Skip to main content

Shigeru Ban, Arsitektur Kertas dan Karyanya yang Terkenal

Shigeru Ban adalah seorang arsitek Jepang, yang dikenal karena karya inovatifnya dengan kertas, khususnya tabung karton daur ulang yang digunakan untuk menampung para korban bencana dengan cepat dan efisien. Dia dinobatkan oleh majalah Time sebagai inovator abad ke-21 di bidang arsitektur dan desain.

Pada tahun 2014, Ban dinobatkan sebagai penerima ke-37 dari Pritzker Architecture Prize, hadiah paling bergengsi dalam arsitektur modern. Juri Pritzker memilih Ban atas penggunaan material inovatif dan dedikasinya pada upaya kemanusiaan di seluruh dunia, memanggilnya "seorang guru yang berkomitmen yang tidak hanya menjadi teladan bagi generasi muda, tetapi juga sebuah inspirasi."

Kehidupan awal dan pendidikan Arsitek Shigeru Ban


Shigeru Ban, Arsitektur Kertas dan Karyanya yang Terkenal
Shigeru Ban, Arsitektur Kertas dan Karyanya yang Terkenal

Shigeru Ban lahir di Tokyo, Jepang pada 5 Agustus 1957,. Ia belajar di Universitas Seni Tokyo, dan kemudian kuliah di Institut Arsitektur California Selatan. Kemudian ia pergi ke Sekolah Arsitektur Cooper Union, di mana ia belajar di bawah bimbingan John Hejduk dan lulus pada tahun 1984.

Dari Hejduk (yang merupakan bagian dari New York Five), Ban mendapatkan minat pada "puisi arsitektonik" atau penciptaan "puisi tiga dimensi". Hejduk, yang paling eksperimental berpikiran dari New York Five, memiliki pengaruh abadi pada Ban, yang karyanya mencerminkan eksplorasi berkelanjutan menjadi elemen geometris dasar. Eksplorasi formal Ban dengan bahan bangunan dasar membantu membawanya menjadi unik solusi bangunan.

Karakter Desain Shigeru Ban

Menurut Shigeru Ban, salah satu tema terpenting dalam karyanya adalah "struktur tak kasat mata". Artinya, dia tidak terlalu mengekspresikan elemen strukturalnya, tetapi lebih memilih untuk memasukkannya ke dalam desain. Ban tidak tertarik pada bahan dan teknik terbaru, melainkan ekspresi konsep di balik bangunannya. Dia sengaja memilih bahan tertentu untuk melanjutkan ungkapan ini.

Pekerjaan Arsitek Ban meliputi beberapa sekolah arsitektur. Pertama dia adalah arsitek Jepang, dan menggunakan banyak tema dan metode yang ditemukan dalam arsitektur tradisional Jepang (seperti shōji) dan gagasan "lantai universal" untuk memungkinkan kesinambungan antara semua kamar di sebuah rumah.

Di dalam desainnya, ini diterjemahkan ke lantai tanpa perubahan ketinggian. Dengan memilih untuk belajar di bawah Hejduk, Ban memilih untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Pandangan rasionalis Hejduk tentang arsitektur memberikan cara untuk meninjau kembali modernisme Barat dan mendapatkan apresiasi yang lebih kaya daripada visi reduktif tentang arsitektur sebagai versi rasional dari ruang Jepang yang tradisional dalam arsitektur Jepang.

Dengan pendidikan dan pengaruhnya dari Barat, Ban telah menjadi salah satu arsitek Jepang terkemuka yang merangkul ekspresi bentuk dan metode bangunan Barat dan Timur. Mungkin yang paling berpengaruh dari Hejduk adalah studi tentang struktur sistem arsitektur.

Bangunan Kertas oleh Shigeru Ban

Shigeru Ban paling terkenal karena karya inovatifnya dengan pipa kertas dan karton sebagai bahan untuk konstruksi bangunan. Dia adalah arsitek pertama di Jepang yang membangun sebuah bangunan dari kertas, dan memerlukan persetujuan khusus agar bangunannya lulus standar bangunan Jepang.

Shigeru Ban tertarik untuk menggunakan kertas karena biayanya rendah, dapat didaur ulang, berteknologi rendah, dan dapat diganti. Aspek terakhir dari pengaruh Ban adalah kemanusiaannya dan ketertarikannya pada arsitektur ekologis. Pekerjaan Ban dengan kertas dan bahan-bahan lainnya sangat didasarkan pada keberlanjutannya dan karena itu menghasilkan sangat sedikit limbah. Sebagai akibatnya, tempat penampungan pengungsi karya Ban sangat populer dan efektif untuk bantuan rumah pasca bencana yang berbiaya rendah.

Shigeru Ban menciptakan gedung paviliun Jepang di Expo 2000 di Hanover, Jerman bekerja sama dengan arsitek Frei Otto dan insinyur struktural Buro Happold. Struktur kulit kotak sepanjang 72 meter dibuat dengan tabung kertas. Tetapi karena undang-undang bangunan yang ketat di Jerman, atap harus diperkuat dengan substruktur. Setelah pameran, struktur tersebut didaur ulang dan dikembalikan ke bubur kertas.

Shigeru Ban sangat cocok dengan kategori "Arsitek Ekologi" tetapi ia juga dapat membuat klaim kuat untuk menjadi modernis, seorang eksperimentalis Jepang, serta rasionalis. Natias Neutert, pemikir, kritikus, dan penyair Jerman, menandai Ban dalam esainya sebagai "seorang revolusioner yang lembut ... membimbing arsitektur kontemporer menuju transparansi, bola dan terbuka". Shigeru Ban sendiri mengutip: "Saya tidak suka sampah", menyimpulkan filosofi dan praktiknya, yang dikenal sebagai "Arsitektur Kertas".

Daftar Karya Terkenal Arsitek Shigeru Ban

Centre Pompidou-Metz museum, Metz, France
Centre Pompidou-Metz museum, Metz, France

Berikut ini adalah beberapa karya pilihan dari Arsitek Shigeru Ban yang terkenal dan menginspirasi di seluruh dunia.
  1. Centre Pompidou-Metz, France
  2. Aspen Art Museum at dusk
  3. Furniture House, a series of prefabricated homes built in Japan, China, and the US and Metal Shutter House
  4. Curtain Wall House (1995), Itabashi, Tokyo, Japan
  5. Naked House (2000), Kawagoe, Saitama prefecture, Japan
  6. Japanese Pavilion (2000) at Hannover World Exhibition Expo 2000, Hannover, Germany
  7. Nomadic Museum (2005–present), built to house Gregory Colbert's video/photo work "Ashes and Snow"
  8. Takatori Catholic Church, Kobe, Japan
  9. Paper Dome, Nantou, Taiwan
  10. Picture Window House, Shizuoka, Japan
  11. Centre Pompidou-Metz museum, Metz, France
  12. Luxurious villa designs Maison S und Maison H on an exclusive private island: Mandarin Oriental Dellis Cay
  13. Cardboard Cathedral, Christchurch, New Zealand (2012–2013)[13]
  14. Aspen Art Museum, USA[1]
  15. Bamboo Furniture House, Great Wall, China
  16. Ōita Prefectural Art Museum, Ōita-shi, Japan
  17. Onagawa Station, Onagawa, Miyagi, Japan
  18. La Seine Musicale, Cultural complex and concert-halls on the Ile Seguin Boulogne-Billancourt, France
  19. Villa Vista, Weligama Sri Lanka

Penghargaan Arsitek Shigeru Ban

Sebagai arsitek yang terkenal, tentunya Shigeru Ban telah banyak mendapat penghargaan dan pengakuan atas dirinya sebagai seorang Arsitek Profesional. Berikut adalah daftar penghargaan yang pernah diperoleh arsitek Shigeru Ban.
  1. The JIA Prize for the Best Young Architect of the Year, Japan (1997)
  2. Time magazine Innovator of the Year, USA (2001)
  3. Prix de l'Académie d'Architecture de France (2004)
  4. Arnold W. Brunner Memorial Prize in Architecture, American Academy of Arts and Letters, USA (2005)[14]
  5. Honorary doctorate degree of Technische Universitaet Muenchen, Germany (2009)
  6. Ordre des Arts et des Lettres, France (2010)
  7. Honorary Doctorate from The New School, USA (2011)[15]
  8. National Order of Merit, France (2011)
  9. Auguste Perret Prize for Technology Applied to Architecture (2011)[16]
  10. Mainich Design Prize, Japan (2012)
  11. Pritzker Architecture Prize (2014)[4]
  12. World Economic Forum Crystal Award (2015)

Demikianlah mengenai Profil Arsitek Shigeru Ban dan Karya-karyanya yang terkenal, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Referensi :

  • Pogrebin, Robin (24 March 2014). "Pritzker Architecture Prize Goes to Shigeru Ban". New York Times. Retrieved 27 March 2014.
  • Biography Archived 25 March 2014 at the Wayback Machine, The Hyatt Foundation, retrieved 26 March 2014
  • "Shigeru Ban named 2014 Pritzker Prize Winner". ArchDaily. Retrieved 24 March 2014.
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Shigeru_Ban
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar