Skip to main content

Daftar Tokoh Arsitek Rumah Minimalis yang Terkenal

Gaya desain rumah minimalis hari ini sedang populer di Indonesia, namun perlu kita tahu bahwa arsitektur rumah minimalis telah ada dan berkembang sejak lama. Arsitektur minimalis sendiri adalah salah satu bentuk dari gaya arsitektur modern.

Medina House
Medina House Karya John Pawson, salah satu pelopor bentuk rumah minimalis yang simple
Arsitektur rumah minimalis hadir sebagai solusi di tengah perkembangan industri pada awal 1900-an, para tokoh arsitek modern membawa gaya desain minimalis menjadi sesuatu yang baru, mudah dikerjakan, tanpa diskriminasi, universal, bisa diterima banyak orang, bahkan populer hingga saat ini.

Artikel ini akan membahas lebih jauh tokoh arsitek dari gaya arsitektur rumah minimalis melalui karyanya yang terkenal, sebagai berikut :

01. Tadao Ando

Tomishima House karya Tadao Ando
Tomishima House, sebuah contoh rumah minimalis karya Tadao Ando di masa lalu yang menginspirasi arsitek rumah minimalis masa kini

Tadao Ando adalah arsitek berdarah Jepang, awalnya Ando mempelajari arsitektur secara otodidak. Tokoh arsitek rumah minimalis ini mengikuti kursus menggambar di malam hari dan mengikuti kursus desain interior secara informal. Ando juga pernah mengunjungi karya arsitek dunia seperti Le Corbusier, Frank Lloyd Wright, maupun Louis Kahn.

Arsitek rumah minimalis Tadao Ando akhirnya memiliki studio desain di Osaka, Jepang. Ando berhasil menelurkan karya yang dikagumi dunia, ia pun berhasil memenangkan Pritzker Prize pada 1995.

Beberapa karya arsitektur minimalis oleh Tadao Ando diantaranya adalah Tomishima House, Osaka (1973), Uno House (Kyoto), Chicu Art Museum (Kagawa), dan Langen Foundation (Jerman).

02. John Pawson

Medina House
Medina House Karya John Pawson, salah satu pelopor bentuk rumah minimalis yang simple

John Pawson adalah arsitek asal Inggris yang juga menjadi tokoh penting perkembangan arsitektur rumah minimalis. Pawson telah memenangkan banyak penghargaan seperti Blueprint Architect of the Year pada 2005 dan Designer of the Year pada 2014 dari German Design Council.

Pawson adalah arsitek yang menggunakan pendekatan permasalahan ruang dalam desain, proporsi, pencahayaan, serta material. Bentuk bangunannya cenderung mengikuti gaya arsitektur minimalis.

Karya Pawson yang terkenal diantaranya adalah New Wardour Castle Apartments, Hotel Puerta America (Madrid), dan Medina House (Tunisia).

03. Peter Zumthor

Arsitek rumah minimalis dari Swiss adalah Peter Zumthor. Tokoh arsitek minimalis ini sudah memenangkan banyak penghargaan misalnya 2009 Pritzker Prize hingga 2013 RIBA Royal Gold Medal.

Zumthor bergabung “Department for the Preservation of Monuments of the canton of Graubünden” pada tahun 1968. Dalam karirnya, Zumthor banyak melakukan restorasi bangunan arsitektur bersejarah.

Karya Zumthor yang terkenal diantaranya adalah 1983 House Räth (Swiss), Kunsthaus Bregenz (Austria), dan Villa in Küsnacht (Swiss).

04. Álvaro Siza Vieira

Álvaro Joaquim de Melo Siza Vieira adalah tokoh arsitek rumah minimalis asal Portugal. Ia terkenal dengan sebutan Alvaro Siza. Pada tahun 1992 ia menjadi pemenang Pritzker Award, salah satu penghargaan bergensi di bidang arsitektur. Siza juga aktif dalam proyek restorasi bangunan arsitektur bersejarah di Cidade Velha, Santiago.

Karya dari arsitek Alvaro Siza yang terkenal diantaranya adalah Riverside Art Gallery (Portugal), Casa Tóló (Portugal), dan Tower 611 west 56th street (New York).

05. Claudio Silvestrin

Arsitek rumah minimalis yang lahir dari Italita adalah Claudio Silvestrin, namun ia adalah arsitek Italia yang berkewarganegaraan Inggris. Silverstrin sering dijuluki sebagai master dari gaya arsitektur minimalis serta arsitektur kontemporer. Silverstrin banyak dikagumi tokoh-tokoh arsitek dunia maupun tokoh seni misalnya Giorgio Armani dan Kanye West.

Beberapa karya arsitek Claudio Silverstrin diantaranya adalah Villa Neuendorf (Spanyol), Loft Kanye West (New York), dan Rocca Sinibalda Castle (Italia).

06. Alberto Campo Baeza

Tokoh arsitek rumah minimalis Alberto Campo Baeza adalah arsitek profesional yang juga aktif secara akademis. Campo adalah arsitek asal Spanyol yang juga menjadi dosen dan Head Professor of Design di School of Architecture of Madrid ETSAM sejak tahun 1986.

Alberto Campo Baeza adalah tokoh arsitek minimalis yang memiliki karya dan gagasan yang mendunia. Campo sering mendapatkan penghargaan-penghargaan bergengsi hingga publikasi majalah dan buku dari penerbit terkenal.

Karya dari arsitek rumah minimalis Alberto Campo ini beragam mulai dari Rumah Turégano dan de Blas (Madrid), Bank Caja de Granada dan Museum of Memory of Andalucia (Granada), Olnick Spanu House (New York) dan beberapa gedung pemerintahan.

07. Antoine Predock

Arsitek rumah minimalis berikutnya adalah Antoine Predock yang berasal dari Amerika. Predock memiliki kantor yang berbasis di New Mexico. Predock mulai disorot dunia karena karyanya yaitu La Luz Community di New Mexico yang terkenal. Sejak saat itu, Predock mulai memperoleh beberapa penghargaan di bidang arsitektur serta desain.

Karya terkenal dari arsitek Antoine Predock diantaranya adalah Tang Teaching Museum and Art Gallery, Turtle Creek House (Texas), Skidmore College, dan juga Canadian Museum for Human Rights (Manitoba).

Demikianlah beberapa deretan tokoh arsitek rumah minimalis yang telah banyak berkontribusi di dunia arsitektur khususnya pada gaya desain rumah minimalis di mancanegara. Apakah ada tokoh lainnya ? Silahkan berikan komentar.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar