Skip to main content

Pengujian Beton Standar pada Usia 3 Hari, 7 Hari dan 28 Hari

Uji kuat tekan beton standar dilakukan pada saat beton telah berusia 28 hari dihitung dari hari pengecoran. Pengujian beton pada usia 3 hari dan 7 hari hanya dilakukan untuk memantau peningkatan kekuatan awal dan berguna dalam konstruksi di mana kekuatan awal beton yang tinggi diperlukan agar sesuai dengan dokumen konstruksi. Tetapi nilai-nilai hasil tes pada usia 3-hari dan 7-hari tidak digunakan untuk tujuan penerimaan.

pengujian beton standar
pengujian beton standar - img by enggific

Uji Kekuatan Beton Pada Usia 28 Hari


  • Hasil uji beton pada usia 28 hari diterima sebagai nilai kuat tekan standar. Penerimaan kekuatan tekan ditentukan oleh Standar 26.12.3.1 dari ACI 318-14 sebagai:
  • Rata-rata dari tiga hasil pengujian tekan harus sama dengan atau lebih dari kekuatan yang ditentukan.
  • Setidaknya tiga silinder berukuran 4 x 8 in (100 x 200 mm) atau setidaknya dua silinder 6 x 12 in (150 x 300 mm) harus digunakan untuk uji kuat tekan sesuai bagian 26.5.3.2 dan 26.12.1.1 dari ACI 318-14, ACI 301-16 "Spesifikasi untuk Beton Struktural", dan ACI 311.6-18 "Spesifikasi untuk Pengujian Beton Campuran Siap Pakai".
  • Untuk beton dengan kekuatan tertentu hingga 35 MPa (5000 psi), tidak ada hasil uji kekuatan harus jatuh di bawah kekuatan tekan yang ditentukan lebih dari 3,5 MPa atau 500 psi.
  • Untuk beton dengan kekuatan yang ditentukan di atas 35 MPa (5000 psi), tidak ada hasil tes yang akan jatuh di bawah kekuatan yang ditentukan lebih dari 10%.


Demikianlah mengenai Pengujian Beton pada Usia 3 Hari, 7 Hari dan 28 Hari. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Referensi : theconstructor.org
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar