Skip to main content

Jenis Shower di Kamar Mandi

Mandi dengan shower adalah kebutuhan rata-rata masyarakat Indonesia saat ini. Shower telah menggantikan fungsi gayung dan pancuran air sungai seperti pada zaman dahulu. Dengan masuknya air PDAM dan teknologi pompa air, kini setiap kamar mandi di semua rumah bisa dipasangi shower untuk mandi.

Jenis Shower di Kamar Mandi
Jenis Shower di Kamar Mandi

Ada banyak jenis shower dan pilihan desain shower untuk kamar mandi Anda, termasuk dari bahan yang digunakan, warna dan finishing akhir, dimensi spesifik, serta fitur tambahan memungkinkan Anda membuat shower kamar mandi menjadi seperti yang Anda impikan. Simak beberapa jenis shower berikut ini :

01. Rain Shower

rain shower
rain shower

Rain shower adalah jenis shower yang paling simple. Cara kerjanya adalah menghujani badan dengan air bersih sehingga Anda tidak perlu repot menggerakan shower. Ada banyak jenis rain shower, mulai dari yang tersembunyi di plafon atau yang dibuat ekspos menggunakan pipa. Shower tersembunyi juga bisa ditambah dengan fitur-fitur tambahan seperti pencahayaan LED bawaan sehingga suasana mandi menjadi lebih menyenangkan.

Rain shower memiliki keunggulan yaitu lebih awet daan mudah dirawat karena posisinya yang tetap dan tidak berubah. Selain itu, rain shower tidak akan kotor karena tidak tersentuh saat digunakan. Namun rain shower memiliki kelemahan karena tidak bisa menjangkau bagian tubuh yang sulit.

02. Body Shower

body shower
body shower

Body shower sering menggunakan menara shower (atau desain serupa) untuk menyemprotkan air ke tubuh Anda dari atas dan samping. Pancaran air yang kuat dirancang untuk membantu menenangkan tubuh yang sakit. Semprotannya kuat seperti jet washer di toilet. Body shower seringkali dilengkapi dengan berbagai pengaturan aliran. Biasanya di antaranya adalah pijatan dan pengaturan kabut.

Body shower memiliki keunggulan karena dapat menjangkau semua bagian tubuh, namun body shower memiliki kelemahan karena lebih boros air saat digunakan. Body shower jarang digunakan di rumah, namun biasanya lebih sering digunakan untuk kebutuhan terapi.

03. Hand Shower

hand shower
hand shower

Hand shower adalah shower portable yang kepalanya kecil dan bisa digerakan sesuai keinginan. Hand shower adalah jenis shower yang paling umum digunakan di perumahan di Indonesia. Semprotannya dapat diatur dengan banyak mode, dari yang kuat sampai yang lembut.

Hand shower biasanya kotor saat digunakan karena gagangnya tersentuh, namun shower ini lebih flexible dan efisien dalam penggunaan air. Selain itu, handshower sangat mudah dipasang, layaknya memasang kran biasa di rumah.

Selain dalam hal desain shower, ada juga jenis shower berdasarkan air yang dialirkannya. Terkadang kita ingin mandi air hangat dalam situasi tertentu sehingga tidak jarang orang memasang instalasi air panas di rumahnya. Berikut adalah jenis pengaturan shower :

01. Single Shower

Single shower adalah jenis shower dengan satu aliran air saja, sehingga kita tidak bisa memilih jenis air panas/dingin, atau setengah panas. Single shower adalah jenis yang paling murah dan paling sering dipilih untuk rumah-rumah secara umum.

02. Manual Mixer Shower

Shower mixer manual adalah jenis shower yang sudah cukup lama ada. Jenis ini masih terlihat di sebagian besar kamar mandi rumah hari ini. Shower manual mencampur air panas dan dingin bersama-sama setiap kali Anda mandi. Gerakkan kontrol dari katup shower untuk menentukan suhu tertentu setiap kali Anda mandi. Shower mixer manual cukup mudah digunakan dan juga relatif mudah dipasang. Hanya saja jika kita salah mengatur katupnya, maka airnya tidak akan sama seperti yang kita inginkan.

03. Thermostatic Mixer Shower

Mereka yang memiliki anak kecil harus mempertimbangkan shower mixer termostatik. Thermostat dapat mengontrol suhu air untuk setiap kali mandi. Cukup setel ke suhu yang ideal untuk Anda, dan setiap kali dibuka, air akan memiliki suhu konstan. Suhu yang dapat diandalkan untuk mencegah air terlalu panas, meningkatkan keamanan untuk rumah tangga dengan anak-anak kecil, serta orang tua. Mixer termostatik dengan panel kontrol digital sering disebut sebagai shower digital.

04. Electric Shower

Tidak seperti mixer termostatik dan manual, shower listrik tidak memerlukan pasokan air panas dari pemanas air. Selama ada persediaan air dingin, Anda bisa mendapatkan suhu air sesuai yang diinginkan. Shower listrik mengandung unit pemanas built-in untuk memanaskan air dingin. Shower listrik adalah pilihan yang sangat praktis jika Anda tidak ingin memasang pemanas air di rumah anda.

Demikianlah mengenai jenis shower untuk kamar mandi. Ada hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memasang shower di rumah, yaitu tekanan air harus cukup untuk membuatnya menyembur. Untuk meningkatkan tekanan air, Anda dapat menggunakan tangki air dan pompa. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar