Skip to main content

7 Alternatif Desain Interior Minimalis yang Bisa Dicoba

Konsep hidup minimalism adalah sebuah tren baru yang sedang berkembang dekade terakhir. orang-orang mulai berpikir untuk membuat hidupnya menjadi lebih sederhana, mengurangi hal-hal yang dianggap kurang penting. Hal ini biasanya cocok untuk mereka yang hidup di kota dengan kepadatan aktivitas yang tinggi.

Gaya hidup minimalism mempengaruhi gaya desain rumah terutama interior rumah mereka. Kehidupan yang dinamis, cepat dan padat aktivitas membuat sebagian orang ingin memiliki rumah yang simple, menata ruangan menjadi interior rumah minimalis namun tetap elegan. Untuk itu, berikut ini 7 7 Alternatif Desain Interior Minimalis yang bisa dicoba untuk kaum milenial yang baru memiliki rumah :

01. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Putih Bersih

01. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Putih Bersih
01. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Putih Bersih

Putih, bersih, luas terang namun elegan adalah konsep interior rumah minimalis yang sangat ideal dan sangat sesuai dengan gaya rumah minimalis. Konsep interior rumah minimalis putiih bersih artinya mengurangi benda-benda yang ada di rumah.

Mungkin beberapa dari kita menyadari bahwa tidak semua perabotan di rumah memiliki fungsi yang dipakai setiap hari, beberapa diantara perabotan itu mungkin hanya digunakan sekali saja. Sejatinya kita tidak perlu mengisi rumah dengan terlalu banyak benda, cukup beberapa yang penting dan vital.

Dengan mengurangi benda-benda yang ada di ruangan otomatis kita bisa membuat ruangan terlihat menjadi lebih luas dan bersih serta mengurangi biaya untuk membeli perabotan. Untuk pilihan warna bernuansa putih merupakan cerminan dari karakter yang simple. Warna putih bisa dikombinasikan dengan warna aksen lembut untuk mempercantik ruangan.

02. Interior Rumah Minimalis dengan Ruang Mengalir

https://3.bp.blogspot.com/-NL7RyRtelos/W_Aq6ONw96I/AAAAAAAAEZI/GbZ-tdclKUQ4x60ViJ59NLvBWgV5QSn3ACK4BGAYYCw/s1600/split-level-living-room.jpg
02. Interior Rumah Minimalis dengan Ruang Mengalir


Ruang yang mengalir maksudnya adalah mengurangi tembok dan pintu yang memisahkan ruangan-ruangan yang ada di rumah. Sebut saja misalnya ruang makan dan dapur yang sejatinya tidak perlu dipisah, cukup diberikan sedikit jarak atau perbedaan warna furniture untuk memberi kesan batas ruangan.

Tujuan dari mengurangi batas tembok dan pintu ini adalah untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan suasana menjadi lebih hidup. Bayangkan jika rumah minimalis yang biasanya relatif kecil harus dibagi-bagi menjadi banyak ruang dengan tembok, pasti terlihat sangat sempit. Untuk itu, mengurangi batas tembok adalah solusi terbaik. Namun tidak semua ruangan bisa dihilangkan temboknya, area privat seperti kamar tidur dan toilet tentu tidak bisa.

03. Interior Rumah Minimalis dengan Taman Indoor

03. Interior Rumah Minimalis dengan Taman Indoor
03. Interior Rumah Minimalis dengan Taman Indoor

Rumah minimalis mungkin tidak memiliki dekorasi yang tidak berfungsi, apalagi interiornya juga terasa polos. Untuk itu, dalam menata interior rumah minimalis juga sangat cocok apabila disisipi taman indoor yang akan membuat suasana ruang lebih hidup. Hal ini juga akan memberikan sentuhan dekoratif yang berfungsi di dalam ruangan.

Taman indoor bisa dibuat dengan pot kecil, diletakan di dekat jendela agar tanaman tetap bisa berfotosintesis. Atau jika tidak memungkinkan tanaman hidup, kita masih bisa menggunakan tumbuhan buatan untuk membuat suasana menjadi lebih hijau.

04. Interior Rumah Minimalis dengan Jendela Besar

04. Interior Rumah Minimalis dengan Jendela Besar
04. Interior Rumah Minimalis dengan Jendela Besar - freshome.com

Rumah minimalis juga cocok diberi bukaan besar karena hal ini akan berdampak pada terangnya interior ruangan. Bukaan ini akan membantu mengurangi lembab di ruangan dan membuat sinar alami masuk. Bukaan jendela besar akan lebih baik jika diarahkan ke taman belakang untuk tetap melindungi privasi.

Namun jika ingin membuat bukaan jendela besar, harus memikirkan overstek sehingga terik matahari tidak masuk ke ruangan yang akan membuat suhu ruangan panas. Sebaiknya jendela ini tetap diberi gorden tebal atau "black out" untuk melindungi ruangan dari panas matahari. Bukaan besar ini bagusnya dibuka pada pagi dan sore hari.

05. Interior Rumah Minimalis dengan Kayu

05. Interior Rumah Minimalis dengan Kayu
05. Interior Rumah Minimalis dengan Kayu - home-designing.com

Interior rumah minimalis juga sangat cocok bila dikombinasikan dengan bahan kayu. Serat kayu yag indah bisa menjadi cara untuk mengisi kekosongan elemen dekoratif di dalam ruangan. Selain itu, penggunaan kayu juga bisa memberikan kesan hangat dan natural di dalam ruangan.

Kayu-kayu tersebut bisa diterapkan untuk elemen ruang seperti lantai atau ceiling, furniture atau keduanya. Namun sebaiknya ditakar juga penggunaan elemen kayu agar tidak terlalu berlebihan sehingga tidak mengubah interior rumah minimalis menjadi rumah kayu.

06. Interior Rumah Minimalis dengan Batu Alam

06. Interior Rumah Minimalis dengan Batu Alam
06. Interior Rumah Minimalis dengan Batu Alam

Selain menggunakan kayu, interior rumah minimalis juga bisa dibangun dengan menggunakan batu alam untuk memberikan kesan alami dan sejuk di ruangan. Batu alam merupakan material yang bisa memberikan keindahan tekstur sebagai elemen dekoratif dan mudah ditemukan di Indonesia.

Meskipun dipasang untuk interior, batu alam memiliki kerentanan terhadap lumut dan pelapukan alami. Oleh karena itu batu alam perlu mendapat sentuhan finishing dengan coating atau lapisan clear untuk melindunginya dari potensi lumut yang mungkin masuk ke ruangan.

07. Interior Rumah Minimalis dengan Furniture Kompak

03 Meja yang dapat dilipat ke dinding
Furniture kompak

Dalam memilih furniture untuk interior rumah minimalis sebaiknya memilih furniture yang multifungsi. Hal ini dapat menghemat penggunaan ruang dan lebih sedikit perabotan yang harus diurus di ruangan. Dalam hal ini furniture kompak dan multifungsi bisa menjadi alternatif yang sekarang bisa ditemukan di banyak tempat.

08. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Industrial

08. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Industrial
08. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Industrial

Interior rumah minimalis juga bisa dibuat dengan nuansa industrial. Dalam hal ini, bahan yang akan banyak digunakan adalah logam. Kita bisa membuat kesan industrial dengan memberikan nuansa abu dan material logam pada elemen ruang seperti pintu dan jendela, furniture dan lampu-lampu namun tetap dengan bentuk yang simple dan minimalis.

Demikianlah mengenai 7 Alternatif Desain Interior Minimalis yang bisa dicoba saat menata interior rumah Anda. Dengan memiliki konsep ini, Anda akan bisa menentukan budget yang harus dibutuhkan untuk membeli keperluan dalam ruangan. Namun ide alternatif yang disajikan di atas bisa saling dikombinasikan sesuai selera.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar