Skip to main content

7 Tips Ampuh Editing Foto di Photohop

Photoshop adalah salah satu software penting untuk Arsitek, Desainer maupun Fotografer Profesional. Sebagai bagian dari paket desain yang harus diserahkan ke klien, finishing gambar, editing foto dan membuat gambar presentasi bisa dikerjakan dalam satu software ini.

Berikut ini tips yang akan saya berikan terkait editing foto di software Photoshop, baik untuk yang belum berpengalaman dan yang sudah berpengalaman, simak selengkapnya berikut ini :

1. Pengeditan tanpa Merusak Foto di Photoshop

 1. Pengeditan tanpa Merusak Foto di Photoshop
 1. Pengeditan tanpa Merusak Foto di Photoshop

Jika memungkinkan, Anda harus selalu mengedit foto Anda secara non-destruktif. Ini berarti bahwa Anda dapat mengedit gambar sebanyak yang Anda suka, tetapi Anda juga selalu dapat membatalkan perubahan apa pun, dan selalu kembali ke file aslinya jika perlu. Sediakan selalu file cadangan, meskipun bisa menggunakan fitur Undo.

Cara untuk melakukan pengeditan non-destruktif di Photoshop adalah dengan menggunakan layers. Layers pada photoshop seperti lembaran transparan yang ditumpuk di atas gambar. Anda dapat menggambar di lembar ini, atau menyusun ulang, tetapi karena transparan, Anda juga dapat melihat layers di bawahnya.

Idealnya, setiap pengeditan objek tunggal - atau kelompok pengeditan yang serupa - harus disimpan pada layer individualnya sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengeditan nanti, membuatnya lebih atau kurang terlihat, atau menghapus seluruhnya dengan menyembunyikan atau menghapus layer.

2. Fitur Adjustment Layers di Photoshop

 2. Fitur Adjustment Layers di Photoshop
 2. Fitur Adjustment Layers di Photoshop

Adjustment Layers memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada nada dan warna gambar Anda dengan cara yang tidak merusak (tidak permanen). Seperti mengubah warna, kontras, dll tapi tidak pada layer gambar. Anda dapat menumpuk sebanyak mungkin adjustment layer ke gambar yang Anda butuhkan.

Manfaat adjustment layer adalah dapat diedit kapan saja. Cukup klik dua kali layernya untuk melakukan ini. Anda juga dapat menggunakan bilah geser Opacity untuk menyempurnakan efek layer - menurunkan opacity untuk mengurangi dampak perubahan - atau menyembunyikan atau menghapus jika Anda tidak membutuhkannya.

3. Fitur Perbaikan Otomatis & Instan di Photoshop

 3. Fitur Perbaikan Otomatis & Instan di Photoshop
3. Fitur Perbaikan Otomatis & Instan di Photoshop

Fitur auto adalah hal yang paling dasar yang dapat ditemukan di photoshop. Caranya klik tab Image menu: Auto Tone, Auto Contrast, and Auto Color. Setelah Anda menerapkannya, Anda dapat sedikit menyetelnya dengan pergi ke menu Edit, di mana Anda akan melihat opsi Fade (seperti Fade Auto Tone). Ini diatur ke 100% secara default, jadi kurangi jika Anda ingin mengurangi efek perubahan warna atau tonal.

4. Healing Brush di Photoshop

4. Healing Brush di Photoshop
4. Healing Brush di Photoshop

Healing Brush adalah tools yang hebat untuk melakukan tugas perbaikan mulai dari penghilangan noise hingga penghilangan objek yang lebih kompleks. Untuk menggunakan alat ini, tahan tombol Alt dan klik dekat ke area yang Anda ingin perbaiki untuk menggunakan piksel pengganti untuk perbaikan, lalu klik dan seret untuk mengaplikasikan piksel sampel ke area yang ingin Anda perbaiki.

5. Quick Mask mode di Photoshop

5. Quick Mask mode di Photoshop
5. Quick Mask mode di Photoshop

Membuat selection adalah kunci untuk menyusun dan membuat penyesuaian gambar yang detail. Ada sejumlah tools yang tersedia untuk membuat selection, dengan yang dirancang untuk membuat selection kompleks menjadi lebih sulit untuk digunakan. Quick Mask mode, membuat selection semudah mengarahkan mouse di area gambar.

6. Cropping di Photoshop

6. Cropping di Photoshop
6. Cropping di Photoshop

Cropping adalah tugas sederhana yang cukup jelas setelah Anda memilih mode cropping, tetapi ada sejumlah fitur canggih yang dapat Anda manfaatkan. Dengan berulang kali menekan O pada keyboard, Anda dapat menelusuri panduan yang tersedia termasuk aturan-pertiga, rasio emas, spiral emas, sambil mengklik simbol roda gigi di menu bagian atas, ini akan memunculkan layar tambahan dan lainnya. Mengklik ikon Crop Tool di ujung kiri membuka menu yang berisi preset, dan Anda dapat membuat preset Anda sendiri jika Anda secara teratur memotong gambar ke ukuran tertentu.

7. Blending Mode di Photoshop

7. Blending Mode di Photoshop
7. Blending Mode di Photoshop

Blending mode adalah tools sederhana namun kuat untuk mengubah suatu layer agar berinteraksi dengan layer di bawahnya. Anda dapat menerapkan mode blending ke layer apa pun, termasuk adjustment layer, untuk mencapai berbagai efek seperti mengubah kecerahan, kontras, dan warna.

Cara yang baik untuk melihat cara kerjanya adalah membuat salinan dari layer Background dengan memilihnya dan menekan Ctrl + J. Dengan lapisan baru yang aktif, buka menu dropdown di bagian atas panel Layers dan lakukan eksperimen dengan berbagai mode blending.

Demikianlah 5 Tips Dasar mudahnya menggunakan photoshop, semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman mengenai image editing. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar