Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap umumnya terbuat dari dua bahan yaitu kayu atau baja. Dalam konstruksi komersial dan industri, rangka atap baja menjadi pilihan utama dan menyebabkan  popularitas rangka atap baja ringan di pasar bangunan menjadi melonjak.

Seperti halnya produk bangunan lainnya, ada kelebihan dan kekurangan untuk membangun dengan rangka atap baja ringan yang akan dijelaskan dalam artikel ini :

Keuntungan menggunakan rangka atap baja

Kelebihan rangka atap baja ringan
Kelebihan rangka atap baja ringan - hargagalvalumblitar.blogspot.com


Semua keuntungan membangun dengan atap baja ringan sama dengan manfaat membangun dengan baja pada umumnya. Selain memenuhi syarat bahan bangunan ramah lingkungan yang ketat, baja juga kuat, tahan lama, dan tahan terhadap sebagian besar ancaman yang biasanya rentan rangka atap kayu.

01. Rasio kekuatan-terhadap-berat yang tinggi.

Salah satu keunggulan utama rangka atap baja ringan adalah rasio kekuatan terhadap beratnya yang tinggi. Hal ini tidak hanya menghasilkan produk yang lebih kuat, dan produk yang dapat menahan angin kencang dan hujan, tetapi juga memungkinkan desain atap dengan bentang yang lebih lebar.

Inilah sebabnya mengapa rangka atap baja ringan hampir secara eksklusif menjadi pilihan bagi pembangun yang merancang arena olahraga besar, gudang, hanggar, dan sebagainya.

02. Baja bisa dibuat pabrikasi masal dan seragam.

Tidak seperti kayu yang tidak mungkin dibuat seragam karena sifatnya yang alami, rangka baja benar-benar dapat dibuat masal, seragam serta presisi. Mereka dibuat di pabrik dengan kontrol kualitas yang ketat.

Produk atap baja ringan yang tiba di lokasi kerja dibuat persis seperti yang dirancang, dengan hanya sedikit variasi kualitas. Hal ini tidak mungkin dilakukan pada material kayu, yang sifatnya dan kualitasnya dapat sangat bervariasi dari waktu ke waktu, terutama karena fluktuasi suhu dan kelembaban relatif.

03. Baja berumur panjang dan tahan lama.

Rangka atap baja ringan yang dilapisi dengan baik dapat bertahan sangat lama. Tidak hanya dapat bertahan dari situasi tekanan tinggi karena menopang atap, baja juga membutuhkan perawatan yang sangat minim.

Baja juga memiliki kepadatan yang tinggi, sehingga deformitas yang signifikan dapat terjadi. Sebagian besar kerusakan baja akan terlihat jelas dan menunjukkan perlunya penggantian sebelum atap roboh.

Sistem atap baja ringan juga direkomendasikan di daerah-daerah di mana ada angin kencang atau potensi badai. Atap dapat direkayasa untuk menahan pengangkatan oleh angin yang sangat tinggi, termasuk angin kekuatan badai.

04. Memiliki Resistensi hama terbaik.

Rangka atap kayu rentan terhadap hama, yang merupakan ancaman serius di daerah yang rentan terhadap rayap dan serangan hama kayu lainnya. Meskipun kayu dapat diolah untuk meningkatkan resistensi hama, perawatan tersebut pada dasarnya beracun, yang mengurangi kualitas udara dalam ruangan dan merupakan jejak gelap pada setiap proyek yang ingin disebut ramah lingkungan.

05. Rangka Baja Ringan tahan api.

Lapisan logam yang tahan api membuat rangka atap baja hampir tidak bisa dihancurkan oleh api kebakaran biasa. Ini penting untuk struktur banguan apa pun dengan penghuni yang tinggal atau yang memiliki properti yang berharga di dalamnya.

Peningkatan ketahanan terhadap kebakaran juga dan menambah manfaat untuk bangunan yang dibangun di daerah badai tinggi atau di mana ada risiko yang lebih besar dari aktivitas seismik dan konsleting listrik, yang keduanya dapat meningkatkan risiko kebakaran pada bangunan.

06. Baja termasuk material Ramah lingkungan.

Bangunan dengan bahan baja dan logam mendapatkan poin ekstra untuk program sertifikasi bangunan ramah lingkungan seperti LEED. Salah satu alasan utama adalah rangka baja dapat dibuat dengan menggunakan hingga 90% bahan daur ulang dan juga 100% dapat didaur ulang pada akhir masa pakainya.

Ini, dikombinasikan dengan fakta bahwa mereka sangat tahan lama dan jarang perlu diganti, menjadikannya produk bangunan yang sangat ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Jika dilihat secara keseluruhan, keunggulan ini menjadikan rangka atap baja ringan sebagai pilihan bangunan yang terjangkau, terutama bila Anda menimbang penghematan yang diperoleh melalui biaya pakai seumur hidup karena daya tahan dan umur panjangnya.

Kekurangan menggunakan rangka atap baja

Kekurangan rangka atap baja ringan
Atap baja juga bisa ambruk - pandawacanopy.com

Tentu saja, tidak ada produk yang sempurna, jadi rangka atap baja ringan ini ada juga kerugiannya, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

01. Kerentanan terhadap korosi.

Rangka atap baja ringan mungkin saja tahan terhadap hama, api, dan angin, namun ternyata rangka baja ringan ini rentan terhadap korosi, terutama akibat dari paparan kelembaban yang kronis dan lokasi di pinggir laut yang memperpendek umur logam.

Namun, rangka baja yang dibeli dari produsen berkualitas akan dirancang dan dilapisi sesuai dengan kondisi iklim dan bangunan. Lapisan ini menghilangkan risiko korosi, dengan asumsi bangunan menerapkan penghalang uap yang memadai, seperti ventilasi dan isolasi.

02. Baja adalah konduktor panas.

Baja dengan cepat memancarkan panas yang diserap. Sementara rangka baja tidak menawarkan tingkat insulasi bawaan yang sama dengan rangka kayu, kekurangan ini juga bisa diperbaiki melalui penghalang dan insulasi radiasi yang memadai.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa dengan penambahan isolasi juga dapat meningkatkan biaya yang diperlukan untuk mengisi ruang loteng. Artinya harus ada beberapa tahap pekerjaan yang diperlukan.

03. Baja melengkung rusak pada suhu tinggi.

Rangka baja ringan dapat rusak pada suhu 800 ° F dan baja terlihat mengembang pada 1000 ° F, memberikan tekanan lateral yang kuat yang dapat menyebabkan dinding bangunan retak.

Memuainya rangka karena panas juga dapat menyebabkan baja melengkung dan rusak. Dengan demikian, rangka atap baja yang tahan api adalah syarat untuk memastikan baja akan tetap kokoh jika terjadi kebakaran, mengingat bahwa rata-rata kebakaran rumah tinggal mencapai suhu sekitar 1.100 ° F.

04. Dibutuhkan keterampilan khusus.

Karena rangka atap baja ringan adalah material yang relatif baru di lokasi bangunan khususnya untuk perumahan, ada tingkat keterampilan yang diperlukan untuk mendirikan dan membangunnya sesuai instruksi pabrik.

Ada juga persyaratan alat yang sedikit berbeda, dan alat-alat ini biasanya tidak bisa dipakai rata-rata pekerja, kecuali mereka sudah bekerja dengan baja dan komponen bangunan logam secara teratur.

Kurangnya keterampilan dan alat yang tepat dapat mengakibatkan rangka atap baja ringan tidak terpasang dengan baik atau meningkatnya biaya tenaga kerja untuk menemukan kru yang dapat melakukan pekerjaan dengan benar.

Karena banyak kelemahan rangka atap baja ringan, banyak pemilik rumah masih enggan menggunakannnya, meskipun belakangan ini mereka sudah mulai menimbang kembali untuk menggunakan rangka atap baja ringan.

Kuncinya adalah membeli dari produsen atau pemasok yang tepat dan memastikan tukang baja tersebut berpengalaman dalam hal alat, teknik dan perhitungan yang diperlukan untuk membangun gedung atau rumah sesuai spesifikasi desain.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar