5 Ornamen Khas Ramadhan ini Siap Menghiasi Ruangan - Arsitur Media Desain

5 Ornamen Khas Ramadhan ini Siap Menghiasi Ruangan

- 5/29/2019


Memasuki Bulan Suci Ramadhan, banyak ornamen bernuansa islami yang digunakan untuk menghias wajah kota dan bangunan, tidak terkecuali rumah-rumah masyarakat. Hiasan ini menjadi ciri khas setiap tahun saat datangnya Hari Raya Lebaran.

Menghadirkan ornamen Ramadhan sebagai dekorasi rumah tentu saja dapat memeriahkan suasana Lebaran di rumah. Berikut ini Arsitur menghimpun beberapa jenis ornamen yang biasanya digunakan untuk menghiasi suasana lebaran di Indonesia :

01. Bulan dan Bintang

5 Ornamen Khas Ramadhan ini Siap Menghiasi Ruangan
5 Ornamen Khas Ramadhan ini Siap Menghiasi Ruangan

Simbol bulan bintang yang berdekatan ini sangat dekat dengan nuansa arsitektur islam. Bulan sabit identik dengan pergantian menuju bulan baru. Bahkan di beberapa masjid digunakan sebagai bagian puncak.

Hiasan ini bisa diterapkan di rumah dengan menggunakan potongan kertas kilau yang digantung di dinding atau di atas dekorasi meja Lebaran.

02. Kaligrafi

02. Kaligrafi
02. Kaligrafi

Kaligrafi tulisan Arab juga bisa digunakan sebagai hiasan meja atau tempelan di dinding sebagai hiasan. Kaligrafi menjadi sesuatu yang istimewa yang dapat dibuat dalam bentuk 2D maupun 3D. Uniknya, kaligrafi ini dapat dibuat sangat indah bahkan sekilas terlihat seperti sesuatu yang lain, misalnya mirip perahu.

03. Ketupat

03. Ketupat
03. Ketupat

Tentunya ketupat menjadi salah satu menu makanan yang sangat klasik ketika merayakan lebaran di Indonesia. Anyamannya kini tak hanya digunakan untuk menyimpan beras dan dimasak, tapi juga seringkali digunakan sebagai dekorasi lebaran.

Anyaman ketupat yang biasanya dibuat dari daun kelapa dapat diganti dengan bahan non organik seperti pita atau kertas sehingga cocok digunakan sebagai elemen dekorasi rumah saat Ramadhan tiba.

04. Bintang Segi Delapan

04. Bintang Segi Delapan
04. Bintang Segi Delapan

Dalam beberapa catatan sejarah dunia, bintang segi delapan menjadi simbol yang digunakan beberapa budaya di seluruh dunia. Tidak saja dalam seni budaya, namun simbol ini juga digunakan sebagai ikonografi religius termasuk Islam. Beberapa contoh penggunaan bintang segi delapan terlihat dalam arsitektur kuno, artefak, astrologi, dan di tempat ibadah.

Dalam literatur Islam, bintang segi delapan ini dikenal sebagai Rub el Hizb yang digambarkan dalam bentuk dua kotak tumpang tindih, dimana simbol ini juga ada pada beberapa emblem dan bendera. Hiasan bintang segi delapan ini dapat juga digunakan untuk tema dekorasi rumah saat lebaran dengan membuatnya pada ukuran yang tepat.

05. Kubah

05. Kubah
05. Kubah

Kubah sudah menjadi simbol arsitektur yang identik dengan masjid. Elemen atap ini bentuknya sering ditiru dan dijadikan hiasan dalam rumah saat lebaran.

Hiasan kubah biasanya berbentuk siluet masjid lengkap dengan menara tinggi di samping kubah. Bentuk ini diadaptasi dengan menambahkan bulan bintang di atasnya.

Demikianlah mengenai ornamen hiasan rumah yang identik saat lebaran. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

https://islamidia.com/bintang-segi-delapan-rub-el-hizb-simbol-kemakmuran-islam/



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter