Cushion atau bantal adalah elemen penting dalam penyelesaian desain interior rumah Anda. Bantal yang ada di rumah merupakan cerminan dari gaya dekorasi yang Anda coba ciptakan dan pilihan bantal yang indah bisa memberikan sentuhan yang bagus pada ruangan mana pun.

Jenis Bantal, Isi dan Sarung Lengkap
Jenis Bantal, Isi dan Sarung Lengkap

Untuk membantu Anda membuat keputusan, mari kita lihat berbagai jenis bantal dengan sedikit lebih detail. Mari kita mulai dengan jenis bantal yang lebih banyak tersedia, ini cenderung lebih murah karena komponennya dibuat skala besar.

Jenis Isi Bantal

Isi bantal menentukan kelembutan, tingkat kekerasan dan kenyamanan bantal sangat digunakan baik di tempat  tidur maupun untuk sofa. Sebelum memilih isi bantal, hendaknya kita tahu kelebihan dan kekurangan masing-maing bahan isi bantal sebagai berikut :

Bantal Kapuk

bantal kapuk
bantal kapuk

Sama seperti bahan kasur, bantal juga bisa diisi dengan bahan kapuk yang merupakan sejenis serat kapas. Kapuk dapat memberikan kenyamanan yang cukup baik dan bahan ini termasuk bahan yang alami. Namun kapuk mudah lembek dan kehilangan kelembutannya sehingga setiap beberapa tahun harus diganti. Selain itu kapuk juga rawan terhadap hama seperti kutu dan tungau.

Bantal lateks

bantal lateks
bantal lateks

Harganya akan cukup terjangkau dengan menggunakan bahan yang mudah didapat dan isi yang lebih umum digunakan yaitu bantal lateks. Ini banyak digunakan dalam pembuatan bantal dan jok sofa karena busa lateks cenderung mempertahankan bentuknya dengan baik dan sangat kuat dan tahan lama. Bahan ini juga mudah dipotong menjadi hampir semua bentuk atau ukuran dan ini membuatnya ideal untuk isi bantal dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Bantal Busa

bantal lateks
bantal busa

Busa pengisi bantal dibuat dari campuran poliuretan yang dikombinasikan dengan elemen lain dan dibiarkan membentuk cetakan, bisa sangat keras atau sangat lunak tergantung pada campuran yang digunakan. Busa sangat fleksibel dan juga sering dicincang menjadi potongan-potongan kecil untuk memberikan kelembutan lebih banyak pada bantal. Busa yang digunakan bisa saja busa biasa atau busa memori yang lebih lembut.

Bantal Serat berongga

bantal serat kapas
bantal serat berongga

Bahan pengisi bantal lain yang banyak digunakan dan cukup murah adalah serat berlubang. Serat ini adalah bahan yang dapat memberikan jenis bantalan lembut. Serat berongga lembut dan kenyal dan terlihat seperti kapas namun sejatinya adalah bahan buatan.

Bantal Serat Bola

bantal serat bola
bantal serat bola

Selain bantal serat berongga, ada juga bantal yang diisi dengan serat bola yang kecil-kecil dan banyak. Serat bola ini diharapkan bisa memecah beban dan memberikan kelembutan tambahan bagi pengguna bantal. Sayangnya jika bantal bocor atau berlubang, serat bola bisa keluar dan mengotori area sekitar bantal.

Bantal Bulu

bantal bulu
bantal bulu

Bahan bantal yang lebih mahal adalah bantal bulu. Semua bantal bulu bisa sangat mahal karena bahan bakunya sendiri sudah sangat mahal. Bulu dapat memberikan bantal yang sangat nyaman dan lembut.

Jenis sarung bantal

Setelah mengetahui berbagai jenis isian bantal, sekarang kita bisa lanjutkan dengan memilih jenis sarung bantal yang akan digunakan pada bantal. Memilih jenis sarung sangat penting, khususnya untuk mereka yang memiliki alergi terhadap kain atau bahan tertentu. Berikut adalah jenis-jenis sarung bantal :

Sarung bantal untuk kulit sensitif

Apakah Anda atau seseorang dalam rumah tangga mungkin memiliki kulit sensitif pada beberapa jenis kain buatan ? Jika demikian, selalu coba untuk kain alami seperti katun, sutra atau wol. Menggunakan bahan alami mungkin lebih mahal, namun sebanding dengan resiko alergi yang bisa dicegah.

Sarung bantal kain sintetis

Sebagian besar bantal saat ini menggunakan kain buatan atau campuran serat sintetis dan alami untuk menjaga harga bantal lebih murah. Poliester / katun, satin dan nilon semuanya banyak digunakan dan menjadikan sarung bantal yang tahan lama dan bisa dicuci berkali-kali.

Sarung bantal kain alami

Bantal 100% katun, wol dan sutra adalah contoh kain alami. Dengan serat kapas menjadi yang bahan yang paling tahan lama. Sutra dan wol murni itu memang sangat indah, tetapi tidak mudah dicuci dan mungkin memerlukan pembersihan khusus yang membuatnya tidak cocok saat digunakan untuk sofa keluarga yang penggunaannya sangat intens.


Sarung Bantal Bulu

sarung bantal bulu
sarung bantal bulu

Sarung bantal dengan kain berbulu merupakan jenis sarung yang sedang populer belakang ini. dengan adanya tambahan bulu sintetis yang menyerupai bulu hewan membuat bantal semakin empuk dan terkesan lebih estetis. Hanya saja menggunakan sarung ini harus lebih hati hati karena sarung bulu lebih rapuh, mudah kotor dan butuh cara perawatan khusus.

Tujuan Penggunaan Bantal

Hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah dimana akan Anda gunakan bantal-bantal ini, karena hal tersebut akan membedakan jenis bantal yang Anda butuhkan. Ada bantal agar sesuai dengan semua ruangan, mulai dari sofa di ruang tamu hingga bantal yang digunakan di kamar tidur.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang bebas masuk ke dalam rumah, maka jenis bantal Anda mungkin harus yang lebih keras dan tahan lama, bisa dicuci dan mungkin tahan noda. Jika Anda hanya ingin beberapa bantal cantik menumpuk di tempat tidur Anda maka mungkin bisa gunakan bahan isian dan kain penutupnya yang lebih dekoratif meskipun tidak terlalu kuat.

Ukuran & bentuk Bantal

Ukuran dan bentuk bantal adalah hal lain untuk dipertimbangkan dan ada beberapa ukuran dan bentuk standar untuk dipilih di toko. Kebanyakan bantal biasa cenderung sekitar 40-50 cm persegi, tetapi bantal yang lebih besar juga sedang tren di tahun ini. Namun kita juga bisa memilih bantal bulat sebagai alternatif.

Kesimpulan

Bantal bisa digunakan untuk membawa gaya desain dan kenyamanan ke rumah dan masing-masing kamar. Penambahan bantal ke kamar Anda dapat menghadirkan dimensi baru, menambahkan warna, pola, dan elemen tekstur dan menjadi opsi dekorasi yang murah namun cukup terlihat perbedaannya.