Skip to main content

Frederick Law Olmsted : Bapak Arsitek Lanskap Amerika

Frederick Law Olmsted (1822-1903) terkenal secara populer sebagai bapak arsitektur lanskap. Dia mendefinisikan profesi ini sebagai: "Artis yang begitu mulia ... seperti dia yang dengan konsepsi estetika yang luas, dalam mendesain lanskap, membuat sketsa garis besar, menulis warna dan mengarahkan bayang-bayang gambar begitu besar sehingga alam akan dipekerjakan di atasnya selama beberapa generasi, sebelum pekerjaan yang ia atur baginya akan mewujudkan niatnya”.

Olmsted mendesain beberapa lanskap paling terkenal di negaranya. Central Park di New York City, taman kota besar pertama di Amerika adalah proyek pertamanya dan mungkin paling dikenal. Desain di Central Park, yang dikolaborasikan dengan Calvert Vaux, memiliki banyak elemen desain lanskap Inggris.


Arsitektur Lansekap dan Arsitek Lansekap
New York Central Park (Manhattan) Courtesy of http://assets.fodors.com

Olmsted merumuskan elemen-elemen ini selama kunjungannya pada tahun 1850 ke Birkenhead Paxton di Liverpool, Inggris dan di antara taman-taman lainnya. Tamannya ditandai dengan pemandangan dan bentang yang luas.

Taman ini dan taman lainnya yang kemudian ia kembangkan, juga dipengaruhi oleh pandangannya tentang masyarakat. Sebagai penulis tentang masalah sosial, ia percaya taman harus memberi orang yang kurang mampu sebuah "pendidikan untuk perbaikan dan rasa dan modal mental dan moral dari tuan-tuan". Olmsted percaya bahwa ruang hijau umum harus selalu dapat diakses oleh semua warga.

Integrasi Bangunan dan Lanskap

Frederick Law Olmsted : Bapak Arsitek Lanskap Amerika
Frederick Law Olmsted c. 1903. (aoc.gov/Wikimedia Commons)

Taman kota miliknya, termasuk Central Park mengintegrasikan kota dan lanskap dengan mengambil langkah radikal mengarahkan lalu lintas melalui taman, tidak jauh dari itu. Ini dilakukan tanpa mengganggu lanskap dengan memisahkan jalan secara fisik baik dengan menenggelamkannya keluar dari lokasi atau dengan menyembunyikannya di belakang bentang lahan.

Selain itu, taman-tamannya dipengaruhi oleh pandangannya tentang konservasi. Misalnya, bebatuan dan singkapan ditinggalkan di Central Park untuk mengingatkan pengunjung akan lanskap asli dan asal kota di hutan belantara (Sommer, 2007).

Konsultan Arsitektur Lanskap Pertama di Amerika

Pada tahun 1883 Olmsted mendirikan perusahaan arsitektur khusus lanskap pertama di Brookline, Massachusetts. Dia menelepon kompleks rumah dan kantor Fairsted. Sekarang Situs Sejarah Nasional Frederick Law Olmsted sudah dipugar.

Dari sana Olmsted mendesain Boston's Emerald Necklace, kampus-kampus Wellesley College, Smith College, Stanford University dan University of Chicago, serta Pameran Dunia 1893 di Chicago, dan masih banyak proyek lainnya.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar