Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya - Arsitur Media Desain

Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

- 5/22/2019


Ketika Anda ingin mempercantik dinding, Anda bisa membuat latar belakang dinding yang dekoratif. Saat mendekorasi dinding, Anda memilih permukaan yang polos tanpa ada kabel, lubang atau cacat apa pun. Panel dinding adalah elemen penutup untuk dinding yang kita pilih untuk menghadirkan estetika atau dekorasi yang lebih baik. Panel dinding dapat berfungsi untuk hal tertentu atau bagian teknis dari dinding bangunan.

Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, menggunakan panel dinding, wallpaper atau cat tekstur di dinding sedang menjadi tren. Panel dinding lebih baik daripada lukisan atau wallpaper dinding karena memberikan daya tahan dan kebersihan yang lebih baik. Anda juga dapat menyembunyikan speaker atau kabel listrik di belakang panel yang merusak tampilan ruangan Anda. Kita bisa memecah permukaan dinding yang monoton untuk menciptakan kesan inspiratif di sebuah ruangan.

Sistem Panel Dinding

Ada dua sistem panel dinding. Yang pertama adalah cara sederhana untuk memasang panel atau papan di langsung di dinding yang sudah finish, sistem ini berlaku untuk permukaan dinding lurus atau panel ringan. Cara lain yang banyak digunakan adalah sistem rangka grid/kisi. Ukuran kisi dapat bervariasi sesuai dengan ukuran dan pola panel. Bahan bingkai bisa dari logam atau kayu tergantung pada bahan dan berat panel.

Sistem grid ini lebih efektif karena membantu memperbaiki dinding yang membelok. Selain itu, ia menyediakan permukaan yang datar pada panel. Setelah grid/kisi siap, kita dapat dengan mudah memasang atau menggantung panel-panel pada grid/kisi. Kita juga dapat menambahkan bahan isolasi seperti wol Rock di antara rongga untuk membuat ruangan kedap suara.

Metode pemasangan untuk setiap panel bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti ketinggian dinding, defleksi pada dinding, jenis bahan, jenis panel, bahan bingkai yang tersedia, dll.

Jenis Panel Dinding Berdasarkan Permukaannya

Berikut adalah beberapa jenis panel dinding yang tersedia sesuai dengan permukaan akhir yang ditampilkan, yaitu sebagai berikut :

01. Panel Dinding Dekoratif

01. Panel Dinding Dekoratif
01. Panel Dinding Dekoratif

Panel yang dipasang untuk meningkatkan estetika ruangan disebut panel dinding dekoratif, namun beberapa orang mungkin juga menggunakan ini untuk melindungi permukaan dinding dari kerusakan. Elemen dekoratif ini tersedia dalam berbagai bahan dan ukuran.

Dinding umumnya mengalami retak, lembab dan kerapuhan, yang menyebabkan tampilannya sangat tidak menarik terutama untuk ruang-ruang yang menerima tamu. Oleh karena itu kita perlu memasang panel dinding dekoratif untuk menutupi cacat pada dinding.

Desainer juga dapat menggunakan banyak versi panel. Ada banyak bahan yang tersedia untuk panel permukaan dinding seperti kayu, papan gipsum, papan pra-fabrikasi, logam, lembaran PVC, kain, laminasi, dll. Bahan ini  lebih disukai dan berlaku di daerah perumahan, komersial, kelembagaan, ibadah, industri, dll.

02. Panel Dinding Tile Board

Panel Dinding : Sistem, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
02. Panel Dinding Tile Board

Tile board adalah papan MDF (medium density fiberboard) dengan lapisan melamin di atasnya, yang terlihat seperti ubin keramik biasa. Bahan ini memiliki alur yang meniru sambungan ubin. Panel ini jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk dipasang, karena tidak ada pekerjaan sipil yang berat.

Jadi, secara konseptual, semakin kecil ukuran panel, semakin banyak jumlah bingkai yang diperlukan dan karenanya akan menjadi lebih rumit. Karena itu, panel ini cocok untuk memperbaiki ukuran panel yang lebih besar. Bahan ini lebih cocok di dapur, toilet, bak mandi, dapur, kafe, dll.

03. Panel Dinding Utilitas

 03. Panel Dinding Utilitas
03. Panel Dinding Utilitas

Pada panel utilitas, kita menggunakan panel untuk menggantung atau memegang sesuatu. Panel ini biasanya adalah papan berlubang yang memiliki barisan lubang kecil untuk menahan paku dan pasak. Kita dapat menggunakan seluruh permukaan sebagai panel utilitas atau hanya bagian dari dinding sebagai panel utilitas.

Panel ini tersedia dalam beragam warna dan tekstur kayu. Desainer atau tukang kayu dapat memodifikasi desain panel sesuai kebutuhan. Panel ini lebih cocok digunakan di dapur, garasi, komersial, dll yang membutuhkan fungsi yang banyak. Panel ini juga cocok dipasang pada kamar sempit yang membutuhkan fungsi kompak seperti kamar kos atau kontrakan.

04. Panel Dinding Akustik

04. Panel Dinding Akustik
04. Panel Dinding Akustik

Permukaan dinding yang keras dan halus dapat memantulkan suara kembali dan dapat menciptakan gema di dalam ruangan. Gema ini tidak cocok untuk ruang pertunjukan audio, bioskop atau studio musik. Untuk mengurangi gema dan meningkatkan sifat akustik suatu ruangan, kita membutuhkan permukaan yang menyerap suara di dinding ruangan.

Panel dinding akustik mampu menyerap kebisingan dan memberikan efek suara yang tepat di ruangan. Panel akustik membantu mengendalikan tingkat kebisingan di ruang dan menghindari transfer kebisingan melalui dinding. Namun demikian, akustik ruangan juga tergantung pada ukuran panel, lokasi panel, ukuran ruangan, lokasi speaker, dll. Panel dinding akustik tersedia dalam berbagai bahan seperti kain, lembaran busa, panel papan berlubang, dll. Panel dinding akustik lebih cocok dipasang pada bioskop, multimedia room di rumah, ruang kelas, bioskop, sekolah, auditorium, dll.

05. Panel Dinding Eksterior

05. Panel Dinding Eksterior
05. Panel Dinding Eksterior

Secara umum, ada panel penutup yang berbeda dan khusus untuk permukaan dinding eksternal, yaitu panel dinding eksterior. Panel dinding eksterior tersedia dalam berbagai bahan seperti beton pra-cetak, kayu, batu bata, ubin, PVC, papan serat semen, dll. Panel ini bertujuan melindungi permukaan dinding dari efek atmosfer dan cuaca yang keras.

Di dalam sistem bangunan, ada panel struktural, yang menggantikan fungsi dinding dan panel eksterior. Sistem ini mengkompilasi lembaran insulasi busa kaku yang diapit di antara lapisan papan keras atau bahan eksterior lainnya. Panel ini berguna dalam menciptakan struktur yang ringan dan dicetak masal.

Kelebihan Panel Dinding

Dengan memasang panel dinding, kita akan memperoleh kelebihan dan manfaat sebagai berikut ini :
  • Panel dinding memberi kesempatan untuk menciptakan interior ruang yang elegan. Ada banyak alternatif yang tersedia untuk membuat permukaan dinding polos, bertekstur, atau 3D.
  • Karena kita menambahkan lapisan ke permukaan dinding, rongga membantu melindungi ruangan secara termal, mengurangi panas radiasi dan sebagai isolasi akustik.
  • Panel dinding juga menawarkan cara untuk menyembunyikan kekurangan pada permukaan dinding.
  • Panel dinding membantu untuk menyembunyikan kabel atau guratan yang tidak estetis yang berjalan di permukaan dinding.
  • Panel dinding juga dapat dibuat untuk meletakan lampu aksen dan speaker untuk kebutuhan hiburan.
  • Panel dinding dapat diganti, sehingga menjadi mudah untuk mengubah dekorasi atau mempertahankan fungsi yang tersembunyi di balik panel.

Kekurangan Panel Dinding

Dengan memasang panel dinding, terdapat beberapa kekurangan sebagai berikut ini :
  • Tergantung pada bahan dan desain, harus ada sambungan terbuka atau lubang di panel, atau itu bisa menjadi rumah bagi serangga terutama kecoa.
  • Panel dinding adalah hasil akhir yang akan dilihat, jadi pengerjaan yang baik adalah suatu keharusan atau permukaan berpanel dapat melengkung, retak atau pecah.

Beberapa klien saya memiliki pengalaman dinding yang dicat ternyata cepat rusak yang setiap tahun meskipun berada dalam kondisi yang bagus. Panel dinding tidak hanya menutupi noda pada dinding tetapi juga telah menjadi elemen desain untuk ruangan. Saya yakin hampir semua pembaca di sini mungkin ingin memiliki panel dinding yang elegan di rumah atau tempat kerja yang membutuhkan panel.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter