Skip to main content

Jenis Wastafel, Karakteristik serta Aplikasinya

Memilih wastafel di kamar mandi mungkin masih cukup membingungkan karena belum banyak yang mengetahui jenis-jenis wastafel yang beredar di pasaran. Dalam artikel ini akan dibahas lebih jelas mengenai jenis wastafel, karakteristiknya dan tempat pengaplikasian yang tepat untuk setiap jenis wastafel.

01. Wastafel wall-mounted

Wastafel wall-mounted
Wastafel wall-mounted

Wastafel wall-mounted adalah jenis wastafel yang dipasang menempel ke dinding. Wastafel jenis ini biasanya memiliki bentuk yang ramping dengan dimensi mangkok yang lebar namun tidak terlalu dalam. Keunggulan jenis wastafel ini adalah hemat ruang dan terkesan ringan sehingga cocok dipasang pada kamar sempit. Instalasinya pun cukup mudah karena tidak perlu tambahan media apapun, cukup sekerup ke dinding dan pasangkan pipa-pipanya. Wastafel jenis ini juga dikenal dengan istilah wall-hug lavatory.

02. Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount

Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount
Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount

Wastafel jenis ini memiliki banyak nama namun sebenarnya mengacu pada benda yang sama. Wastafel jenis ini memerlukan top table (topping meja) untuk memasangnya. Bagian mangkok wastafel ini tenggelam ke meja, namun bibir atasnya tetap muncul di atas meja. Wastafel jenis ini cocok dipasagkan dengan meja vanity atau dibuatkan toping beton yang menempel ke dinding. Wastafel jenis ini juga dikenal dengan istilah counter lavatory.

03. Wastafel undermount

Wastafel undermount
Wastafel undermount

Wastafel undermount merupakan jenis wastafel yang seluruh bagiannya berada di bawah topping meja. Dengan demikian bibir lubang meja juga harus dibentuk dan dihaluskan agar mengikuti bentuk wastafel. Instalasinya mungkin agak sedikit rumit, namun dalam hal perawatan, wastafel ini yang paling mudah dibersihkan karena kita cukup hanya membersihkan mejanya saja.

04. Wastafel pedestal

Wastafel pedestal
Wastafel pedestal

Wastafel jenis ini memiliki kaki pedestal sehingga bisa berdiri sendiri. Wastafel jenis ini cocok digunakan di area outdoor dimana tidak ada tumpuan lain untuk wastafel. Wastafel jenis ini biasanya memiliki bentuk yang ramping dengan lubang mangkok yang tidak terlalu dalam. Meskipun sudah memiliki kaki, namun perkuatan ke bawah (ke lantai) harus tetap ada sehingga wastafel tidak jatuh.

05. Wastafel top-mount (baskom / mangkok)

Wastafel top-mount (baskom / mangkok)
Wastafel top-mount (baskom / mangkok)

Wastafel top-mount ini terlihat seperti baskom di atas meja. Tidak seperti jenis self-rimming, wastafel ini seluruhnya berada di atas meja. Wastafel ini merupakan jenis yang sangat digemari untuk rumah bergaya kontemporer. Bentuk baskom ini bisa divariasikan dan dibuat dari berbagai material seperti porcelain, batu, kaca dan bahkan kayu. Wastafel ini agak lebih sulit dibersihkan karena harus membersihkan bagian luar mangkok / baskomnya.

Nah demikianlah mengenai jenis-jenis wastafel yang bisa kita pilih di pasaran. di Indonesia ada cukup banyak penyedia wastafel yang berkualitas seperti Toto, Grohe, Kohler, American Standard, DUTY, Galileo, AER, Filtra dan masih banyak lagi. Semua kembali kepada pembeli, namun harus tetap memperhatikan fungsi, estetika bentuk dan daya tahan produk serta budget yang tersedia.

Beberapa jenis bisa dikombinasikan dengan meja vanity untuk memberikan tempat penyimpanan tambahan di kamar mandi. Jenis tersebut yaitu : self-rimming, undermount dan wastafel top-mount (baskom). Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar