Skip to main content

Cara Terbaik untuk Waterproof Atap Datar

Air tidak bisa mengalir dengan baik pada atap datar, layaknya pada atap miring, tetapi ada solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini. Menerapkan dua lapis lapisan waterproof elastomer melindungi atap dari air dan juga mengisolasi material, mencegah panas masuk ke dalam bangunan.

Cara Terbaik untuk Waterproof Atap Datar
Cara Terbaik untuk Waterproof Atap Datar

Elastomer maksudnya adalah cat waterproofing yang saat kering akan menjadi elastis, seperti karet. Contoh cat ini misalnya dari merek : No Drop, Elastex, Aquaproof dll. Namun, sebelum menerapkan cat elastomer, Anda harus mengukur atap dan membersihkannya agar lapisannya tahan lama.

Langkah 1

Ukur setiap area permukaan atap dengan panjang dan lebar atap Anda. Kalikan panjang dan lebar dan hitung luas total permukaan yang akan diberi waterproofing. Hal ini penting untuk menyiapkan berapa jumlah kebutuhan cat dan berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk pekerjaan waterproofing. Cek ke toko bangunan, lihat luas yang dapat ditutupi oleh setiap kaleng/ember cat elastomer, sehingga Anda bisa menentukan jumlah cat yang harus dibeli.

Langkah 2

Bersihkan atap Anda dengan dengan sapu dan pel bila perlu, pastikan semua debu dan kotoran dihilangkan. Gunakan campuran 1 kaleng trisodium fosfat dengan 5 galon air jika permukaan atap susah dibersihkan. Tunggu sampai atap mengering sebelum menerapkan lapisan cat elastomer.

Langkah 3

Tuangkan lapisan elastomer dari ember Anda ke atap dan mulai mengecat dengan roller, permukaan yang sulit dijangkau bisa dicat dengan kuas. Mulailah dari sudut tepi atap, lakukan pengecatan dengan berjalan mundur. Jangan sampai menginjak cat sebelum kering. Ulangi proses ini sampai Anda bisa menutupi seluruh atap.

Langkah 4

Biarkan lapisan yang sudah jadi mengering selama 24 jam. Oleskan lapisan kedua dan tunggu hingga benar-benar kering. Tutupi permukaan dengan terpal/plastik jika panas matahari terlalu menyengat atau hujan mulai membasahi permukaan atap.

Demikian mengenai cara dan langkah-langkah dalam memberikan lapisan waterproof pada permukaan atap datar. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman semua.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar