10 Cara Aman Pergi Mudik Tapi Rumah Tetap Aman - Arsitur Media Desain

10 Cara Aman Pergi Mudik Tapi Rumah Tetap Aman

- 4/22/2019


Mudik adalah hal yang sangat dinanti banyak orang Indonesia saat libur panjang seperti saat Libur Sekolah, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Namun jika saat pergi mudik, ada rumah yang akan ditinggalkan dalam beberapa hari. Daripada mudik menjadi tidak nyaman karena hati was-was, lebih baik simak 10 Cara Aman Pergi Mudik Tapi Rumah Tetap Aman :

10 Cara Aman Pergi Mudik Tapi Rumah Tetap Aman
10 Cara Aman Pergi Mudik Tapi Rumah Tetap Aman

Cara 1 : Memastikan Semua Peralatan Lisrtik Aman

Sebelum berangkat mudik, periksa dan pastikan kembali bahwa semua hal yang berkaitan dengan listrik di rumah dalam kondisi aman saat Anda tinggalkan. Cabut stop kontak semua peralatan elektronik seperti TV, Kulkas, AC, Komputer, dll. Kosongkan kulkas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan makanan basi.

Peralatan listrik meskipun telah dimatikan, namun bila masih tersambung dengan stop kontak, maka resiko konsleting tetap ada. Selain itu meninggalkan peralatan listrik yang masih terhubung ke stop kontak akan tetap mengkonsumsi listrik walau dalam jumlah kecil.

Cara 2 : Memastikan Pintu & Jendela Telah Terkunci

Sebelum berangkat mudik, pastikan pula pintu dan jendela rumah Anda dalam kondisi terkunci rapat-rapat. Pastikan juga semua kuncinya telah Anda bawa sehingga tidak ada kesempatan bagi orang lain untuk masuk ke rumah.

Untuk lebih menambah keamanan, pasang trali pada jendela kaca. Jendela memiliki ukuran yang besar sehingga mudah dijebol oleh orang luar. Dengan menambahkan trali besi, jendela tidak akan bisa ditembus meski kaca dijebol.

Cara 3 : Jangan Meninggalkan Kunci Cadangan di Sekitar Rumah

Beberapa orang suka meninggalkan kunci cadangan yang disembunyikan di tempat tertentu di rumah. Namun cara ini kurang baik apabila rumah akan ditinggal mudik. Cara terbaik adalah dengan menitipkannya pada saudara atau tetangga yang dapat dipercaya.

Namun tentu dalam hal ini kita tidak boleh sembarangan mempercayai orang lain. Pastikan kunci cadangan tersebut hanya mampu mengakses ruang publik seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Jangan sampai meninggalkan kunci cadangan yang bisa membuat orang lain masuk ke kamar tidur Anda karena itu sangat beresiko.

Cara 4 : Cabut Tabung Gas dari Kompor

Saat mudik, tentunya Anda tidak membutuhkan kompor yang siap menyala di rumah. Untuk menghindari risiko kebakaran tingkat lanjut, segera cabut tabung gas dari kompor Anda sehingga tidak ada tekanan gas pada kompor. Bila perlu segera keluarkan tabung gas dari dalam rumah, taru ditempat yang aman dari panas matahari.

Cara 5 : Matikan Keran Air PDAM, Matikan Pompa Sumur

Selama mudik, Anda juga tidak akan memerlukan penggunaan Air di rumah. Jika Anda menggunakan air dari PDAM, segera tutup keran utama dari PDAM untuk menghindari masalah kebocoran. Selain itu, keran rumah meskipun tertutup mungkin akan meneteskan air yang akan membuat kebocoran dan pemborosan.

Bila Anda menggunakan pompa air tanah, matikan pompa air sebelum berangkat. Pastikan saklat otomatisnya juga mati. Jika tidak, maka pompa akan bekerja terus menerus dan ini dapat membuat pemborosan.

Cara 6 : Menutup Ventilasi agar Furniture tidak Berdebu

Perhatikan furniture di rumah Anda, jika ditinggalkan dalam waktu lama maka furniture ini mungkin akan terkena debu karena ada lubang pada ventilasi. Ini akan sangat menyibukan Anda saat kembali ke rumah nantinya.

Tutup lubang ventilasi di rumah Anda dengan plastik/mika untuk sementara waktu. Furniture penting, terutama dengan bahan kain seperti bed, sofa, dll yang rentan terhadap debu. Tutup furniture tersebut dengan kain atau plastik sehingga tidak berdebu. Bisa Anda bayangkan saat pulang dari mudik Anda dalam kondisi lelah dan mendapati kasur dan sofa dalam keadaan kotor ?

Cara 7 : Menggunakan Lampu Otomatis dengan Sensor Cahaya

Mudik berarti Anda akan meninggalkan rumah siang malam. Menyalakan lampu terus menerus atau membiarkan rumah dalam kondisi gelap sama-sama bukan hal yang baik. Kini ada lampu otomatis yang menggunakan detektor cahaya dan akan mati di siang hari serta menyala saat keadaan gelap. Lampu ini sangat bermanfaat sehingga Anda tidak perlu repot meminta tetangga untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Lampu otomatis ini sejatinya sangat simpel, Anda tidak perlu mengganti bohlam, hanya mengganti atau menambahkan fitting lampu yang berisi sensor yang akan mendeteksi gelap/terang di lingkungan sekitar.

Cara 8 : Jangan Menyimpan Barang berharga di Rumah

Barang berharga adalah salah satu alasan kenapa rumah Anda berpotensi dibobol maling saat Anda mudik. Oleh karena itu, sebaiknya barang atau surat berharga yang ada di rumah disimpan ke bank atau jasa penyimpanan lainnya.

Bila takut menitipkannya pada bank, taru di tempat yang tidak mungkin diketahui oleh orang lain termasuk tetangga terdekatmu karena akan sangat beresiko.

Cara 9 : Pasang CCTV dan Alarm

Hari ini, kamera CCTV dan alarm bukanlah barang baru dan mewah. CCTV dan Alarm adalah sebuah kebutuhan layaknya Anda membutuhkan Kamera untuk Foto-foto. Pasang CCTV di tempat tersembunyi, namun masih dapat melihat orang lain di semua penjuru rumah.

Anda mungkin mudik dalam 1-2 minggu dan selama itu Anda tidak akan tahu bagaimana kabar rumah Anda. Umumnya untuk rumah sederhana, setidaknya perlu 1-2 buah CCTV untuk mengawasi rumah selama 24 jam. CCTV sekarang sudah semakin canggih, penggunaannya bisa dikontrol lewat internet melalui laptop atau smartphone.

Cara 10 : Titipkan Hewan Peliharaan

Beberapa orang mungkin memiliki hewan peliharaan di rumahnya dan hewan peliharaan mungkin tidak cocok jika ikut dibawa mudik. Jika akan ditinggal, sebaiknya hewan peliharaan di rumah dititipkan kepada orang yang bisa dipercaya. Misalnya tetangga atau saudara dekat.

Jika tidak ada orang yang bisa dipercaya, silahkan dititipkan kepada penyedia jasa penitipan hewan terdekat yang bisa Anda percayakan jasanya. Hewan peliharaan Anda akan lebih aman dan terjamin kesehatannya.

Demikianlah tips mudik tentang 10 Cara Aman Pergi Mudik Tapi Rumah Tetap Aman. Ingatlah bahwa rumah Anda beserta isinya merupakan aset berharga yang harus dilindungi saat ditinggalkan mudik.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter