Mengenal Arsitek Lanskap, Karir, Proyek dan Bidang Profesinya - Arsitur Media Desain

Mengenal Arsitek Lanskap, Karir, Proyek dan Bidang Profesinya

- 7/02/2019


Secara umum, arsitektur lanskap mencakup bidang yang besar, mungkin paling baik dipahami sebagai ilmu untuk mencapai keseimbangan antara lingkungan yang dibangun dan lingkungan alami. Arsitektur lanskap adalah ilmu perancangan ruang yang berfokus pada tata lanskap, meliputi pohon, perkerasan, air dan ruang terbuka lainnya.

Arsitektur lanskap membutuhkan pendekatan multidisiplin yang melibatkan ilmu lingkungan, seni, ekologi, dan banyak lagi. Arsitektur lanskap mengarah pada hasil yang luar biasa seperti memulihkan lahan basah yang terancam punah, mengamankan lingkungan hijau untuk pemerintah dan bangunan lain, serta menghilangkan racun dari air hujan.

Apa yang dimaksud Arsitektur Lansekap?

Apa yang dimaksud Arsitektur Lansekap?
Vaux Le Vicomte (France) Courtesy of http://www.panache.voyage

Arsitektur lanskap secara akademis adalah proses formal studi desain dan konstruksi dimana lanskap dibuat untuk memenuhi aspirasi orang yang bersangkutan. Arsitektur lanskap melibatkan membingkai proyek perencanaan yang tepat.

Arsitektur lanskap sangat dibutuhkan di daerah yang terkena dampak perubahan dan daerah yang rusak parah, seperti misalnya pinggiran kota, kawasan industri dan pesisir. Tujuan dari proyek perencanaan lanskap tersebut untuk secara langsung membentuk kembali lanskap yang rusak.

Arsitektur lanskap banyak bergerak di bidang penataan sungai, pantai, waterfront, taman kota, kawasan agrowisata, dan lain-lain. Karena itu ilmu arsitektur lanskap juga sering berhubungan dengan ilmu pertanian, ilmu biologi dan teknik lingkungan.

Arsitektur Lansekap dan Arsitek Lansekap

Arsitektur Lansekap dan Arsitek Lansekap
New York Central Park (Manhattan) Courtesy of http://assets.fodors.com

Arsitektur lanskap adalah disiplin yang berfokus pada intervensi lingkungan melalui kegiatan perencanaan, desain, dan manajemen. Namun juga berkaitan dengan seni dan sains yang menopang semua kegiatan arsitektur lanskap.

Semua kegiatan ini disatukan dalam konsep lanskap, yang didefinisikan dengan berbagai cara. Namun, secara umum dipahami sebagai lingkungan luar dan hubungan antara orang dan tempat. Arsitektur lanskap berkaitan dengan bentang alam dari semua jenis lanskap, baik perkotaan maupun pedesaan, dan pada semua skala dari ruang terbuka terkecil hingga seluruh wilayah.

Hasilnya, orang akan menikmati taman yang dirancang dengan menarik, taman umum, taman bermain, area perumahan, kampus, pusat perbelanjaan, lapangan golf, penataan sungai, waterfront dll.

Arsitek lanskap mendesain area ini sehingga tidak hanya fungsional tetapi juga indah dan serasi dengan lingkungan alami. Mereka merencanakan lokasi bangunan, jalan, dan jalan setapak, serta penataan bunga, semak dan pohon.

Arsitek lanskap juga bekerja pada berbagai jenis proyek. Ada juga arsitek lanskap yang mengkhususkan diri dalam bidang tertentu, seperti penataan jalan dan jalan raya, proyek peningkatan tepi laut, waterfront, taman dan sebagainya. Sementara arsitek lanskap juga bisa bekerja dalam manajemen regional dan sumber daya, kelayakan, dampak lingkungan dan studi biaya atau pembangunan lokasi.

Seirin waktu, arsitek lanskap bekerja dalam perbaikan lingkungan seperti pelestarian dan pemulihan lahan basah atau pengurangan limpasan air hujan dan banjir dalam perkembangan kota yang baru. Pelestarian dan restorasi bentang alam bersejarah adalah area lain di mana membutuhkan peran arsitek lanskap.

Karir Arsitektur Lanskap

Karir Arsitektur Lanskap
Mahasiswa Arsitek Lanskap Asla - www.asla.org

Sejatinya, profesi arsitek lanskap hampir sama dengan arsitek bangunan pada umumnya, mereka mengerjakan proyek, mendapat bayaran berupa fee sesuai dengan beban kerja mereka. Jika arsitek bangunan mengerjakan gedung atau sebagai ruang fungsional, maka arsitek lanskap adalah orang yang akan menata lanskap pada gedung tersebut sebagai ruang terbuka penunjang dari gedung tersebut.

Arsitek lanskap banyak dibutuhkan untuk proyek pemerintah maupun swasta dalam penataan lanskap kawasan. Misalnya proyek penataan sungai, proyek penataan jalan, penataan pantai, area terbuka untuk resort/villa dan masih banyak lagi.

Selain itu, arsitek lanskap juga sering dibayar untuk menata lanskap rumah pribadi, menata kolam, memilih tanaman untuk taman, membuat pathway, pedestrian, dan masih banyak lagi.

Produk Proyek Arsitek Lansekap

Gambar Arsitek Lanskap
Gambar Arsitek Lanskap - www.houstonlandscapers.org

Adapun produk yang bisa dikeluarkan oleh arsitek lanskap adalah rancangan lanskap yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D, Gambar 3D, video animasi dan model maket skala kecil. Sama seperti arsitek bangunan, arsitek lanskap juga biasanya menggunakan aplikasi CAD, aplikasi modeling 3D dan image editing.

Selain itu, arsitek lanskap juga mampu menyusun laporan perancangan dan laporan analisis terkait kondisi lanskap di suatu lokasi, memberikan solusi dalam bentuk konsep, dan mengeluarkan estimasi biaya perancangan dan pelaksanaan.

Arsitektur Lansekap Kontemporer

Arsitektur Lansekap Kontemporer
Contemporary and modern landscape Courtesy of http://st.hzcdn.com

Konsep baru arsitektur lanskap terdiri dari studi tentang koneksi optimal antara peradaban manusia dan lingkungan. Ini adalah perancangan lanskap ruang terbuka perkotaan yang dianggap sebagai bidang ideal untuk eksperimen kehidupan sehari-hari. Pada saat yang sama, ada kesadaran yang ada selalu menunjukkan bahwa ruang bisa diubah oleh manusia sebagai makhluk budaya.

Sementara itu, lingkungan tidak akan pernah dapat sepenuhnya dikendalikan dan dunia secara alami memiliki nilai-nilai dan mekanisme otentiknya yang tidak pernah dapat dikontrol atau dijinakkan (Galecic, Unknown).

Arsitek lanskap menciptakan lanskap di sekitar kita. Mereka merencanakan, merancang, dan mengelola ruang terbuka termasuk lingkungan alami dan buatan. Mereka bekerja untuk menyediakan lingkungan yang inovatif dan menyenangkan bagi orang untuk dinikmati.

Pekerjaan mereka mencakup beragam proyek yang berkisar dari merancang tata ruang taman, kebun, dan perumahan hingga desain pusat kota, situs olahraga, dan memperbaiki lahan. Ini berarti bahwa peran arsitek lanskap bukan hanya keindahan, tetapi tentang menciptakan ruang itu sendiri, menciptakan suasana pembangunan dan menciptakan kualitas lingkungan binaan.

Demikianlah sekilas tentang Arsitektur Lansekap, semoga bermanfaat dan menambah wawasan terutama untuk teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan arsitektur lanskap.

Referensi :

  • Galecic, Nevenka. (Unknown). “Contemporary Trends in design and Use of Open Urban Spaces in Landscape Architecture and Horticulture”. M.Sc. Dissertation. University of Belgrade. Serbia.
  • Gazvoda, Davorin. (2002). “Characteristics of modern landscape architecture and its education”. Landscape and Urban Planning. Vol.60. pp.117-133.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter