Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer - Arsitur Media Desain

Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer

- 4/14/2019


Kuas, Roller dan Sprayer (Penyemprot) adalah tiga alat utama yang paling sering digunakan dalam pekerjaan mengecat. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini Arsitur akan membahas perbandingan antara alat cat kuas, roller dan spayer beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing :

Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer
Perbandingan Alat Cat : Kuas vs Roller vs Sprayer

01. Kuas (Brush)

Alat mengecat dan melukis tertua yang dikenal manusia, kuas cat sering dibayangi oleh roller dan sprayer karena kemampuan mereka untuk menangani proyek yang lebih besar. Namun, kuas masih memiliki kegunaannya dan masih dapat menangani beberapa tugas lebih baik daripada saudara-saudaranya yang lebih muda.

Kelebihan

Karena kuas cat dirancang agar sesuai dengan ruang sempit, mereka sangat baik ketika digunakan mengecat area kecil, detail halus, dan tekstur yang ditemukan pada dekorasi, tepi, dan sudut. Alat yang jauh lebih tepat daripada sprayer atau roller, kuas memungkinkan kontrol yang lebih baik dan untuk menutupi celah dan tepi.

Ada berbagai ukuran dan bentuk yang tersedia, sehingga Anda selalu dapat menemukan kuas yang tepat untuk hampir semua proyek. Cat yang diaplikasikan dengan kuas menampilkan daya rekat yang baik dan cakupan yang seragam.

Kekurangan

Di sisi lain, cara kuas dalam melakukan pengecatan tidak lebih cepat dan bisa menjadi tugas yang sulit, memakan waktu, dan menuntut fisik yang akan membuat Anda kelelahan dalam banyak kasus. Proses mengecat monoton dan membosankan dengan kuas adalah apa yang mengilhami penemuan roller cat dan sprayer cat, sehingga fakta seharusnya tidak mengejutkan.

Sejauh ini, kuas adalah metode pengecatan paling lambat karena membutuhkan lebih dari satu lapisan untuk mencapai efek yang diinginkan. Terkadang, kuas dapat bermasalah dengan sudut dan celah jika Anda tidak memiliki ukuran atau gaya yang tepat dan kuas cenderung meninggalkan bekas goresan ketika Anda selesai mengecat.

02. Roller

Alat yang satu ini telah lama menjadi favorit kontraktor cat dan pemilik rumah sendiri. Upgrade utama dari kuas cat tradisional, roller ini mampu menangani proyek-proyek yang lebih besar, tetapi tidak cukup besar seperti tugas-tugas yang ditugaskan untuk sprayer/semprotan.

Kelebihan

Dirancang untuk mengecat area eksterior atau interior besar seperti kamar tidur utama, ruang makan, dan ruang tamu. Roller memungkinkan Anda untuk menutupi area yang luas dalam jumlah waktu yang lebih singkat. Karena ada kemungkinan pengurangan gerakan yang lebih sedikit, lebih sedikit peralatan dariada spayer.

Roller mudah diambil dan digunakan oleh siapa saja dan dengan harga yang jauh lebih rendah. Jika Anda tidak bisa mendapatkan permukaan yang bersih sebelumnya, roller dapat mengatasinya dengan meletakkan lapisan awal tebal yang memungkinkan cat untuk mengikat lebih baik dengan permukaan.

Kekurangan

Tidak seperti sprayer atau penyemprot yang bisa masuk ke tempat-tempat yang paling sulit dijangkau dan mengisi ketidaksempurnaan semua ukuran, roller sedikit lebih seperti buldoser dan tidak memiliki sentuhan halus ketika mengerjakan permukaan terperinci.

Rol dapat meninggalkan tetesan dan cat yang terkumpul di suatu area. Walaupun roller ini sangat berguna di dalam ruangan, roller tidak memiliki kekuatan yang diperlukan untuk menangani sebagian besar pekerjaan eksterior, seperti mengecat sisi rumah Anda. Meskipun cukup mudah digunakan, para pemula pada awalnya mungkin merasa kesulitan untuk mengaplikasikan cat secara merata.

03. Sprayer (Pistol Semprot)

Jika Anda pernah menangani pekerjaan berskala besar seperti mengecat rumah Anda, Anda mungkin pernah menggunakan sprayer atau penyemprot cat. Meskipun dulunya terbatas pada para profesional, sekarang ada berbagai penyemprot cat yang tersedia bagi siapa saja untuk dibeli dengan harga yang relatif terjangkau.

Kelebihan

Dengan kemampuannya untuk menutupi area yang luas dengan sangat cepat dan efisien, sprayer cat menjadi penting untuk mengecat eksterior dengan batas yang jelas, terutama yang dengan permukaan kasar atau rusak. Alat ini akan melukis dengan halus di celah, gundukan dan sudut yang biasanya ditemukan di rumah, geladak, dan pintu garasi.

Penyemprot cat dapat mencapai kehalusan permukaan yang lebih tinggi dari kuas atau rol. Untuk mendapatkan setiap bagian bangunan hanya membutuhkan satu lapisan untuk meninggalkan hasil yang halus tanpa ada tanda kuas dan jejak roll.

Kekurangan

Meskipun sprayer atau penyemprot cat melakukan pekerjaan dalam waktu singkat, Namun membutuhkan sejumlah besar persiapan sebelum Anda dapat menggunakannya. Pembersihan menyeluruh juga tidak dapat dihindari setelah setiap penggunaan, menambah waktu yang diperlukan.

Sayangnya sprayer atau semprotan membuang cat lebih banyak daripada kuas dan roller karena sebagian terbang ke udara. Alat ini bukan pilihan praktis untuk pekerjaan kecil atau dinding interior. Selain itu semburan cat terkadang tidak bisa dikendalikan dan meluapi permukaan lainnya yang mungkin tidak kita inginkan terkena cat.

Kesimpulan

Selama Anda mau menempelkan lembaran plaster di dinding dan Anda punya anggaran besar untuk cat, sprayer atau penyemprot pantas dipertimbangkan. Alat ini memiliki keunggulan, tetapi ini bukan pengganti yang praktis untuk kuas dan rol. Masing-masing punya fungsi tersendiri dan tak tergantikan satu sama lain. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda mengenai berbagai alat untuk mengecat.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter