Cara Mengatur Meja Makan : Pengaturan Meja Dasar, Casual dan Formal - Arsitur Media Desain

Cara Mengatur Meja Makan : Pengaturan Meja Dasar, Casual dan Formal

- 5/07/2019


Cara mengatur meja makan menjadi pengetahuan umum, tetapi di dunia yang cepat dan sibuk saat ini, mengetahui cara mengatur meja makan mungkin jarang diketahui. Jika Anda bermaksud menyelenggarakan acara makan siang, pesta makan malam, buka puasa bersama atau makan malam reunian yang besar namun tidak tahu cara mengatur meja makan, maka artikel ini siap membantu Anda.

Berikut adalah petunjuk terperinci tentang cara mengatur meja dengan benar untuk tiga situasi yang berbeda, dari makan malam bersama keluarga yang santai hingga pesta makan malam yang formal. Untuk membuatnya lebih mudah, kami telah menyertakan diagram pengaturan meja untuk setiap skenario sehingga Anda dapat dengan mudah membayangkan di mana harus menempatkan setiap piring, serbet, garpu, dan pisau.

01. Cara Mengatur Meja Makan Dasar (Basic)

01. Cara Mengatur Meja Makan Dasar (Basic)
01. Cara Mengatur Meja Makan Dasar (Basic)

Jika Anda menyiapkan berbagai hal untuk makan malam setiap hari atau sarapan akhir pekan, Anda mungkin ingin tahu cara mengatur meja dengan benar. Untuk acara santai, orang hanya perlu pengaturan meja dasar yang meliputi: tatakan, alat makan (garpu, pisau, dan sendok), piring makan, gelas air, dan serbet.

Jika Anda mau, Anda dapat mengatur serbet di atas piring, meskipun beberapa orang berpikir ini dapat menciptakan kesan yang lebih formal. Sekarang setelah Anda mengetahui aturan pengaturan meja makan dasar, perhatikan gambar di atas.

02. Cara Mengatur Meja Makan Casual (Santai)

02. Cara Mengatur Meja Makan Casual (Santai)
02. Cara Mengatur Meja Makan Casual (Santai)

Mengetahui cara mengatur meja casual akan berguna ketika Anda ditugaskan untuk mengetahui cara mengatur meja informal untuk kumpul-kumpul atau pesta makan malam yang bersifat casual (santai). Pada dasarnya, pengaturan meja dasar dan pengaturan meja kasual hampir identik, tetapi dalam pengaturan meja kasual, ada penambahan mangkuk sup dan piring makan.

Sebagai aturan umum, tentukan gelas, peralatan makan, dan sendok garpu yang akan Anda gunakan. Jika Anda tidak memiliki hidangan salad, yang perlu Anda tetapkan adalah garpu untuk makan malam. Jika Anda hanya menyajikan satu jenis minuman, gelas lain mungkin tidak diperlukan, namun kita biasanya menyediakan minimal 2 gelas untuk minuman utama dan air putih. Dan jika tidak ada sup, abaikan mangkuk dan sendok sup.

Hidangan pencuci mulut biasanya hanya disiapkan untuk pengaturan tempat yang lebih formal, tetapi Anda masih dapat menggunakan pencuci mulut dalam pengaturan meja kasual jika Anda mau, pastikan itu dibuat dengan gaya yang lebih santai.

Jika Anda menggunakan botol garam dan merica terpisah untuk setiap tamu, letakkan di atas tatakan. Jika tidak, letakkan di dekat bagian tengah meja, atau, jika menggunakan meja yang panjang dan persegi, letakkan di tengah setiap ujungnya.

03. Cara Mengatur Meja Makan Formal

03. Cara Mengatur Meja Makan Formal
03. Cara Mengatur Meja Makan Formal

Jika Anda mengadakan pesta makan malam yang elegan dan formal, Anda mungkin ingin tahu cara mengatur meja untuk hidangan tiga macam. Editor rumah Real Simple, Stephanie Sisco mengatakan perbedaan terbesar antara meja kasual dan meja formal adalah penggunaan charger plate.

Secara tradisional, pengaturan tempat makan formal juga cenderung mengabaikan alas piring, tetapi dia mengatakan Anda dapat memilih untuk menggunakan tatakan bundar di bawah charger plate untuk tampilan yang bahkan lebih formal.

Pengaturan meja formal mencakup banyak peralatan makan meliputi : taplak meja, charger plate, piring makan, mangkuk sup, piring salad, piring roti, serbet, garpu salad, garpu makan, pisau, sendok sup, pisau mentega, sendok makanan penutup, gelas air, gelas anggur dan gelas minuman lain.

Meskipun ini mungkin terdengar luar biasa, jika Anda tahu cara mengatur meja santai, maka ini adalah tips yang sangat mudah untuk mengetahui cara mengatur meja dengan charger plate. Setelah hidangan sup selesai dan mangkuk dibersihkan, piring salad akan mengambil posisi mangkuk sup.

Charger plate memegang tempat untuk piring makan, dan dihapus setelah salad sehingga tempat makan pernah kosong. Jika Anda tidak ingin membersihkan meja setelah sup dan mengeluarkan piring makan, Anda dapat meletakkan piring makan di atas charger plate.



Demikianlah mengenai Cara Mengatur Meja Makan, mulai dari Pengaturan Meja Dasar, Casual dan Formal. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter