Skip to main content

Masalah Umum AutoCAD dan Solusinya untuk Pemula

Pengguna AutoCAD yang sudah lama mungkin akan tahu tentang semua ini. Tetapi jangan lupa, ada banyak pengguna AutoCAD baru setiap hari di luar sana yang mungkin mengalami masalah seperti ini, yang ternyata semuanya bisa diperbaiki yang mudah.

Masalah Umum AutoCAD dan Solusinya untuk Pemula
Masalah Umum AutoCAD dan Solusinya untuk Pemula

01. Dialog Open, Save, atau SaveAs hilang pada AutoCAD

Salah satu masalah klasik yang terus mengganggu pengguna 99% dari waktu ke waktu, ini dapat diselesaikan dengan mengetikkan "FILEDIA" dan mengatur nilai (value) ke 1 dengan cara mengetik 1 kemudian tekan enter.

Anda dapat secara sementara mengesampingkan prompt baris perintah dengan mengetikkan tilde (~) dan menekan enter. AutoCAD 2016 ke atas sudah mencakup monitor variabel sistem yang dapat mencegah perubahan nilai "FILEDIA" tanpa sepengetahuan Anda untuk membantu menghindari situasi ini. Untuk AutoCAD 2015 dan versi sebelumnya, masalah ini mungkin masih terjadi.

02. Tombol Delete tidak berfungsi di AutoCAD

Masalah klasik lainnya yang sebenarnya memiliki beberapa gejala. Selain tombol hapus tidak berfungsi, contextual ribbon biasanya juga tidak berfungsi, fungsi edit block dengan klik dua kali mungkin juga tidak berfungsi, dan properti objek yang dipilih mungkin tidak ditampilkan di ribbon.

Ini semua disebabkan oleh variabel sistem "PICKFIRST". Ketik "PICKFIRST" pada command dan atur nilainya menjadi 1. Jika Anda kesulitan, masuk ke perintah Options command, Selection Tab, dan check on pada “Noun/verb selection” toggle.

03. Tidak dapat memilih plot style di AutoCAD

Ketika Anda masuk ke dialog PLOT, 1/3 kanan dialog (yang berisi pengaturan untuk plot style) terkadang disembunyikan untuk AutoCAD baru. Anda bisa membukanya dengan mengklik panah kecil untuk memperluas dialog seperti yang ditunjukkan gambar berikut ini.

03. Tidak dapat memilih plot style di AutoCAD
03. Tidak dapat memilih plot style di AutoCAD

04. Dialog muncul Setiap kali memilih sesuatu di AutoCAD

Ini mungkin karena dialog selection cycling yang aktif. Fitur ini ada di AutoCAD untuk membantu Anda ketika Anda memilih dua objek yang tumpang tindih, misalnya garis. Anda mungkin hanya perlu ini sesekali, jadi matikan dengan menekan "CTRL + W" atau temukan pengaturan ini di bar status pojok bawah atau ketik "SELECTIONCYCLING" dan setel ke 0.

05. Linetypes tidak muncul

Alasan paling umum ini terjadi karena berbagai variabel sistem yang berhubungan dengan linetypes perlu disesuaikan. Mulailah dengan mengatur "LTSCALE" ke 1, "MSLTSCALE" ke 1, dan "PSLTSCALE" ke 1.

Pastikan skala gambar Anda diatur dengan benar juga. Jika Anda menggambar garis sepanjang 500.000 unit dan skala gambar Anda menetapkan 1: 1, maka garis putus-putus dan celah tidak akan muncul sampai Anda memperbesar skalanya. Pada kebanyakan linetype tanda garis dan celah ditentukan dalam pecahan unit, pada plot panjangnya.

Demikianlah beberapa masalah umum AutoCAD yang mungkin menjadi masalah rumit bagi pemula, jangan ragu bertanya di kolom komentar, dengan senang hati akan saya bantu sebatas pengetahuan saya.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar