Kelebihan dan Kekurangan Tangga Spiral - Arsitur Media Desain

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Spiral

- 5/10/2019


Tangga spiral atau tangga melingkar adalah tangga yang menggunakan cara memutar untuk naik dari lantai bawah ke lantai atas. Tangga ini merupakan solusi membangun tangga pada area sempit. Selain hemat ruang dan harganya yang jauh lebih murah dari tangga biasa, tangga melingkar juga memiliki tampilan yang menarik untuk dipamerkan.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Spiral
Kelebihan dan Kekurangan Tangga Spiral

Seperti halnya bagian rumah lainnya, ada sejumlah poin kelebihan dan kekurangan tangga spiral yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda meletakkannya di rumah. Anda juga harus memutuskan apakah tangga spiral akan dipasang di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).

Kelebihan Tangga Spiral (Tangga Melingkar)

Tangga melingkar atau tangga spiral memiliki beberapa keunggulan dibanding tangga biasa seperti lebih hemat ruang, luas yang konstan meskipun lantai semakin tinggi, harga lebih murah, praktis, daya tarik estetika, dll.

01. Penghematan ruang yang lebih banyak

Salah satu keuntungan terbesar yang diberikan tangga spiral adalah penghematan ruang. Tangga ini tidak menempati jumlah ruang yang sama dengan tangga biasa, jika Anda menambahkan lantai tingkat tanpa ingin mengorbankan ruang lain untuk tangga, tangga spiral membuat pilihan yang sangat baik.

02. Luas tangga tetap minim, meskipun semakin tinggi

Untuk tangga biasa, semakin tinggi tangga maka semakin banyak ruang akan digunakan atau dikorbankan hanya untuk tangga. Namun hal ini tidak terjadi pada tangga spiral, karena luasannya tetap dan cukup berikan ruang untuk tangga ini memutar.

03. Harga tangga spiral relatif lebih murah

Tangga ini lebih mudah untuk dirakit daripada tangga biasa dan dengan harga yang lebih murah. Tangga biasa memerlukan biaya struktur dan harus direncanakan sejak awal. Naun berbeda dengan tangga melingkar yang bisa dipasang secara terpisah dengan bangunan dan hanya memerlukan biaya tangga itu sendiri. Tangga melingkar biasanya dibuat dari besi atau baja.

04. Praktis, Bisa dirakit di lokasi proyek

Anda dapat membeli jadi tangga spiral agar sesuai dengan standar ruang yang digunakan oleh proyek pada umumnya. Anda juga dapat membeli tangga spiral pra-rakitan; ini menawarkan lebih banyak pilihan daripada kit atau tangga biasa. Anda memiliki opsi untuk menggunakan kayu atau logam, serta gaya tapak atau ornamen yang berbeda. Karena pilihan yang lebih luas, Anda akan lebih mampu membuat tangga spiral yang sempurna untuk desain rumah Anda sendiri.

05. Daya tarik estetika

Tangga spiral bisa menjadi tangga yang bagus bila diposisikan dengan benar. Tangga ini juga memiliki daya tarik estetika yang kuat pada situasi yang tepat. Tangga ini juga menambah nilai seni pada rumah Anda, yang bisa menjadi poin tambahan jika Anda berencana untuk menjual rumah.

Kekurangan dan Kelemahan Tangga Spiral

Kekurangan dan Kelemahan Tangga Spiral
Kekurangan dan Kelemahan Tangga Spiral

Selain memiliki banyak keunggulan, nyatanya tangga melingkar masih memiliki beberapa kekurangan seperti pijakan yang terlalu curam, sempit, tidak memenuhi standar, tidak bisa membawa barang, tidak ada bordes, dll.

01. Lebih sempit dan curam dari tangga biasa

Fakta bahwa tangga spiral hanya memakan sedikit ruang juga merupakan kerugian. Tinggi pijakan pada tangga ini akan menjadi lebih curam daripada tangga biasa. Oleh karena itu, tangga ini mungkin sulit untuk digunakan oleh beberapa orang, terutama orang tua.

Pembagian spiral bisa dikurangi dengan memperbanyak pijakan. Tangga melingkar biasanya memiliki jari-jari yang pendek sekitar 80 cm - 100 cm (belum terpotong railing) sehingga tidak bisa dilalui 2 orang, jika ingin lebih lebar akan memerlukan konstruksi tambahan.

02. Kurang memenuhi standar

Gerakan melingkar ketika seseorang naik atau turun juga bisa membuat takut beberapa orang. Ini juga dapat menimbulkan masalah bagi orang tua atau mereka yang tidak yakin dengan keseimbangan mereka. Meskipun tangga ini cukup umum digunakan akhir-akhir ini, namun tangga ini banyak yang tidak memenuhi standar bila digunakan untuk ruang publik.

Tidak adanya bordes menjadikan tangga ini tidak baik untuk orang tua. Penggunaan tangga spiral di rumah tinggal harus dikonsultasikan dengan ahli bangunan.

03. Sulit dilalui sambil membawa barang

Bayangkan jika Anda membawa barang besar seperti kasur dan melewati tangga melingkar, hal tersebut mungkin saja dilakukan namun pastinya sangat sulit. Inilah mengapa sebaiknya tangga melingkar tidak dijadikan tangga utama atau satu-satunya tangga di rumah. Dalam hal ini, tangga bentuk L dan tangga lurus lebih baik.

Agar tangga melingkar terlihat bagus, Anda membutuhkan tangga berkualitas tinggi yang dipasang dengan benar. Pilih desain dan bahan yang sesuai sehingga akan bertahan dengan baik. Sebaiknya merakit tangga di lokasi proyek daripada membeli jadi dari suplier.

Demikianlah mengenai Kelebihan dan Kekurangan Tangga Spiral atau Tangga Melingkar. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima kasih.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter