Jenis-jenis Lem serta Kegunaannya - Arsitur Media Desain

Jenis-jenis Lem serta Kegunaannya

- 5/05/2019


Dalam membuat kerajinan atau mengerjakan berbagai proyek kita sering melibatkan penggunaan perekat atau lem. Namun ternyata masih banyak dari kita yang bingung dengan lem yang ada di pasaran. Berikut ini adalah jenis-jenis lem serta kegunaannya :

Lem Putih

lem putih
lem putih

Lem ini adalah lem kerajinan yang paling umum untuk bahan ringan berpori seperti kertas, kardus, kain, dan kerajinan anak-anak. Bahan dasarnya dalah air, ini berarti lem ini mudah dibersihkan dan tingkat racunnya rendah. Namun lem harus mengering sebelum memperoleh kekuatan signifikan dan sering membutuhkan penjepitan untuk menahannya sampai lem benar-benar terpasang dan kering.

Ini juga berarti bahwa lem kerajinan putih tidak boleh digunakan untuk objek dalam air atau yang sering basah. Lem kerajinan putih mengering dengan jelas dan agak fleksibel. Lem ini perlu 1 jam untuk mengeras, dan 24 jam untuk kering sempurna.

Lem Kayu Kuning

Lem Kayu Kuning
Lem Kayu Kuning

Lem kayu kuning juga berbasis air dan terbuat dari polimer vinil asetat yang sama dengan lem putih. Lem ini dirancang untuk bekerja dengan kayu dan harus segera ditempelkan untuk perekatan yang lebih baik dalam keadaan kering. Biasanya lem ini juga lebih kaku, sehingga lebih mudah diamplas. Beberapa lem kayu juga bisa berwarna putih dan akan jernih saat kering. Pastikan untuk membaca labelnya.

Anda dapat menambahkan serbuk gergaji atau bubuk pengisi lain untuk mengisi lubang kayu. Saat perekat kayu dipasang, lem mengering kurang dari 1 jam, namun bisa memakan waktu selama 24 jam untuk mencapai kekuatan penuh. Tersedia tiga jenis lem kayu:
  • Tipe-I menunjukkan beberapa sifat tahan air.
  • Tipe-II akan tampil lebih baik dalam kondisi eksterior. lem ini umumnya memiliki waktu buka lebih lama dan dapat mengering pada suhu yang lebih dingin. Kedua tipe I dan II dapat digunakan untuk aplikasi eksterior, seperti furnitur outdoor dan ukiran.
  • Tipe-III tidak tahan air dan dirancang hanya untuk penggunaan interior. Tipe-III baik untuk interior kayu dan dekorasi.

Super Glue (lem cyanoacrylate)

lem alteco dan lem g
lem alteco dan lem g

Ikatan lem cyanoacrylate sangat cepat dan bisa untuk beragam material. Mereka membentuk ikatan yang sangat kuat dan jernih saat kering. Permukaan yang akan direkatkan harus pas bersama untuk mencapai ikatan yang baik. Anda dapat membeli lem super dalam berbagai viskositas (ketebalan) yang memungkinkan kelonggaran dalam kinerja dan pengisian celah. Namun, lem super dapat menjadi rewel sehubungan dengan kontak dengan kulit. Secara umum, lem super ini tidak baik untuk plastik berbusa, kecuali ditentukan pada labelnya.

Cyanoacrylates berfungsi paling baik dalam aplikasi tarik yang memiliki persyaratan kekuatan benturan rendah. Anda dapat menggunakan pembersih pelarut aseton untuk pembersihan. Namun, begitu sembuh, pelarut tidak bisa lagi melarutkan perekat. Cyanoacrylates bekerja sangat baik untuk proyek kayu balsa. Tukang kayu sering menggunakan cyanoacrylate dua bagian untuk mengikat kayu trim dengan cepat.

Cyanoacrylates dapat diatur untuk kering dalam hitungan detik hingga menit, tergantung pada formulasinya. Lem mengering dengan jelas dan tahan air. Intinya Cyanoacrylates baik untuk proyek yang melibatkan: kayu, logam, keramik, kulit, kaca, dan beberapa plastik di mana garis ikatan sangat ketat. Di Indonesia yang terkenal adalah lem alteco dan lem G.

Lem panas:

lem panas dan isinya
lem panas dan isinya

Peleburan dan pendinginan polimer menyediakan metode pengiriman dan adhesi untuk lem panas. Lem panas paling umum diterapkan menggunakan lem dan tersedia dalam opsi leleh rendah (250 ° F) dan tinggi (380 ° F). Banyak jenis tersedia tergantung pada jenis polimer. Untuk melelehkan bahan polimer tersebut, dibutuhkan alat pemanas sejenis solder dengan tenaga listrik.

Lem panas dapat digunakan pada permukaan berpori dan tidak berpori. Karena viskositasnya (ketebalan) yang tinggi, ia dapat mengikat permukaan yang tidak rata menjadi satu dan sangat bagus dalam mengisi celah.Lem panas biasanya tidak digunakan dalam lem dengan kekuatan tinggi. Namun, lem tidak akan bertahan pada suhu tinggi. Namun, lem ini menyediakan perekatan yang sangat cepat untuk berbagai kerajinan tangan dan media. Ini adalah jenis lem kerajinan serbaguna yang sering kita lihat di instagram, tetapi tidak untuk digunakan oleh anak-anak.

Dengan lem panas, Anda juga dapat membuat pola untuk membentuk desain manik pada permukaan untuk tekstur dan mengecatnya untuk efek permukaan 3D. Lem panas sering digunakan untuk menambahkan hiasan bunga atau pita pada karangan bunga, ikat kepala, dan bingkai foto di mana kekakuan dan kekuatan tidak menjadi masalah.

Lem semprot

lem semprot
lem semprot

Lem semprot adalah perekat kontak yang berbasis pada pelarut yang diaplikasikan dengan semprotan. Saat menggunakan perekat semprot, penting bagi Anda untuk mengaplikasikannya di ruangan yang berventilasi agar tidak terhirup. Setelah menyemprot material, biarkan pelarut benar-benar menguap sebelum merekat untuk ikatan langsung. Setelah direkatkan, Anda tidak dapat menggeser material.

Perekat semprot dapat digunakan pada kertas, papan busa, kain, foto, dan kain kempa. Perekat kontak khusus juga tersedia dalam kaleng untuk roll atau kuas untuk proyek yang lebih besar dan lebih menuntut yang melibatkan laminasi lembaran kayu, logam, dan plastik. Perekat semprot adalah pilihan yang sangat baik untuk menempelkan wallpaper ke dinding.

Lem Kain

Lem kain dapat berupa lem putih cair seperti jenis polivinil asetat (PVA). Berbagai produk meliputi perekat kain ringan hingga berat, sehingga penting untuk mendapatkan produk yang tepat agar sesuai dengan proyek Anda. Beberapa jenis lem ini aman untuk dicuci dan dikeringkan, tetapi penting untuk membaca label lem terlebih dahulu.

Ada pilihan pita perekat nonwoven dan perekat sekering yang diperluas dalam bentuk gulungan yang baik, mulai dari yang sangat fleksibel hingga kaku untuk proyek kain dan kulit dan konstruksi garmen. Ini dapat ditemukan di toko-toko garmen dan toko kain kain. Lem ini dapat merekat secara permanen untuk ketahanan yang sangat tahan lama.

Lem Epoksi

Lem Epoksi
Lem Epoksi

Epoxies atau Epoksi umumnya adalah dua sistem bagian yang dirancang untuk perekat kinerja tinggi. Sementara epoksi dapat diformulasikan sesuai dengan banyak cara, mereka umumnya sangat keras, perekat tahan lama yang mengikat banyak substrat yang berhasil di lingkungan yang lebih ekstrim. Perekat epoksi dapat menunjukkan serangkaian fleksibilitas dan kejernihan serta kecepatan kering yang baik. Epoxies memiliki sifat mengisi celah yang sangat baik karena kekuatan kohesifnya yang tinggi.

Lem Polyurethane

Lem poliuretan mengikat berbagai permukaan benda. Lem ini dapat merekat dengan serat tekstil, logam, plastik, kaca, pasir, keramik, karet, dan kayu. Polyurethane adalah lem multiguna yang tersedia saat ini. Poliuretan dapat bekerja dengan baik pada berbagai jenis kayu, terutama pada kayu dengan kadar air tinggi atau pada kayu berminyak, di mana lem lainnya tidak sekuat ini.

Penjepitan diperlukan sampai lem benar-benar kering untuk beberapa jam. Kekuatan penuh lem ini dicapai dalam 6 hingga 8 jam untuk ikatan yang sangat kuat dan tangguh. Sebelum benar-benar kering, perekat poliuretan dapat dihilangkan menggunakan pelarut seperti aseton. Lem bisa diampelas saat kering.

Lem stik (lem batangan)

stick glue
stick glue

Lem stik sangat bagus untuk anak-anak, ini adalah perekat dengan kekuatan rendah, tetapi dapat memberikan ikatan permanen pada berbagai jenis kertas seperti kardus, papan busa, dan papan poster. Contoh aplikasinya seperti untuk menyegel amplop, menerapkan label, kerajinan kertas, proyek seni, kliping, dll.

Demikianlah mengenai jenis-jenis lem yang bisa kita temukan di toko alat tulis maupun toko bangunan. Semua lem memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi pahami dulu sebelum memilih lem yang tepat untuk proyek/kerajinan Anda.

Referensi :

  • https://www.adhesives.org/adhesives-sealants/adhesive-selection/types-of-glue-glue-tips



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter