Skip to main content

5 Cara Cepat Menjual Rumah untuk Pribadi dan Bisnis Property

Baik dalam hal menjual rumah sendiri atau bisnis jual beli rumah, pertanyaan yang sama selalu muncul yaitu bagaimana cara menjual rumah dengan cepat ? Sementara kita semua tahu, keputusan membeli rumah adalah sesuatu yang rumit.

5 Cara Cepat Menjual Rumah untuk Pribadi dan Bisnis Property
5 Cara Cepat Menjual Rumah untuk Pribadi dan Bisnis Property


Berikut ini cara cepat dan tepat menjual rumah yang bisa Anda terapkan agar pembeli lebih cepat tertarik dengan rumah yang Anda tawarkan. Ini adalah tips yang bisa diterapkan untuk cara jual rumah online ataupun offline.

01. Survey Harga Pasar

Lakukan survey harga pasar rumah di daerah sekitar rumah Anda. Hasil survey bisa diperoleh dari menanyakan pemilik rumah yang baru menjual rumahnya atau membuka iklan penawaran jual rumah secara online. Anda bisa juga survey di situs jual beli rumah seperti OLX, rumah123 dll yang terdapat rumah di daerah sekitar Anda.

Harga rumah yang tampil paling sering (pada kisaran tertentu), adalah harga rata-rata pasar properti rumah. Jangan terjebak pada satu dua hasil, bisa saja harga tersebut palsu atau malah terlalu mahal, bandingkan setidaknya 7-10 rumah untuk menilai harga rata-rata.

02 Strategi Jual Cepat Harga Murah

Jika kecepatan menjual rumah adalah hal yang utama, kita bisa memberikan sedikit diskon dengan mengurangi harga. Tentukan target harga penjualan, jika mau cepat terjual maka berikan harga sekitar 80% dari hasil survey di atas.

Semakin murah harga target yang ditetapkan tentu semakin besar peluang rumah cepat terjual. Namun harus dipastikan bahwa harga tersebut masih menguntungkan bagi Anda, terutama bila digunakan untuk bisnis properti. Namun kondisi bisnis properti yang tidak stabil cenderung membuat harga rumah tidak terprediksi.

03. Gunakan Semua Saluran Penjualan

Jual rumah online mungkin bagus, tapi lebih bagus lagi jika Anda jual online dan oflline sekaligus, siapa tahu orang terdekat di sekitar Anda justru tertarik membeli rumah Anda. Gunakan semua saluran informasi untuk mengiklankan rumah.

Situs jual rumah seperti OLX dan rumah123, media cetak, info dari mulut ke mulut orang-orang yang Anda temui, spanduk “Rumah ini dijual”. Siapkan juga nomor kontak yang dapat dihubungi di iklan yang dipasang. Jika tidak ingin repot, pisahkan nomor HP utama Anda dengan nomor HP untuk menjual rumah agar dikemudian hari saat rumah terjual, tidak ada yang mengganggu lagi.

04. Konsisten Pada Rencana Penjualan

Seperti kata pepatah, Orang berjualan tidak boleh malu-malu. Lebih baik langsung saja dinyatakan bahwa harga rumah yang ditawarkan tersebut sudah Nett atau No Nego. Anda juga harus tanggap dalam menerima telepon masuk, meskipun namanya tidak terdaftar di daftar kontak.

Seringkali sebagai penjual kita harus bersabar meladeni calon pembeli yang banyak bertanya tentang rumah yang kita tawarkan, meskipun ujung-ujungnya tidak jadi membeli . Siapkan waktu luang yang cukup apabila ada calon pembeli yang meminta melihat kondisi langsung rumah Anda.

05. Pastikan Administrasi dan Izin Rumah Lengkap

Jika ingin cepat dan pasti  terjual, pastikan kembali surat-surat rumah tersebut telah lengkap dan masih berlaku, seperti IMB dan SHM. Jika posisi rumah ada di pinggir jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat (mobil), maka kita bisa menawarkan kepada pembeli kredit rumah melalui bank, dimana rumah tersebut dijadikan jaminan oleh bank. Bank bisa mengucurkan kredit hingga 80% dari harga rumah sesuai kondisi.

Demikianlah mengenai Cara Cepat Menjual Rumah yang mungkin bisa Anda terapkan untuk membantu mempercepat rumah Anda mendapatkan pembeli. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Referensi :

  • Pengalaman pribadi
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar