Skip to main content

8 Ide Desain Taman Minimalis untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis tidak akan terlihat monoton lagi apabila dihiasi dengan taman yang mampu membuat suasana rumah menjadi lebih hijau dan asri. Selain itu, menambahkan taman tidak akan mengubah gaya rumah minimalis Anda. Simak 7 ide desain taman minimalis yang cocok untuk rumah minimalis Anda berikut ini :

01. Desain taman minimalis di teras rumah

01. Desain taman minimalis di teras rumah
01. Desain taman minimalis di teras rumah - pinterest

Desain rumah minimalis sering menyisakan halaman depan sebagai ruang terbuka. Ruang inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai taman yang akan membuat suasana rumah menjadi asri. Teras rumah adalah ruangan yang sering dilihat ketika pulang ke rumah dan merupakan wajah rumah Anda. Jadi akan sangat menguntungkan apabila meletakan sebuah taman minimalis di teras rumah.

Cara membuat taman minimalis di area teras rumah adalah dengan memanfaatkan rumput pendek misalnya rumput mutiara atau rumput jepang yang cepat memenuhi area tanah. Biarkan sebagian besar area tertutup rumput saja, gunakan pojok taman untuk menanam tumbuhan yang lebih tinggi seperti perdu. Ini akan membuat teras anda asri, tidak terlalu ramai dan tetap minimalis.

02. Desain taman minimalis di samping rumah

02. Desain taman minimalis di samping rumah
02. Desain taman minimalis di samping rumah - pinterest

Desain rumah minimalis mungkin tidak semuanya menempel ke kanan dan kiri lahan. Bila anda memiliki area samping rumah yang terbuka, gunakan area tersebut sebagai taman minimalis untuk menanam beberapa jenis tanaman sehingga dapat menghijaukan suasana.

Biasanya bagian samping rumah ini bentuknya memanjang, sehingga kita bisa menyesuaikan gaya menjadi taman minimalis panjang. Caranya adalah dengan memanfaatkan tanaman tinggi namun cabangnya tidak terlalu lebar. Misalnya cemara mini, alang-alang, atau bunga lily. Beberapa jenis tanaman semak dan bunga juga bisa diterapkan pada kondisi ini sehingga taman terlihat asri namun tetap minimalis.

03. Desain taman minimalis di belakang rumah

03. Desain taman minimalis di belakang rumah
03. Desain taman minimalis di belakang rumah - pinterest

Jika bagian depan rumah minimalis Anda seluruhnya terpakai untuk garase dan bagian samping semuanya menempel dengan batas lahan, maka Anda bisa memanfaatkan bagian belakang rumah untuk dijadikan taman agar rumah tetap terlihat hijau dan asri.

Taman minimalis di belakang rumah bisa dibuat mirip dengan taman pada teras depan atau samping. Namun karena letaknya di belakang rumah bukan berarti Anda bisa sembarangan dalam memilih tanaman. Jika ruang belakang rumah Anda cukup luas, tanamilah dengan rumput dan letakan sebuah kursi santai untuk duduk-duduk. Hiasi taman dengan pohon yang lebih tinggi atau bunga yang warnanya menarik.

04. Desain taman minimalis di balkon

04. Desain taman minimalis di balkon
04. Desain taman minimalis di balkon - pinterest

Pada balkon, desain taman minimalis yang tepat adalah dengan menggunakan pot yang bisa dipindah-pindahkan. Namun ada juga pemiliki yang meminta desain untuk membuatkan pot panjang yang langsung dicor dengan beton.

Cara terbaik mendesain taman minimalis pada area balkon adalah dengan meletakan pohon ramping dan berderet di sebelah railing (pagar pengaman). Selain membuat suasana asri dan tidak mengurangi ruang fungsional taman, cara ini efektif mencegah anak kecil menggapai railing, karena hal tersebut cukup beresiko. Taruh kursi tipis dan panjang dan letakan beberapa buah pot pendek di samping kursi.

05. Desain taman minimalis dengan pot

05. Desain taman minimalis dengan pot
05. Desain taman minimalis dengan pot - pinterest

Seperti yang telah dijelaskan di atas, taman minimalis dengan pot cocok diletakan pada aea balkon. Namun bagi Anda yang tidak memiliki halaman terbuka dengan tanah, pot adalah solusi terbaik untuk membuat taman minimalis di rumah minimalis.

Pilih pot yang terbuat dari tanah untuk memberi kesan alami, bila ingin menghemat budget, pot plastik juga tidak masalah. Bila memungkinkan, gunakan tanaman yang memiliki akar serabut pada pot sehingga akar tidak akan melubangi pot. Pastikan pot mendapat penyiraman yang teratur dan asupan pupuk yang memadai sehingga tanaman bisa tumbuh subur.

06. Desain taman minimalis vertikal garden

06. Desain taman minimalis vertikal garden
06. Desain taman minimalis vertikal garden - pinterest

Vertikal garden adalah istilah untuk pembuatan taman pot yang disusun secara vertikal untuk menghemat ruang. Taman vertikal adalah solusi bagi mereka yang kekurangan lahan untuk menanam beberpa jenis tanaman dalam satu taman yang sempit.

Rangka vertikal garden bisa dibuat dari kayu agar terlihat asri atau besi agar lebih kuat. Taman vertikal bisa dibuat berdiri sendiri (free standing) atau ditempel pada dinding. Ada juga taman vertikal yang digantung di dinding tanpa menggunakan rangka. Ini merupakan solusi taman vertikal yang paling murah.

07. Desain taman minimalis dengan kolam

07. Desain taman minimalis dengan kolam
07. Desain taman minimalis dengan kolam - pinterest

Jika Anda memiliki kolam renang atau kolam ikan di rumah, menembahkan sedikit taman minimalis mungkin menjadi solusi agar kolam terlihat lebih asri dan tidak kaku. Letakan taman minimalis dengan rumput dan beberapa pohon kecil di pojok taman agar tidak terlalu ramai.

Sebaiknya jangan membiarkan dahan atau daun tanaman melewati batas kolam karena daun kering yang jatuh mudah sekali mengotori kolam. Gunakan tanaman yang tinggi dan ramping dengan sedikit cabang.

08. Desain taman minimalis indoor

08. Desain taman minimalis indoor
08. Desain taman minimalis indoor - pinterest

Bila Anda sama sekali tidak memiliki area untuk menumbuhkan tanaman, taman indoor adalah solusinya. Syarat yang diperlukan adalah jendela tempat masuknya sinar matahari.

Desain taman indoor ini cocok digunakan bagi mereka yang tinggal di rumah minimalis, apartemen atau indekos yang areanya sangat sempit dan privat. Letakan pot kecil di dekat jendela, isi dengan tanaman mungil sesuai dengan selera Anda. Gunakan sheer (gorden tipis) sehingga sinar matahari masuk namun orang luar tidak bisa mengintip dari luar.

Demikianlah mengenai 8 ide desain taman minimalis yang bisa Anda coba terapkan di rumah Anda. Ada banyak referensi yang bisa Anda cari seperti instgram atau pinterest untuk mendapatkan desain-desain yang cocok dengan selera Anda. Semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan tentang desain taman.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar