Masalah Gambar JPEG di AutoCAD dan Solusinya - Arsitur Media Desain

Masalah Gambar JPEG di AutoCAD dan Solusinya

- 6/08/2019


Desainer, arsitek, insinyur, dosen dan mahasiswa pasti pernah menggunakan gambar JPEG dalam gambar AutoCAD mereka agar proyek mereka relevan dan efektif. Namun, platform desain canggih AutoCAD juga tidak bebas dari masalah teknis.

Pengguna biasanya menghadapi masalah saat menyematkan, menyisipkan, atau mengimpor file gambar JPEG dalam gambar AutoCAD mereka. Kadang-kadang bahkan tugas sederhana untuk mengekspor atau mengonversi file DWG ke JPEG menjadi tugas yang sangat rumit jika belum mengetahui triknya.

Masalah Gambar JPEG di AutoCAD dan Solusinya
Masalah Gambar JPEG di AutoCAD dan Solusinya

Untuk memudahkan pengalaman mendesain Anda, di sini kami membawa tips terbaik untuk memperbaiki 5 masalah umum dengan gambar JPEG pada AutoCAD.

MASALAH 1: Gambar JPG menghilang saat membuka kembali file AutoCAD.

Seringkali ketika Anda membuka kembali file AutoCAD yang memiliki gambar JPEG di dalamnya, gambar itu mungkin tidak muncul dalam gambar AutoCAD. Gambar JPEG juga tidak terlihat dalam preview PLOT atau plot itu sendiri. Hal ini mungkin karena gambar JPEG itu adalah external file yang artinya tidak masuk sebagai file ".dwg".

Solusi 1

Untuk menyelesaikan AutoCAD JPEG yang tidak menunjukkan masalah, pasang kembali gambar JPEG ke dalam gambar AutoCAD secara permanen. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Buka gambar JPEG ddengan Microsoft Paint (Untuk Windows)
  2. Pilih semua (CTRL + A) dan salin gambar (CTRL + C)
  3. Pergi ke AutoCAD, gunakan Paste Spesial, caranya klik kanan atau ketik "PASTESPEC" Pilih opsi As: Image Entity atau Raster Image

Solusi 2

Tempel gambar ke Microsoft PowerPoint atau Word. Salin dari PowerPoint ke AutoCAD, gunakan Paste Spesial dengan Sebagai: Gambar (Enhanced Metafile).

Solusi 3

Anda juga dapat mencoba mengubah format gambar dari JPEG ke PNG sebagai solusinya jika cara-cara tadi belum berhasil.

MASALAH 2: Gambar JPEG terdistorsi atau warna tidak ditampilkan dengan benar saat membuka kembali file AutoCAD.

Masalah ini adalah ketika Anda membuka gambar dan melihat gambar JPEG terdistorsi dengan warna yang tidak ditampilkan dengan benar. Masalahnya ini umumnya terjadi dengan gambar JPEG dalam mode warna CMYK. AutoCAD merasterisasi gambar dengan baik ketika disimpan dengan profil warna RGB (merah, biru, hijau), bukan CMYK.

Solusi 1

Ubah profil warna gambar JPEG ke mode RGB. Buka file JPEG dalam editor gambar seperti Microsoft Paint atau Adobe Photoshop untuk mengubah file JPEG ke mode RGB.
Langkah-langkah untuk memperbaiki gambar JPEG yang terdistorsi dalam gambar AutoCAD:
  1. Buka gambar JPEG di MS Paint
  2. Simpan gambar tanpa membuat perubahan apa pun. Ini akan langsung dikonversi ke mode RGB.
  3. Hapus gambar JPEG yang bermasalah dari gambar AutoCAD Anda
  4. Tambahkan gambar JPEG yang baru disimpan tadi ke gambar AutoCAD Anda
  5. Gambar JPEG sekarang akan muncul dengan benar tanpa distorsi.

Catatan: Jika Anda menggunakan Adobe Photoshop, buka Image> Mode> pilih RGB Color. Sekarang simpan gambar Anda tanpa perubahan lainnya.

Solusi 2

Hapus gambar JPEG dari gambar AutoCAD dan pasang kembali gambar JPEG di AutoCAD. Tapi kali ini pertama-tama pastikan mereka terbuka dengan benar di setiap editor gambar tanpa distorsi. Jika tidak, perbaiki file JPEG / JPG Anda yang rusak atau rusak menggunakan Stellar Repair for Photo, kemudian tambahkan ke gambar AutoCAD.

Ini adalah alat perbaikan yang memperbaiki semua jenis kerusakan dalam gambar JPEG termasuk gambar kasar, buram, rusak, atau pixelated dan memperbaiki masalah seperti header korup, data file JPEG, struktur file JPEG yang tidak valid, dll. Alat ini mudah digunakan dan tersedia untuk sistem Windows dan Mac.

MASALAH 3: Gagal mengimpor gambar JPEG di AutoCAD

Kadang-kadang ketika Anda mencoba mengimpor gambar JPEG yang disimpan di komputer Anda ke file AutoCAD tetapi tidak muncul dalam gambar. Periksa apakah Anda melakukannya dengan cara yang benar. Menyalin dan menempel gambar tidak selalu berfungsi di AutoCAD.

Di AutoCAD Anda juga tidak bisa melampirkan gambar raster seperti JPEG dengan perintah IMPOR di menu File. AutoCAD juga biasanya membatasi gambar raster JPEG yang terlalu besar disesuaikan dengan memory komputer/laptop Anda.

Solusi

Ikuti perintah Insert > References panel >Attach > Find. Kotak dialog Select Image File muncul, pilih file gambar dan klik Open. Di kotak dialog gambar ini, Anda bisa menentukan titik penyisipan, skala, atau rotasi dan klik OK. Ini akan memperbaiki masalah impor JPEG di AutoCAD.

MASALAH 4: Tidak dapat mengekspor file AutoCAD ke JPEG atau gambar pecah setelah mengekspor ke JPEG

Anda dapat menyimpan gambar AutoCAD dalam format JPEG dengan menggunakan perintah JPGOUT. Ini membantu untuk membagikan gambar AutoCAD pada platform yang berbeda seperti situs web atau dalam dokumen Word. Tetapi kadang-kadang file DWG tidak mengekspor ke JPEG atau bahkan jika AutoCAD melakukannya, gambar akan memiliki resolusi yang buruk dan tidak dapat digunakan.

Solusi 1

Daripada mengubah ke JPEG, pilihlah format PNG. Anda dapat mengonversi file DWG AutoCAD ke PNG menggunakan perintah PNGOUT. Ini memberikan kualitas yang lebih baik dan file gambar Anda tidak akan pecah atau pixelated.

Solusi 2

Metode lain adalah mengonversi gambar AutoCAD ke format PDF. Anda dapat menggunakan perintah PLOT atau EXPORTPDF atau PUBLISH untuk mengekspor ke PDF. Format PDF memberikan kualitas yang lebih tinggi tanpa kehilangan resolusi ketika diekspor ke JPEG.

MASALAH 5: Ada kotak tautan JPEG dan bingkai tetapi tidak ada gambar di AutoCAD

Anda membuka file AutoCAD dan melihat gambar tidak muncul gambar tetapi ada bingkai JPEG terlihat. Meskipun jarang, masalah terjadi biasanya setelah pembaruan AutoCAD.

Solusi

Beberapa masalah program hanya dapat diselesaikan dengan mengembalikan ke pengaturan awal (reset). Ini adalah salah satunya. Lakukan Reset Pengaturan ke Default untuk melihat apakah gambar JPEG muncul kembali di gambar AutoCAD. Pastikan Anda menyimpan gambar AutoCAD di folder sebelum melakukan reset ke default.

Pada Windows 10, buka Start menu, klik All Apps > Autodesk > Reset Settings to Default.

Ini bisa terjadi karena file gambar JPEG terlalu besar sehingga sistem pada komputer/laptop menjadi terlalu berat untuk menampilkan gambar.

Kesimpulan

Menurut saya, AutoCAD adalah program desain 2D dan 3D yang paling nyaman dan bermanfaat. Namun, pengguna biasanya mengalami masalah impor atau masalah kualitas JPEG di AutoCAD.

Solusi di atas untuk masalah gambar JPEG pada AutoCAD yang umum. Solusi ini pasti akan membantu Anda memperbaiki masalah tersebut. Sementara utilitas perbaikan JPEG seperti Stellar Repair for Photo akan menyelesaikan segala distorsi gambar sebelum memasukkan atau mengimpor gambar dalam file AutoCAD. Anda juga dapat memperbaiki gambar AutoCAD  yang dikonversi ke JPG tetapi rusak.

Untuk setiap pertanyaan atau permohonan bantuan, tulis kepada kami di kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk berbagi dengan kami bagaimana Anda dapat memperbaiki masalah terkait JPEG di AutoCAD. Terima Kasih.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter