Kelebihan Rumah Minimalis dan Alasan Memilih Desain Minimalis - Arsitur Media Desain

Kelebihan Rumah Minimalis dan Alasan Memilih Desain Minimalis

- 3/05/2019


Desain rumah minimalis telah menjadi tren di masyarakat tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Rumah minimalis memiliki banyak kelebihan dibanding desain lainnya khususnya dari segi penghematan ruang dan biaya. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai kelebihan rumah minimalis :

kelebihan rumah minimalis
kelebihan rumah minimalis  - img by imwin.club

01 Hemat Ruang

Kelebihan utama Rumah minimalis adalah hemat ruang. Rumah minimalis adalah rumah yang fungsional secara penataan ruang. Setiap bagian rumah dibuat untuk fungsi tertentu. Rumah minimalis tidak menyia-nyiakan sisa ruangan hanya untuk hiasan atau kesan tertentu. Itulah kenapa rumah minimalis sangat hemat ruang.

Rumah minimalis cocok dibangun di kawasan perkotaan dengan lahan sempit. Mengingat harga lahan semakin mahal, maka rumah minimalis adalah jawabannya. Kita bisa mendapatkan semua fungsi rumah seperti tempat tidur, tempat bermain, tempat belajar, bekerja, dapur dan toilet pada ruang yang terbatas. Inilah style desain yang dianggap cocok untuk kebutuhan banyak orang saat ini.

02 Hemat Waktu

Rumah minimalis memiliki tampilan yang sederhana, fungsional dan tidak memerlukan tambahan dekorasi yang tidak bermanfaat. Dengan demikian pengerjaan rumah minimalis dapat diselesaikan dengan sangat cepat. Inilah salah satu kelebihan rumah minimalis yang digemari masyarakat.

Dengan perkembangan teknologi bahan bangunan pra cetak, bahkan sebuah rumah minimalis 1 lantai dapat selesai sempurna dalam waktu hanya 1 hari saja. Teknologi ini mulai berkembang di Amerika dan China yang memiliki tingkat kebutuhan rumah yang tinggi.

03 Hemat Biaya Pembangunan

Kelebihanrumah minimalis adalah hemat biaya. Dengan dikuranginya dekorasi yang dianggap tidak perlu, maka otomatis akan menekan biaya pembangunan. Apalagi pengerjaan yang sangat cepat juga otomatis mengurangi ongkos pengerjaan rumah.

Kita bisa membangun rumah type 21 yang sudah diselesaikan dengan finishing sempurna dengan harga yang kurang dari 60 juta rupiah. Ini membuktikan bahwa rumah minimalis harganya sangat terjangkau.

04 Mudah Dirawat

Bentuk yang sederhana membuat area permukaan rumah minimalis mudah dijangkau dan dibersihkan. Kegiatan bersih-bersih di rumah minimalis juga sangat cepat. Untuk rumah minimalis 1 lantai cukup meluangkan waktu setengah hari saja setiap satu minggu untuk membersihkan rumah.

Kelebihan Rumah minimalis yakni sangat mudah diperbaiki. Rumah minimalis banyak menggunakan bahan pra cetak dengan bentuk yang simpe. Jika ada bagian rumah yang rusak, hampir semua tukang bangunan dapat memperbaikinya karena bentuknya yang umum.

05 Tidak Ketinggalan Zaman

Meskipun dikatakan rumah minimalis, bukan berarti rumah ini terlihat murahan dan tidak estetik. Dengan sedikit permainan tata ruang, pengaturan interior dan perawatan berkala, rumah minimalis adalah rumah yang terlihat elegan dan modern.

Kelebihan Rumah minimalis yaitu desain rumah yang bersifat generik yang cocok untuk semua kalangan, tidak peduli kalangan entry level, menengah atau golongan atas. Karena rumah minimalis memiliki sifat menyediakan ruang universal, bukan menunjukkan identitas sosial. 

06 Kompak

Kelebihan lain dari rumah minimalis adalah desainnya yang kompak dan multifungsi. Kita bisa menggunakan furniture yang berfungsi ganda, tidak memakan banyak ruang dan bisa dilipat.

meja lipat
Meja lipat - pinterest 

Misalnya tempat tidur yang memiliki laci untuk menyimpan sepatu, rak dinding, penyimpanan di bawah tangga dan sebagainya. Semua itu cocok diterapkan dirumah minimalis.

07 Ramah Lingkungan

Dengan menghemat ruang untuk bangunan rumah, otomatis kita dapat menyediakan sisa lahan untuk membangun taman hijau yang akan membuat bangunan lebih ramah lingkungan. Taman di rumah berfungsi sebagai sarana menanam pohon untuk menambah oksigen, menyediakan area penyerapan air hujan untuk menjaga kelembaban tanah di area perumahan serta memperindah rumah dengan tanaman.

Inilah kelebihan rumah minimalis yang jarang diketahui orang. Rumah minimalis juga cocok menerapkan KDH (Koefisien dasar hijau) yaitu area hijau seperti yang dijelaskan di atas sesuai dengan peraturan pemerintah terbaru tentang bangunan ramah lingkungan.

08 Berlaku Umum

Keunggulan mutlak dari rumah minimalis adalah desainnya yang berlaku universal secara internasional. Rumah minimalis dapat dibangun oleh siapa saja tanpa memandang status sosial, latar belakang, jabatan, kelas sosial dan lain sebagainya.

Rumah minimalis juga telah menjadi rumah sejuta umat saat ini. Artinya desain rumah minimalis telah menjadi sesuatu yang dapat diterima secara luas oleh masyarakat dunia saat ini.

Demikianlah Kelebihan Rumah Minimalis dan Alasan kita untuk Memilih rumah minimalis di zaman modern yang serba cepat ini. Saat memilih desain rumah minimalis penting untuk memperhatikan bahwa desain harus tetap memenuhi kriteria ruang dan regulasi yang berlaku di masing-masing daerah.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter