Skip to main content

10 Jenis Sendok untuk Rumah Makan dan Restoran

Sendok telah digunakan oleh manusia sejak zaman kuno. Nenek moyang kita menggunakan kerang, potongan kayu dan sekam sebagai sendok. Ada beberapa cerita dan naskah kuno lainnya yang menyatakan penggunaan sendok dari Mesir hingga India hingga Cina.

Budaya timur lainnya membuat sendok dari bahan porselen. Sendok dibuat dari bahan lain juga seperti gading, emas dan perak. Dengan datangnya revolusi industri, sendok mulai dibuat dengan stainless steel dan hal ini baru dimulai setelah tahun 1970.

Jenis-jenis Sendok

Jenis Sendok untuk Rumah Makan dan Restoran
Jenis Sendok untuk Rumah Makan dan Restoran

Berdasarkan berbagai kategori, ada beberapa jenis sendok, masing-masing dirancang untuk berbagai jenis makanan dan keperluan yang berbeda. Berikut adalah jenis sendok yang biasa digunakan baik di rumah, di rumah makan, cafe, restoran, dll.

01. Sendok makan

sendok makan

Jenis sendok ini adalah bagian terpenting dari peralatan makan yang kita gunakan setiap hari. Jenis sendok ini dapat digunakan untuk banyak keperluan seperti meyendok sup, nasi, kuah kari dll. Sendok makan juga disebut dengan table spoon atau sendok meja atau sendok biasa.

Jenis sendok makan ini dirancang untuk mengambil jumlah makanan dalam jumlah satu suapan yang tepat. Beberapa produsen menawarkan beberapa jenis sendok makan yang sesuai dengan selera yang berbeda untuk orang yang berbeda.

Sendok makan juga digunakan secara umum dalam resep masakan untuk menyatakan ukuran jumlah makanan atau bahan makanan dalam gram dan dinyatakan sebagai 1 sdm (1 sendok makan). Lalu, satu sendok makan = berapa gram ? Jawabannya adalah biasanya 1 sdm = 15 ml. 1 sdm = 13,75 gram.

02. Sendok Saji

sendok saji

Sendok saji biasanya diletakan beriringan dengan garpu saji. Sendok saji berukuran lebih besar dibandingkan dengan sendok makan dan dirancang khusus untuk menyajikan makanan berupa peralatan saji untuk piring makan.

Bagian mangkuk sendok yang lebih besar memungkinkannya menampung makanan dalam jumlah besar. Stainless steel dan plastik adalah bahan yang paling umum digunakan selama bertahun-tahun dalam membuat sendok saji yang cemerlang.

03. Sendok buah

sendok buah

Sendok Buah ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan sendok makan. Seperti namanya buah-buahan ini seperti anggur, jeruk, melon dll. Sendok ini memiliki ujung runcing dan mereka juga memiliki mangkuk memanjang yang membantu memotong buah dengan mudah.

04. Sendok Teh atau Sendok Kopi

sendok teh

Jenis sendok teh ini adalah sendok berukuran terkecil yang dapat digunakan untuk mengaduk teh, kopi, dan minuman lain yang disajikan dalam cangkir kopi. Sendok ini sengaja dibuat kecil agar bisa masuk ke dalam gelas yang ramping dan mengaduk gula, kopi dan bahan lainnya.

Sendok teh juga sering digunakan dalam resep untuk menyatakan ukuran jumlah makanan atau bahan makanan dalam gram yang dinyatakan dalam 1 sdt (1 sendok teh). Lalu, satu sendok teh = berapa gram ? Jawabannya adalah biasanya 1 sdt = 4,8 gram atau dibulatkan menjadi 5 gram.

05. Sendok Makanan Penutup (Sendok Dessert)

sendok dessert

Sendok pencuci mulut atau sendok dessert memiliki bentuk seperti mangkuk dan berukuran lebar yang membantunya mencungkil jenis makanan seperti halwa, puding, kue kering, dll. Pada restoran, jenis sendok ini biasanya disajikan bersama setelah makanan utama selesai.

06. Sendok Minuman Panjang

Sendok Minuman Panjang

Sendok minuman ini sesuai dengan namanya memiliki pegangan yang sangat panjang. Sendok ini dirancang untuk mengaduk minuman panas dan dingin dari gelas panjang dan ramping atau mug yang besar.

07. Sendok Salad

Sendok Salad

Sendok salad biasanya digunakan dengan garpu salad, ketika digunakan bersama-sama mereka membantu mencampur sayuran atau salad, yang tujuannya agar lebih mudah disajikan. Sendok salad termasuk jenis sendok khusus yang cukup jarang digunakan.

08. Sendok bayi

Sendok bayi

Seperti namanya, ukurannya lebih kecil dan digunakan oleh bayi untuk makan. Sendok bayi biasanya dibuat dari bahan plastik yang lembut dan elastis sehingga tidak melukai mulut bayi.

09. Sendok koktail

Sendok koktail

Umumnya, jenis sendok koktail atau sendok bar adalah sendok panjang yang digunakan untuk mengaduk minuman dan mencampurkannya ke dalam gelas minuman panjang atau gelas bir.

10. Sendok Garpu

Sendok Garpu

Jenis sendok ini cukup penting saat makan makanan jenis tertentu seperti bakso, sup, daging panggang, dll. Sendok garpu menjadi sendok umum yang mendampingi sendok makan utama. Garpu membantu kita memecah makanan yang besar dan keras, menusuknya dengan ujung yang runcing dan sangat membantu kita makan.

Sendok garpu umumnya memiliki 3 ujung runcing (tapi tidak melukai) dan dibuat dengan menggunakan stainless steel atau plastik. Jenis sendok ini juga sering digunakan dalam sajian makan mie di Indonesia karena dapat digunakan untuk menggulung mie.

Demikianlah mengenai jenis-jenis sendok untuk Rumah Makan dan Restoran, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Referensi :

  • https://shriandsam.com/blogs/types-of-spoon/types-of-spoon
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar