Arsitek Legendaris I.M. Pei dan Bangunan Ikonik Hasil Karyanya - Arsitur Media Desain

Arsitek Legendaris I.M. Pei dan Bangunan Ikonik Hasil Karyanya

- 5/18/2019


Arsitek China-Amerika, I.M Pei telah meninggal dunia pada usia 102 tahun. Karier Pei yang luar biasa eksis selama tujuh dekade, dan meliputi desain beberapa bangunan paling ikonik di dunia. Pei memenangkan sejumlah penghargaan untuk karyanya, termasuk Medali Emas Royal, Medali Emas AIA, Medali Kebebasan Presiden, Praemium Imperiale dan Hadiah Pritzker 1983.

Rock and Roll Hall of Fame
Rock and Roll Hall of Fame

Terkenal karena materialitas dan keanggunannya yang bersahaja, bangunan karya Pei mulai dari gedung perkantoran, museum seni hingga bangunan sipil, serta gayanya yang berbeda berkembang seiring waktu. Dari Perpustakaan dan Museum Kepresidenan John F. Kennedy di Boston hingga Museum Seni Islam di Doha, Qatar, sang arsitek memperlihatkan kemampuan luar biasa untuk merespons beragam masalah desain secara singkat dan sesuai konteks selama puluhan tahun. Kumpulan contoh karya berikut adalah beberapa di antara karya paling bergengsi dari Pei.

01. Place Ville-Marie, Montreal, Canada (1962)

Place Ville-Marie
Place Ville-Marie

Place Ville Marie adalah salah satu bangunan karya pertama oleh I.M. Pei dalam kemitraannya dengan Henry N. Cobb, dan mengubah kaki langit Montreal pada saat penyelesaiannya Bangunan ini adalah gedung pencakar langit tertinggi ketiga di Dunia di luar Amerika Serikat. Place Ville Marie tetap merupakan contoh berani dari Gaya Arsitektur Modern Internasional, dan menjadikan Pei dan perusahaannya sebagai pendukung utama arsitektur Modernis.

02. Luce Memorial Chapel, Taichung, Taiwan (1963)

Luce Memorial Chapel
Luce Memorial Chapel

Salah satu bangunan paling mencolok karya Pei adalah Luce Memorial Chapel yang selesai dibangun pada tahun 1963 dan berdiri sebagai landmark utama untuk Universitas Tunghai. Awalnya dirancang sebagai multi-planar dengan struktur kayu, namun sistem struktural diubah karena masalah seismik. Sebagai gantinya, sebuah grid elegan dari balok beton bertulang digunakan untuk menahan setiap bidang bangunan yang bentuknya menukik, memberi kapel ini bentuk yang unik dan ikonik.

03. Mesa Laboratory(National Center for Atmospheric Research), Boulder, Colo. (1967)

Mesa Laboratory
Mesa Laboratory

Sebagai contoh kecintaan Pei terhadap perpaduan gaya Modernis dan vernakular, maka bisa kita lihat pada contoh bangunan Mesa Laboratory. Bangunan ini terkenal dengan arsitekturnya yang diilhami dari Anasazi dan penggunaan beton bush-hammered, yaitu bahan yang umum di daerah tersebut. Meletakan desain pada rumah tebing yang luar biasa di Mesa Verde. Pei mengatakan dia ingin pusat penelitian itu terlihat seolah-olah itu diukir keluar dari gunung. Bangunan itu bernama Laboratory of the Year setelah dibuka pada tahun 1967.

04. Dallas City Hall, Dallas (1977)

Dallas City Hall
Dallas City Hall

I.M. Pei menggunakan prisma terbalik untuk bangunan Balai Kota Dallas. Karya ini adalah hasil langsung dari persyaratan program bangunan, lebih sedikit ruang yang dibutuhkan untuk area publik dan layanan warga dibandingkan dengan kantor pemerintah. Pei merancang bangunan untuk bertindak sebagai jantung kota. Ketika Pei merancang balai kota, maka itu harus manggambarkan orang-orang, dan harus mewakili orang-orang Dallas.

05. East Building, National Gallery of Art, Washington, D.C. (1978)

East Building, National Gallery of Art
East Building, National Gallery of Art

Kontribusi Pei juga ada pada Galeri Seni Nasional di Washington, D.C yang sangat kontras dengan bangunan neoklasik asli John Russell Pope. Fasad-fasad batu berwarna hangat dan skala rasa monumental dirancang untuk memberi penghormatan kepada bangunan yang lebih tua, tetapi Pei menghindari ornamen dan fenestrasi yang rumit untuk membentuk bangunan sayap yang benar-benar modern untuk karya bersejarah ini.

06. John F. Kennedy Presidential Library and Museum, Boston (1979)

John F. Kennedy Presidential Library and Museum
John F. Kennedy Presidential Library and Museum

Menyusul tragedi pembunuhan John F. Kennedy, diperlukan sebuah karya arsitektur yang kuat dan sarat makna untuk Perpustakaan Kepresidenan, yang akan berdiri sebagai penghargaan yang pantas untuk salah satu pemimpin paling populer di Amerika yaitu John F. Kennedy. Pei mewujudkannya dengan menyusun bentuk yang mencolok dari beton dan kaca yang menjadi ikon instan bagi Boston. Arsitek menganggap ini sebagai karya yang paling penting dalam hidupnya.

07. Bank of China Tower, Hong Kong (1989)

Bangunan ini dianggap sebagai salah satu gedung pencakar langit paling ikonik di Hong Kong. Bank of China Tower adalah konstruksi asimetris yang memukau yang terletak di pusat cakrawala kota. Menara setinggi 70 lantai ini menjadi lokasi distrik bisnis besar Hong Kong dan berfungsi sebagai simbol ambisi rakyat Tiongkok dan niat baik terhadap koloni Inggris. Desainnya berbentuk sebuah prisma yang dilapisi dengan kaca reflektif, terinspirasi oleh pola pertumbuhan tanaman bambu.

08. Louvre Pyramid and La Pyramide Inversée, Louvre, Paris, France (1993)

Setelah hampir 25 tahun berdiri, piramida kaca dan baja yang berfungsi sebagai pintu masuk utama Louvre Museum adalah salah satu karya I.M. Pei yang terkenal. Desain yang praktis, mengurangi kerumitan di galeri dan memungkinkan museum untuk memperluas koleksinya, proyek tengara ini telah menjadi identik dengan museum dan kota Paris. Struktur kristal, penggambaran yang sempurna terhadap gaya Renaissance Prancis museum, cocok dengan proporsi Piramida Giza yang terkenal. Bangunan ini memiliki tinggi 22 meter dengan sisi miring 30 meter, piramida ini mengundang pengunjung di awam untuk menjelajahi museum bersejarah ini.

09. Rock and Roll Hall of Fame, Cleveland, Ohio (1995)

Rock and Roll Hall of Fame, Cleveland, Ohio (1995)
Rock and Roll Hall of Fame, Cleveland, Ohio (1995)

Sehari setelah pembukaannya pada tahun 1995, Herbert Muschamp menulis bahwa Rock and Roll Hall of Fame menampilkan bentuk geometris ikonik yang dilipat keluar dari tengah menara enam lantai, membentuk penampakan bangunan dalam logam dan kaca . Pada dasarnya, ini menyamakan arsitektur dengan gaya Elvis Presley, Muschamp membuat desain 150.000 kaki persegi ini sebagai fungsi integral yang tak terpisahkan.

Bangunan ini menjadi tuan rumah sebuah museum yang didedikasikan untuk pelestarian sejarah musik rock Amerika. Visi I.M. Pei dalam bangunan ini adalah untuk menampilkan tenda kaca tetrahedral yang terletak di belakang menara setinggi 165 kaki yang menghubungkan ruang teater yang menjorok keluar ke Danau Erie. Interiornya memiliki atrium menjulang tinggi yang dipenuhi sinar matahari dan ruang museum bawah tanah seluas 55.000 kaki persegi.

10. Miho Museum, Shiga, Japan (1997)

Miho Museum
Miho Museum

Pewaris tekstil Jepang Mihoko Koyama meminta Pei untuk merancang museum yang luar biasa dalam lanskap berbukit dan berhutan. Pemilik menyebut proyek itu sebagai Shangri-La, yang menampung koleksi pribadi barang antik dari Asia dan Barat Koyama. Sepertiga dari bangunan itu dirancang di bawah tanah dan diukir dari batu. Atapnya menampilkan rangka kaca dan baja besar di bagian dalam, sementara dinding dan lantai bangunan ditutupi dengan batu kapur berwarna krem mirip Louvre di Paris.

11. Museum of Islamic Art, Doha, Qatar (2008)

Museum Seni Islam seluas 376.740 ft2 ini terletak di lepas pantai Corniche Doha, menciptakan pulau pribadinya sendiri yang didedikasikan untuk koleksi dan pelestarian seni Islam. Bangunan geometris ini naik dari laut dalam dengan bentuk konstruksi tunggal yang memiliki atrium kubah yang menjulang tinggi. Dibangun dari batu kapur berwarna krem, granit, dan stainless steel, museum ini terbagi sebagai bangunan utama berlantai lima dan dua lantai sebagai fungsi pendidikan. Fasad utara museum ini memiliki dinding tirai kaca yang menunjukkan pemandangan Teluk dan Teluk Barat yang luas di Doha.

12. Macao Science Center (in association with Pei Partnership Architects), Macau (2009)

Pusat Sains Macao karya Pei memiliki luas 23.000 meter persegi, ini adalah fasilitas budaya dan pendidikan berbalut aluminium yang mengkilap yang terletak di pantai Macao, di seberang Hong Kong. Ketika selesai pada tahun 2009, bentuk kerucutnya yang asimetris langsung dikenali sebagai simbol Makao. Desainnya yang khas terlihat pada tangga spiral yang berkilau, atrium yang menjulang tinggi, dan planetarium berkapasitas 150 kursi. Museum ini memiliki galeri pameran interaktif, fasilitas konferensi, dan ruang pendidikan.

Demikianlah beberapa karya arsitek I.M. Pei yang terkenal dan ikonik di dunia. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter