Arsitektur adalah salah satu bidang multidisiplin yang mengintegrasikan desain lansekap, desain interior, perencanaan kota, sejarah dan filosofi serta banyak disiplin ilmu lainnya. Tidak ada satu cara untuk mengembangkan pendidikan arsitektur yang sepenuhnya komprehensif.

Namun hal ini justru memungkinkan seseorang kebebasan untuk membentuk pemahaman melalui beragam sumber daya pendidikan. Menawarkan berbagai perspektif melalui beragam format tertulis, terutama dengan buku-buku terkait arsitektur sangat beragam. Luasnya buku-buku ini memberikan nilai bagi semua pelajar terlepas dari keahliannya.

Di bawah ini adalah kumpulan dari beberapa buku arsitektur yang sangat penting yang telah terbukti menjadi sumber pengantar yang sangat berguna bagi mahasiswa dan para profesional. Dari karya ideologis dari tokoh arsitek yang paling berpengaruh hingga buku referensi ensiklopedis, daftar ini pasti berisi buku yang akan memberi informasi, referensi, dan menginspirasi Anda:

Towards a New Architecture oleh Le Corbusier

Buku ini menawarkan kumpulan esai oleh arsitek terkenal dan perencana kota yaitu Le Corbusier. Dalam buku ini Le Corbusier mengungkapkan teori-teori teknis dan estetika, pandangan tentang industri dan produksi massal, ekonomi, hubungan antara bentuk dan fungsi, dan segala sesuatu di antaranya. Masing-masing mata pelajaran ini berkumpul untuk mengadvokasi dan mengeksplorasi konsep arsitektur modern yang berkembang saat itu.

Buku Towards a New Architecture (Menuju Arsitektur Baru) diilustrasikan dengan lebih dari 200 gambar garis dan foto-foto karya dan bangunan karya Corbusier sendiri yang dianggapnya penting. Karya ini akan terbukti menjadi sumber intrik dan inspirasi yang sangat diperlukan menuju cara unik dalam memahami arsitektur.

Baca Juga :  4 Prinsip Dasar Desain Fasad Bangunan

Architecture: Form, Space, & Order oleh Francis D.K. Ching

Edisi keempat yang diperbarui dan direvisi pada buku ini memberikan pengantar klasik ke kosa kata dasar arsitektur disertai dengan informasi tentang tren yang muncul dan perkembangan terbaru. Buku ini menjelaskan bentuk dan ruang dalam kaitannya dengan cahaya, tampilan, bukaan, dan lampiran serta mengeksplorasi organisasi ruang.

Buku ini efektif dalam menjelaskan konsep desain yang kompleks dan abstrak dan menyampaikannya dengan cara yang jelas dan koheren. Ilustrasi terperinci membantu menunjukkan konsep secara keseluruhan.

Baca Juga : Antropometri dalam Arsitektur dan Desain

101 Things I Learned in Architecture School oleh Matthew Frederick

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, judulnya adalah "101 Hal yang Saya Pelajari di Sekolah Arsitektur". Buku ini menyediakan 101 poin pelajaran singkat dalam menggambar arsitektur, desain, dan presentasi mulai dari dasar-dasar cara menggambar garis hingga kompleksitas teori warna.

Buku ini disusun dalam format dua halaman unik yang berisi penjelasan dan ilustrasi sederhana dan jelas. Buku 101 Things I Learned in Architecture School akan terbukti menjadi sumber daya yang berharga dan panduan untuk arsitek dan mahasiswa yang sedang berkuliah di jurusan arsitektur.

The Architecture Reference & Specification Book: Everything Architects Need to Know Every Day oleh Julia McMorrough

Buku referensi standar arsitektur ini berisi informasi penting untuk perencanaan dan pelaksanaan proyek arsitektur di semua skala dalam format yang sangat praktis dan berguna.

Buku ini menyediakan banyak grafik dan grafik, informasi ini mudah dirujuk dengan meletakkan informasi arsitektur yang paling relevan. Buku Referensi & Spesifikasi Arsitektur akan menjadi tambahan yang berharga untuk perpustakaan arsitek mana pun yang mencari pengetahuan dasar yang nyaman.

Baca Juga :  7 Tahap Desain yang Arsitek Lakukan

Architects' Data oleh Ernst Neufert

Daftar Buku Penting Untuk Bacaan Arsitek
Daftar Buku Penting Untuk Bacaan Arsitek

Buku ini adalah salah satu buku bacaan arsitek terlaris di Indonesia dan sudah ada cersi bahasa Indonesianya. Disebut juga buku Data Arsitek atau "Datek" memiliki 3 jilid yang secara original terbit mulai tahun 1936 dan hingga kini sudah terjual lebih dari 500,000 buku di seluruh dunia.

Buku ini disusun untuk membantu desain awal bangunan dengan memberikan informasi luas tentang persyaratan spasial seperti ukuran ruang, jarak hingga detail. Isinya juga meliputi sebagian besar aturan ergonomi dan tata letak bangunan yang fungsional. Ada ribuan gambar dalam buku ini yang dijelaskan dengan teks singkat, diatur menurut tipologi bangunan. Buku ini hingga kini terus diperbarui.

Demikianlah mengenai beberapa daftar buku penting untuk bacaan arsitek dan mahasiswa jurusan arsitektur. Tidak hanya sekedar teori, namun buku ini juga menjadi acuan saat berprofesi sebagai arsitek. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.