggunakan Kontraktor

05. Past Clients - Klien Sebelumnya yang Pernah Menggunakan Kontraktor
05. Past Clients - Klien Sebelumnya yang Pernah Menggunakan Kontraktor

Klien sebelumny adalah pihak yang sama sengan Anda. Mereka dapat memberikan sumber informasi berharga tentang kontraktor tertentu. Dengan banyak situs web ulasan online sekarang, mudah untuk mengetahui apa yang dikatakan pelanggan tentang kontraktor. Sebagian besar klien akan jujur ​​dalam ulasan mereka, merinci bidang apa yang dikuasai kontraktor dan di mana mereka gagal. Anda dapat mengetahui seberapa baik kontraktor dalam komunikasi, seberapa baik mereka menangani keadaan darurat yang tidak terduga dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Jika Anda tidak dapat menemukan kontraktor tertentu di website ulasan, coba cari di Google pada nama perusahaan mereka dengan mengetik "ulasan" atau "keluhan" terlampir. Misalnya, 'Ulasan Renovasi XYZ'. Anda mungkin menemukan dimana pelanggan mengeluh atau memuji mereka di aplikasi/sosial media tertentu.

Alternatif untuk ulasan online adalah menghubungi klien sebelumnya secara langsung. Email atau telepon dengan sopan adalah cara ideal untuk bertanya tentang kualitas layanan yang ditawarkan oleh kontraktor. Pastikan untuk bertanya tentang masalah penting seperti komunikasi, kualitas kerja, dan harga. Jika klien tersebut bersedia, Anda mungkin dapat berkunjung untuk melihat pekerjaan kontraktor tersebut secara langsung.

Untuk mencapai skor yang tepat, pertimbangkan:
  • Jumlah ulasan yang dimiliki kontraktor.
  • Proporsi pelanggan yang senang dengan kontraktor.

Menjumlahkan Skor

Sistem peringkat ini mulai dari 0 (sangat buruk) hingga 50 (sangat baik/sempurna). Untuk mendapatkan skor akhir, tambahkan skor individual yang telah Anda berikan dalam setiap P di atas. Bandingkan jumlah tersebut dengan kategori penilaian berikut untuk melihat bagaimana setiap kontraktor telah melakukannya.

50-40 Luar Biasa - Idealnya, pilihan terbaik Anda dari semua keunggulan kontraktor ada dalam kisaran ini. Kontraktor yang ramah, efisien, memiliki pengalaman luas, memiliki banyak ulasan positif dan biaya yang cukup berdasarkan jenis proyek.

39-30 Bagus - Kontraktor yang ramah tetapi mungkin memiliki lebih sedikit ulasan dan portofolio yang lebih kecil, kemungkinan besar karena mereka relatif baru di pasar. Tetapi mereka telah membuktikan diri dalam waktu singkat mereka telah ada dan harganya tidak terlalu buruk.

29-20 Moderat - Kontraktor yang mungkin memiliki beberapa klien di masa lalu yang tidak bahagia atau mereka mungkin tidak berpengalaman dalam jenis proyek yang spesifik. Anda mungkin juga merasa bahwa mereka menagih uang terlalu banyak. Jika Anda memutuskan untuk memilih kontraktor di kisaran ini, pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan di bidang yang Anda khawatirkan.

Gagal 19-0 - kinerjanya mungkin buruk di sebagian besar faktor P. Hindari sama sekali konraktor ini untuk menghindari rugi.

Tips Memilih Kontraktor Bangunan dengan Konsep 5P. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan tambahan. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar