Menentukan dan Memilih AC Sesuai Kondisi Ruangan - Arsitur Media Desain

Menentukan dan Memilih AC Sesuai Kondisi Ruangan

- 4/24/2019


Untuk mereka yang ingin memasang AC di ruangannya mungkin bertanya : Berapa PK AC Yang Anda Butuhkan ? Jenis AC apa yang Tepat di Kamar saya ? Apakah AC boros listrik ? dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Nah dalam artikel ini Arsitur akan mencoba menjawab mengenai cara menentukan dan memilih AC yang sesuai kondisi ruangan, termasuk jenis-jenis AC yang cocok digunakan di ruangan tersebut.

Menentukan dan Memilih AC Sesuai Kondisi Ruangan
Menentukan dan Memilih AC Sesuai Kondisi Ruangan

Definisi PK dan Btu/h dalam memilih AC

PK adalah singkatan dari Paard Kracht yang merupakan ukuran kapasitas AC atau kemampuan AC untuk mendinginkan udara. Kapasitas AC ini dapat dinilai dari berapa PK AC itu ? Ini tertera dalam kemasan, buku panduan dan pada AC tersebut juga biasanya tertulis. Ukuran sering juga disebut sebagai ukuran tenaga dari AC tersebut.

Btu adalah singkatan dari British Thermal Unit, yang merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur energi termal (panas). Secara khusus, ini adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 pon air sebanyak 1 ° F di permukaan laut. Ketika digunakan dalam kaitannya dengan sistem atau pemanas pendingin udara, pengukuran dinyatakan dalam berapa banyak Btu per jam (Btu/h) yang dapat ditambahkan atau dilepaskan produk dari udara. Kebutuhan Btu Per ruangan dinyatakan dalam tabel berikut :

Ukuran Ruangan (m2) Kebutuhan Btu Ukuran Ruangan (m2) Kebutuhan Btu
14 5,000 BTU’s 65 14,000 BTU’s
23 6,000 BTU’s 93 18,000 BTU’s
28 7,000 BTU’s 111 21,000 BTU’s
33 8,000 BTU’s 130 23,000 BTU’s
37 9,000 BTU’s 149 25,000 BTU’s
42 10,000 BTU’s 177 28,000 BTU’s
51 12,000 BTU’s 251 36,000 BTU’s


Cara Menghitung Kebutuhan PK AC

Cara yang paling sederhana untuk menentukan berapa PK AC yang diperlukan dalam suatu ruangan adalah dengan menggunakan luas ruangan itu sendiri. Rumus menghitung PK AC adalah dengan mengalikan luas ruangan dengan faktor pengali yaitu 600. Kenapa dikali 600 ? ini penjelasannya :

Dikali dengan 500 Btu jika – AC hanya dipasang untuk koridor ruangan seperti kantor, koridor lift, dan tempat yang memang tidak perlu dingin, melainkan hanya penyejuk. Bisa dipasang di ruang kerja namun suhunya hanya berkisar 26-28 derajat saja.

Dikali dengan 600 Btu jika – AC dipasang pada kamar di lantai dasar namun masih ada jendela tempat matahari masuk, atau di lantai 2 tapi namun masih ada sinar matahari, maksimal untuk 2 orang dewasa. AC dapat menurunkan suhu hingga 25 -24 derajat.

Dikali dengan 700 Btu jika – AC dipasang pada kamar di lantai dasar namun ada jendela besar atau banyak jendela dan tembok kamar terpapar cahaya matahari siang hari, bisa dipasang di kamar di lantai atas yang kena sinar matahari. Kamar ditempati lebih dari 2 orang dewasa. AC bisa menurunkan suhu hingga 23 derajat atau bahkan 22 derajat.

Dikali dengan 800 Btu jika – AC dipasang pada kamar yang atapnya adalah atap datar dak cor beton atau atap ekspos sehingga suhunya cukup panas di siang hari. AC bisa menurunkan suhu hingga 24 - 21 derajat.

Dikali dengan 1000 Btu jika – AC dipasang pada ruangan dengan jumlah orang yang padat dan berdesakan. Misalnya tempat antri, ruang kelas yang memiliki banyak jendela, dll. AC bisa menurunkan suhu bahkan dibawah 20 derajat.

PK dan Btu adalah ukuran yang berbeda dan sulit dikonversi begitu saja, namun dalam produk AC yang dijual biasanya ada hubungan PK dan Btu yang dinyatakan sebagai berikut :
1/2PK = 5000 Btu/h (luas ruangan 10m2)
3/4PK = 7000 Btu/h (luas ruangan 14m2)
1PK = 9000 Btu/h (luas ruangan 18m2)
1 1/2PK = 12000 Btu/h (luas ruangan 24m2)
2PK = 18000 Btu/h (luas ruangan 36m2)

Contoh perhitungan PK AC berdasarkan luas ruangan

Misalnya dalam sebuah kamar tidur di lantai dasar, dihuni oleh pasangan suami istri, ruangan memiliki jendela normal dengan ukuran 3 m x 4 m, pasangan ini mengharapkan suasana sejuk di siang hari dan malam hari, berapa PK AC yang dibutuhkan ? Jawabannya adalah sebagai berikut :

Kebutuhan AC = Luas ruangan (L) x 600 Btu
Kebutuhan AC = Panjang ruangan x Lebar ruangan x 600 Btu
Kebutuhan AC = 4 x 3 x 600 Btu
Kebutuhan AC = 7200 Btu

Pilihan AC yang tepat yang bisa diambil oleh pasnagan suami istri tersebut adalah AC 3/4 PK dengan 7000 Btu atau AC 1 PK dengan 9000 Btu. Bila ingin hemat listrik silahkan gunakan AC 3/4 PK saja, sementara jika ingin memaksimalkan dingin ruangan, gunakan AC 1 PK. Perhitungan kebutuhan AC bukanlah hal yang paten harus berapa PK, namun kita diberikan alternatif pilihan sesuai dengan kemampuan dan budget kita.

Memilih jenis AC yang tepat sesuai kondisi ruangan

Jenis AC tidak hanya satu, ada beragam jenis AC yang bisa Anda gunakan untuk mendinginkan ruangan, termasuk AC mobil pun bisa dipasang dirumah jika mau. Namun tabel berikut ini mungkin dapat memberikan penjelasan kebutuhan dan jenis AC yang tepat sesuai kondisi ruangan Anda :

Ruangan Kecil Ruangan Sedang Ruangan Besar
Ukuran ruangan (M2) 10-20 m2 20-40 m2 40-60 m2
Kebutuhan PK 1/2 PK - 3/4 PK 1 PK - 1 1/2 PK 2 PK atau Lebih
Kebutuhan Daya Listrik 2,8 KW 4,2 KW 5,6 KW
Jenis AC yang Ideal Portable, Small Split system, Window box Split system, Window box Split System


Sementara, jenis AC yang dapat Anda pilih diantaranya disebutkan sebagai berikut :

AC Portable

AC Portable
AC Portable

Kompak, mudah digunakan, mudah dipasang, dan portabel. Pendingin udara AC portabel memberi Anda kebebasan untuk memiliki pendingin udara di mana saja di sana ada jendela dan soket listrik. Ideal untuk disewakan, digunakan pada kamar tidur, dan kamar yang lebih kecil. AC portabel tidak memerlukan instalasi yang rumit sehingga Anda dapat dengan mudah mengarahkan AC portabel ke tempat yang dibutuhkan. Pendingin udara portabel biasanya hanya pendinginan, namun ada beberapa model yang merupakan siklus terbalik, yang dapat memanaskan atau mendinginkan ruangan Anda, tergantung pada merek.

AC Split

Mengenal AC Split, Sistem Kerja dan Komponennya
AC Split (image: https://learn.compactappliance.com/best-ductless-air-conditioners/)
 
Pendingin udara AC split menawarkan daya terbesar dan kemampuan pendinginan untuk rumah Anda. Mereka biasanya membalik siklus, yang berarti mereka dapat mendinginkan atau memanaskan ruangan Anda, sistem split menawarkan daya yang lebih besar daripada sistem portabel. Banyak AC split yang menawarkan penyaringan alergen dan pemurnian udara sebagai bagian dari operasinya. Sistem AC split adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin mendinginkan lebih dari satu kamar atau kamar yang lebih besar.

AC Window Box

 AC Window Box

AC Window Box

Pendingin udara window box menawarkan pemasangan yang sederhana dan fungsionalitas yang mudah. Pilihan ideal jika Anda mencari pendinginan atau pemanasan sederhana di kamar atau kamar yang lebih kecil. Pendingin udara window box cukup terjangkau dan kuat. Dengan berbagai unit yang kuat, Anda bisa mendapatkan AC agar sesuai dengan ruangan kecil hingga menengah. AC window box biasanya ditenagai oleh colokan dan timah seperti alat lainnya.

Demikianlah mengenai Cara Menentukan dan Memilih AC Sesuai Kondisi Ruangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter