Skip to main content

Mengenal Plywood Sebagai Bahan Bangunan dan Harganya

Plywood sebagai bahan bangunan sangat banyak digunakan karena sifatnya yang bermanfaat. Plywood adalah lembaran kayu ekonomis yang diproduksi pabrik dengan dimensi presisi yang tidak melengkung atau retak karena perubahan kelembaban dan cuaca.

Mengenal Plywood Sebagai Bahan Bangunan dan Harganya
Mengenal Plywood Sebagai Bahan Bangunan dan Harganya


Plywood adalah produk kayu rekayasa yang terbuat dari tiga atau lebih lapisan lembaran kayu tipis. Lapisan-lapisan ini direkatkan bersama untuk membentuk lembaran datar yang lebih tebal dan kuat. Kayu gelondongan yang digunakan untuk membuat kayu lapis disiapkan dengan cara dikukus atau dicelupkan ke dalam air panas. Kayu tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin bubut yang mengupasnya menjadi lapisan kayu tipis. setiap lapis biasanya memiliki ketebalan antara 1 dan 4mm.

Cara Pembuatan Plywood

Kayu lapis terdiri atas tiga bagian yaitu wajah, inti, dan punggung. Wajah adalah permukaan yang terlihat setelah pemasangan, sementara intinya terletak di antara wajah dan punggung. Lapisan tipis veneer kayu direkatkan dengan perekat yang kuat, dibuat dari bahan resin fenol atau urea formaldehida.

Setiap lapisan diorientasikan dengan serat tegak lurus terhadap lapisan yang berdekatan agar menimbulkan kekuatan dua arah. Kayu lapis sebagai bahan bangunan umumnya dibentuk menjadi lembaran besar. Plywood juga dapat melengkung untuk digunakan di plafon, pesawat terbang, atau pembangunan kapal.

Penggunaan Plywood sebagai bahan bangunan

Plywood digunakan dalam berbagai industri dan konstruksi karena kekuatan, ringan dan presisi. Beberapa kegunaannya yang paling umum adalah:
Untuk membuat dinding partisi atau dinding eksternal
Untuk membuat bekisting, atau cetakan untuk beton basah
Untuk membuat furnitur, seperti lemari, lemari dapur, dan meja kantor
Untuk bagian dari sistem lantai parquet kayu
Untuk kemasan produk termasuk kemasan produk sanitair
Untuk membuat pintu dan daun jendela yang ringan

Kayu yang digunakan untuk membuat plywood

Plywood dibuat dari kayu lunak, kayu keras atau gabungan keduanya. Kayu keras yang digunakan adalah biasanya adalah ash, jati, ek, dan mahoni. Kayu lunak yang paling populer digunakan untuk membuat plywood adalah cemara, pinus, kayu merah, dan cedar. Kayu lapis komposit juga dapat direkayasa dengan inti potongan kayu solid, dengan lapisan kayu lunak untuk wajah dan punggung. Plywood komposit lebih populer untuk lembaran tebal.

Bahan pengawet tambahan sering ditambahkan pada veneer plywood untuk meningkatkan daya tahan. Misalnya plastik, kertas yang diresapi resin, kain, formika, atau bahkan logam. bahan tersebut ditambahkan sebagai lapisan luar yang tipis untuk menahan kelembaban, abrasi dan korosi. Selainitu, bahan tambahan juga membuat pengikatan cat dan pewarna yang lebih baik.

Jenis-jenis plywood

Dalam perkembangannya, terdapat beberapa jenis plywood yang biasa digunakan dalam berbagai konstruksi bangunan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis plywood :
  • Plywood struktural : Digunakan pada struktur permanen di mana dibutuhkan kekuatan tinggi. Penggunaannya termasuk untuk lantai, balok, bekisting, dan panel penguat. Jenis ini bisa dibuat dari kayu lunak atau kayu keras.
  • Plywood eksternal : Digunakan pada permukaan luar di mana lapisan dekoratif atau estetika lebih penting. Jenis ini tidak digunakan untuk menanggung beban atau tekanan, contohnya pada permukaan pintu eksterior, dan dinding kelongsong.
  • Plywood internal : Kayu jenis ini memiliki finishing yang indah, untuk aplikasi non-struktural seperti panel dinding, langit-langit, dan furnitur.
  • Plywood untuk laut: Kayu ini diolah secara khusus menggunakan bahan pengawet, cat, atau pernis, untuk menahan kerusakan akibat air. Jenis ini digunakan dalam pembuatan kapal yang tahan serangan jamur dan tidak mengalami delaminasi/pelapukan.

Harga Plywood 2019

Plywood di Indonesia umumnya dijual pada ukuran 122 cm x 244 cm dengan variasi ukuran ketebalan. Sementara harga plywood bervariasi sesuai dengan merek, ketebalan, bahan kayu dan finishing yang digunakan pada bagian wajah. Berikut ini adalah gambaran harga plywood pada tahun 2019 :

Spesifikasi Plywood Satuan Harga (Rp)
Polywood Cap Kunci 3mm 122×244 Lembar Rp. 89.000,-
Triplek 2mm 122×244 Lembar Rp. 39.000,-
Triplek 3mm 122×244 Lembar Rp. 52.000,-
Triplek 4mm 122×244 Lembar Rp. 62.000,-
Triplek 6mm 122×244 Lembar Rp. 76.000,-
Triplek 9mm 122×244 Lembar Rp. 104.000,-
Triplek 12mm 122×244 Lembar Rp. 152.000,-
Triplek 15mm 122×244 Lembar Rp. 184.000,-
Triplek 18mm 122×244 Lembar Rp. 212.000,-
Blockboard 18mm 122×244 Lembar Rp. 211.000,-
Teakblock 18mm 122×244 Lembar Rp. 279.000,-
Teakwood 3mm 122×244 Lembar Rp. 92.000,-

Demikianlah mengenai Plywood sebagai bahan bangunan beserta harga plywood 2019. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih
Comment Policy: Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Buka Komentar
Tutup Komentar