Skip to main content

Bonsai : Pengertian dan Jenis Tanaman yang Biasa Dipakai

Kata "Bonsai" (sering salah eja sebagai bonzai atau banzai) adalah istilah Jepang yang berarti "Ditanam dalam Wadah". Kata "Bon" adalah pot atau mangkuk tipis atau panci seperti nampan. Sementara kata “Sai” adalah pohon atau tanaman lain yang ditanam. jadi “Bonsai” berarti “pohon yang ditanam di wadah dangkal“.

Ficus Retusa, Bonsai
Ficus Retusa

Karakteristik Bonsai

  • Berikut adalah karakteristik tanaman pot bonsai yang secara umum biasanya ditemukan :
  • Profil yang tidak sedetail pohon asli tetapi memiliki ciri yang cukup untuk dengan mudah menunjukkan jenis pohon dewasa.
  • Kecilnya relatif, dibandingkan dengan pohon-pohon asli, untuk kemudahan transportasi dan kemampuan untuk disimpan di mana saja, terutama di dalam rumah.
  • Rasa kealamian yang telah diciptakan oleh intervensi manusia untuk lansekap.
  • Representasi khusus dari sesuatu yang jauh lebih dari bentuk itu sendiri, dan memungkinkan setiap orang untuk menafsirkan apa yang ditampilkan pada bonsai berdasarkan pengalaman dan ingatan seseorang.
  • Bonsai memiliki makna sesuatu dipegang dengan sangat hormat dan untuk sementara waktu dibawa ke rumah untuk tamu terhormat
  • Sebuah pohon / taman miniatur portabel atau dapat diangkut yang dapat mewakili musim dan lanskap favorit yang dekat untuk meditasi atau kontemplasi (tindakan mencari sesuatu dengan serius).

Wadah untuk Bonsai

Wadah untuk pohon-pohon mini ini bisa menjadi disesuaikan dengan minat tersendiri. Dibuat secara tradisional di Cina dan kemudian Jepang, wadah bonsai yang sebagian besar dibuat dari gerabah ini semakin banyak dibuat oleh pengrajin profesional dan amatir di seluruh dunia!

Menyesuaikan antara wadah dengan pohon bonsai yang dirancang bisa menjadi tantangan yang luar biasa. Wadah harus mendukung pohon bonsai serta menjadi bingkai yang menarik tetapi tidak menghilangkan kesan bonsai itu sendiri. Tujuan utama Bonsai adalah untuk menciptakan gambaran alam yang realistis. Beberapa jenis pohon Bonsai yang semakin kecil (beberapa inci), semakin menjadi abstrak, menyerupai alam dengan cara yang lebih tepat.

Jenis Tanaman untuk Bonsai

Beberapa Jenis pohon terbaik yang biasanya digunakan untuk bonsai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia diantaranya sebagai berikut :
01. Maple
02. Cemara
03. Wisteria
04. Baobab
05. Beringin
06. Bougenville
07. Adenium
08. Azalea
09. Pinus
10. Sakura
11. Delima
12. Anting Putri
13. Santigi
14. Fuschia
15. Bodhi tree (Ficus Religiosa)
16. Cotoneaster horizontalis
17. Common Beech (Fagus sylvatica)
18. Boxwood
19. Pomegranate
20. Juniper
21. Ficus Retusa
22. Ficus Benjamina
23. Jade
24. Crape Myrtle
25. Fukien tea (Carmona retusa)
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar