Skip to main content

Jenis Cat Dinding Interior yang Bisa Dipilih

Ada beberapa jenis cat dinding interior dan semakin kita tahu tentang permukaan cat yang sesuai beserta efek yang dapat ditimbulkan cat, semakin mudah untuk membuat pilihan yang tepat. Kita juga bisa mencampur berbagai jenis cat dinding interior di dalam ruangan, tetapi harus tahu apa efek sampingnya.

Jenis Cat Dinding Interior yang Bisa Dipilih
Jenis Cat Dinding Interior yang Bisa Dipilih - img by The Standard

Berikut ini adalah jenis cat dinding interior sesuai dengan hasil yang ditampilkan oleh masing-masing cat tersebut :

1. Cat Matte (Doff)

Warna matte (doff) adalah cat dinding interior yang paling umum. Tidak ada kilau atau kemilau hingga cat kering, menjadikannya ideal untuk dinding dan langit-langit di mana tidak ada gangguan visual. Cat ini mudah diterapkan, meskipun seringkali membutuhkan lebih dari satu lapisan untuk menciptakan warna solid yang baik.

Cat matte dapat diaplikasikan dengan kuas atau rol dan bekerja dengan baik menutupi permukaan dinding Anda. Ini juga yang membuatnya ideal untuk rumah minimalis. Namun sisi negatifnya, cat matte mudah bernoda, meskipun beberapa noda dapat dihilangkan dengan kain lembab, cat matte membutuhkan pengecatan ulang yang rutin.

2. Cat Matte dengan Enamel

Cat Matte enamel sangat mirip cat matte, tetapi cenderung jauh lebih tahan lama. Cat ini jauh lebih mudah untuk dibersihkan dan jarang memerlukan perbaikan, memberikannya keuntungan besar, terutama jika Anda memiliki anak kecil.

Jenis cat ini juga sangat baik untuk dapur, di mana kita dapat membersihkan dinding secara teratur. Efek visual sangat mirip dengan cat matte dan dapat diterapkan dengan cara yang sama. Namun harga cat matte enamel relatif lebih mahal.

3. Cat Satin

Cat satin adalah salah satu jenis cat dinding interior yang banyak orang tahu, tetapi sedikit yang benar-benar mengerti. Hasil akhir cat ini berada di antara matte dan gloss dan menghasilkan kilau lembut dan tipis. Inilah karakteristik cat satin.

Sifat ini membuatnya ideal untuk area di mana Anda perlu membersihkan dinding secara teratur seperti area dapur dan ruang ganti. Kita sebaiknya tidak boleh menggunakan lapisan satin pada dinding yang permukaannya kurang rata karena itu akan membuatnya terlihat lebih jelas.

4. Cat Eggshell (Kulit telur)

Hasil akhir dari cat eggshell memiliki kilau yang sangat halus tetapi tidak sehalus seperti lapisan satin. Hasil permukaannya mirip dengan permukaan kulit telur. Dengan demikian, itu tidak menunjukkan cacat dinding cukup banyak, menjadikannya sebagai cat dinding interior yang jauh lebih cocok.

Cat ini sangat mudah untuk diaplikasikan dan seringkali dapat ditutup dengan baik dengan hanya satu lapisan, menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi banyak orang. Cat eggshell ini biasanya menutupi area permukaan yang lebih banyak dengan cat yang lebih sedikit daripada cat matte sehingga lebih hemat dari volume yang diperlukan.

5. Cat Semi-gloss

Semi-gloss adalah cat interior umum lainnya, meskipun lebih sering digunakan pada dekorasi daripada dinding secara umum. Cat ini menawarkan hasil akhir yang cocok untuk penggunaan berat dan mudah dibersihkan hanya dengan sabun dan air, misalnya dapur dan kamar mandi. Kilau yang dihasilkan kurang dari cat full gloss, tetapi biasanya mudah untuk mendapatkan hasil yang bagus hanya dengan satu lapisan.

Cat mengkilap memunculkan ketidaksempurnaan saat menghadapi permukaan dinding yang tidak rata. Munculnya bintik-bintik spackle di cat mengkilap mungkin mengganggu penampilan dinding. Jadi mengecat dengan semi-gloss harus benar-benar rapi.

6. Cat Gloss

Cat gloss adalah cat dinding interior yang cukup umum. Ini adalah salah satu jenis cat yang dapat Anda gunakan di sebagian besar jenis dinding, meskipun beberapa orang menggunakannya pada kayu karena komposisi warnanya yang tinggi.

Cat gloss menunjukkan semua kecacatan di dinding dan untuk mencapai lapisan merata di dinding seringkali membutuhkan lebih dari satu lapisan. Cat mengkilap membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering, jadi cat ini harus dijaga sebelum benar-benar kering.

Demikianlah mengenai Jenis Cat Dinding Interior yang Bisa Dipilih dan digunakan untuk ruangan Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca mengenai cat dinding.

Referensi :

  • Edward Kimble, penulis Interior House Painting Blog
  • https://www.doityourself.com/stry/6-types-of-interior-wall-paints-explained
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar