Berbagai macam noda pada furnitur kayu dapat disebabkan karena berbagai alasan. Sebagai contoh ketika Anda menata ulang furnitur bekas, Anda mungkin melihat ada noda dari tinta, pewarna, bekas makanan, cat kuku, dll. Untuk menghilangkan noda dari furnitur kayu lama / baru, Anda dapat mencoba tips berikut yang telah dicoba banyak praktisi dan berhasil.

Tips Menghilangkan Noda Furniture Kayu
Tips Menghilangkan Noda Furniture Kayu

01. Noda pada Cat Kayu Berwarna Terang

Anda dapat menggunakan cat berwarna gelap untuk menutupi noda pada permukaan kayu yang lebih terang agar terlihat lebih gelap & pada akhirnya akan mengaburkan noda dari furnitur kayu Anda.

02. Menghapus Pewarna Jenis Anilin pada Kayu

Jika furnitur Anda diwarnai dengan pewarna jenis Anilin, maka Anda bisa menghilangkan noda dengan menggunakan pemutih.

Catatan: Anda harus melakukan ini di luar ruangan dan Anda juga harus menggunakan respirator atau masker debu saat melakukannya karena cukup berbahaya.

03. Menghapus Noda Berwarna Gelap dari Kayu

Menghapus Noda Berwarna Gelap dari Kayu
Menghapus Noda Berwarna Gelap dari Kayu

Untuk bisa menghapus noda berwarna gelap dari kayu, pertama-tama kikis seluruh permukaan dengan amplas, kemudian buat larutan (jenuh) menggunakan kristal asam oksalat (serbuk pemutih kayu) dan oleskan larutan ini di atas permukaan dengan menggunakan sikat sintetis. Gosok sampai noda hilang.

Catatan: Perawatan ini akan meningkatkan kekasaran kayu, untuk menyelesaikannya gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan. Saat melakukan pakai masker dan tentu saja Anda sebagiknya melakukannya di luar ruangan.

04. Noda bekas Cat Polish dan Bekas Cat Kuku

Jika ada noda cat polish berwarna pada furnitur kayu, maka ambil pisau plastik dengan dempul dan gesek ringan tumpahan dari permukaan. Dengan melakukan ini, cat polish akan mudah lepas dari kayu. Jika tumpahannya membandel dan tidak dihilangkan, maka oleskan kain yang dibasahi dengan air panas ke tumpahan selama beberapa detik untuk melonggarkan cat, kemudian lanjutkan dengan pisau dempul.

Catatan: Pastikan hanya menggunakan pisau plastik.

05. Menghapus Noda Kayu dengan Alkohol
Noda yang diwarnai dengan cat polish juga bisa dihilangkan dengan mengoleskan alkohol terdenaturasi pada kain, & dengan lembut gosokkan tumpahan sampai terlepas.

Catatan: Alkohol yang didenaturasi (cairan beracun - etanol / metanol) juga digunakan untuk menghilangkan noda atau cat dari kayu yang diberi lapisan poliuretan. Meskipun alkohol terdenaturasi lebih lembut daripada mineral (pengencer cat - naptha), yang akan menghilangkan semua cat dan noda, tetapi berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras atau terlalu lama, karena alkohol terdenaturasi akan mengambil cat dasar dari permukaan.

06. Mengikis Cat Kayu dengan bahan Wol

Mengikis Cat Kayu dengan bahan Wol
Mengikis Cat Kayu dengan bahan Wol

Anda juga dapat menggunakan wol stainless steel berkualitas 0000-Grade untuk mengikis cat polish kering. Ini adalah wol yang sangat halus yang akan cukup kuat untuk menghilangkan tumpahan cat dari kayu, tetapi cukup lembut untuk tidak merusak kayu.

Catatan: Dengan menggosok wol baja, Jika Anda melepas sebagian dari lapisan kayu, maka Anda dapat memperbaiki bagian yang rusak dengan produk khusus kayu, seperti Pulpen Felt-tip kayu atau spidol noda kayu.

07. Menghilangkan noda Tinta dan Bekas Coretan Pulpen

Jika Anda menemukan noda tinta berwarna pada furnitur kayu, Anda dapat mencoba berbagai produk untuk menghilangkan noda dari furnitur kayu, seperti dengan menggunakan deterjen, baking soda, alkohol, minyak teh, penghapus cat polish, krim cukur Barbasol, pasta gigi, pembersih jendela, & cuka. dll.

Catatan: Hanya perlu diingat, saat menggunakan produk apa pun untuk menghilangkan noda seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya kita menguji di area yang tidak terlihat sebelum melanjutkan dengan seluruh perabot kayu, yang akan menghindarkan Anda dari masalah karena salah dalam memilih metode.

Demikianlah tips meenghilangkan noda pada furniture kayu, semoga bermanfaat.