Pengertian Bangunan Industri dan Karakteristknya - Arsitur Media Desain

Pengertian Bangunan Industri dan Karakteristknya

- 6/27/2019


Bangunan Industri adalah bangunan yang digunakan oleh pelaku industri untuk menyimpan bahan mentah atau untuk memproduksi produk-produk industri.

Apa saja yang dimaksud bangunan industri ? Misalnya seperti gudang, pabrik, perakitan, pengolahan bahan mentah, dll. Semua itu akan dibahas dalam artikel ini.

Kata 'bangunan' biasanya dianggap merujuk pada struktur beratap di mana orang dapat melakukan kegiatan di dalamnya. Peraturan Bangunan menyarankan bahwa kata 'bangunan' mengacu pada: ‘bangunan permanen atau sementara tetapi bukan jenis bangunan atau model lainnya '.

Bangunan industri adalah bangunan yang digunakan untuk kegiatan industri. Bangunan industri sebagai jenis karya arsitektur yang dapat menjadi terkenal selama revolusi industri selama abad ke-18 dan 19, ketika aktivitas-aktivitas baru, dan ketersediaan bahan-bahan dan teknik-teknik baru mendorong terciptanya beberapa bangunan paling inovatif pada masa itu.

Pengertian Bangunan industri

Bangunan industri dapat dikategorikan sebagai bangunan industri tipe biasa dan bangunan industri tipe khusus. Tipe biasa adalah tipe bangunan gudang dengan struktur atap sederhana pada rangka terbuka yang membutuhkan bentang besar dan area jernih yang tidak terhalang yang memberikan fleksibilitas & fasilitas yang memadai untuk yang terakhir untuk mengubah tata letak mesin produksi / pabrik tanpa perubahan besar. Jenis ini biasanya digunakan untuk bengkel, gudang, pabrik dll.

Eksterior Bangunan Industri
Eksterior Bangunan Industri
Bangunan industri umumnya dirancang sebagai ruangan yang menyediakan ruang fungsional untuk kegiatan internal dengan ruang produksi utama yang memadai untuk penggunaan peralatan yang ditangguhkan atau crane overhead serta penyediaan ruang kantor atau lantai mezzanine. Bangunan-bangunan ini biasanya terbuat dari struktur baja dan dibuat dari pabrik.

Jenis khusus bangunan industri adalah, bangunan pabrik baja yang digunakan untuk pembuatan mesin berat, produksi mobil, industri kain dll.

Konfigurasi dan Karakteristik Bangunan Industri

Konfigurasi masing-masing bangunan tergantung pada persyaratan, jumlah ruang dapat dibangun berdampingan satu sama lain. Pilihan konfigurasi struktural tergantung pada rentang antara baris kolom, sifat bahan atap dan jenisnya dan ruang utama. Rangka portal terbuat dari rangka baja atau rangka atap dapat digunakan jika bentang relatif kecil. Struktu bentang lebar dapat digunakan jika rentang bangunan besar.

01. Lantai

Berbagai jenis lantai digunakan sesuai persyaratan fungsional seperti, produksi, bengkel, toko, fasilitas, dan administrasi. Kondisi layanan akan sangat bervariasi pada tingkat yang berbeda. Jadi, diperlukan jenis lantai yang berbeda.

Lantai industri harus memiliki ketahanan terhadap abrasi, aksi asam, suhu dan dampak tergantung pada kegiatan yang akan dilakukan. Fondasi untuk mesin getar harus dipisahkan dari lantai yang berdekatan untuk menghindari getaran dengan meletakkannya di atas batu atau tanah yang keras.

02. Sistem Atap

Interior Bangunan Industri
Interior Bangunan Industri

Kualitas seperti kekuatan, kedap air, isolasi, tahan api, daya tahan, biaya perawatan dan biaya harus dipertimbangkan saat merencanakan atap bangunan industri. Berbagai faktor untuk penutup atap yang harus dipertimbangkan saat merancang sistem atap adalah nilai isolasi, sifat akustik, penampilan, kebocoran, berat, dan perawatan.

Batas defleksi untuk purlins dan baja tergantung pada tipe lembaran. Umumnya, lembaran atap bergelombang, galvanis, asbes, lembaran semen dan penutup atap ulet dapat digunakan pada bangunan industri.

03. Pencahayaan

Intensitas dan keseragaman tingkat pencahayaan adalah persyaratan pencahayaan yang baik untuk bangunan industri. Akan lebih ekonomis dan bijaksana untuk menggunakan cahaya alami sebagai cahaya siang untuk penerangan yang cukup pada bangunan industri dimanapun.

04. Ventilasi

Ventilasi penting dalam segala jenis bangunan. Ini dapat dilakukan dengan cara alami seperti aerasi atau dengan peralatan mekanis seperti kipas. Ini akan digunakan untuk menghilangkan debu, menghilangkan panas dan udara bekas dapat diganti dengan udara segar.

Demikian mengenai bangunan industri, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter