Skip to main content

7 Keunggulan Baja pada Bangunan

Bahan baja bukan hanya untuk gedung pencakar langit, bangunan besar dan garasi. Ada beberapa alasan mengapa baja membuat bangunan menjadi lebih menarik dari awal hingga akhir konstruksi, yang diantaranya adalah :

  • Sustainable
  • Affordability
  • Durability


7 Keunggulan Baja pada Bangunan
7 Keunggulan Baja pada Bangunan

Baja adalah bahan bangunan serbaguna, yang telah ada di hampir setiap tahap proses konstruksi dari framing dan balok lantai, hingga bahan atap. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang membuat struktur baja pilihan yang handal.

1. Baja Lebih Ringan dari Kayu

Jika Anda menimbang kayu 2x4 dan baja 2x4, baja akan lebih berat sebagai hasil dari kepadatannya. Akan tetapi, jika menyangkut konstruksi framing baja, desain balok-baja baja hampir selalu lebih ringan daripada desain balok kayu yang paling ringan dan berstruktur. Hal ini karena baja dapat dibuat bentuk hollow namun dengan kekuatan yang lebih dari kayu padat.

Selain mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan untuk bekerja dengan baja, keunggulan bobot yang lebih ringan dapat mengurangi biaya pengiriman bahan dan juga dapat menyederhanakan desain fondasi bangunan serta sistem pendukung struktural lainnya, yang selanjutnya dapat mengurangi anggaran proyek.

2. Membangun Lebih Cepat dengan Baja

Era teknologi tinggi sekarang ini membuat setiap klien menginginkan bangunan mereka selesai lebih cepat dari jadwal. Proyek yang dituntut cepat dapat menjadi mimpi buruk bagi arsitek dan pelaksana konstruksi, karena mengambil jalan pintas dapat menyebabkan berdirinya bangunan yang tidak aman dan produk jadi yang tidak sesuai keinginan. Namun itu semua terselesaikan dengan penambahan bahan baja.

Bagian-bagian baja dapat dipra-cetak di dalam pabrik dan dikirim ke lokasi sehingga siap untuk didirikan. Ini mempercepat waktu konstruksi secara signifikan, memungkinkan untuk menyelesaikan proyek skala besar dalam hitungan minggu.

Karena proses fabrikasi sangat terkontrol, manajer proyek dapat memfokuskan perhatian mereka pada masalah lain. Baja siap untuk dirakit di lokasi sehingga mengurangi waktu untuk mengukur dan memotong di lokasi.

Hal ini juga mengurangi faktor kesalahan manusia, mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk membuat cetakan di lapangan.

Waktu pengerjaan struktur yang lebih cepat juga mengurangi jumlah waktu proyek, mempengaruhi aliran kas masuk dan keluar dari bisnis di sekitarnya dan menghindari gangguan air atau utilitas ke bangunan terdekat.

3. Hemat Uang dengan Baja

Sebagian besar penghematan biaya dapat diperoleh dari pengurangan tenaga kerja dan  pengurangan waktu pelaksanaan konstruksi. Namun, membangun dengan baja juga menghemat uang melalui penghematan sustainability karena baja dapat digunakan seumur hidup apabila dirawat dengan baik.

Baja bisa dibongkar, didaur ulang sehingga bisa digunakan kembali tanpa harus membeli ulang. Biaya pemeliharaan, perbaikan dan penggantian cukup minim, bahkan selama 50 tahun atau lebih.

Inovasi dalam produksi baja, dikombinasikan dengan persaingan yang lebih besar untuk memenuhi permintaan baja yang meningkat, telah membawa harga baja lebih rendah dari pada harga baja 20 tahun yang lalu. Ketika digabungkan bersama, manfaat penghematan biaya ini menjadikan baja sebagai salah satu produk bangunan paling terjangkau di pasaran.

4. Kualitas Bahan Baja Sangat Luar Biasa

Fleksibilitas baja tidak ada bandingannya. Dari pemanfaatan baja secara struktural untuk dibentuk menjadi bentuk apa saja hingga diolah untuk menjadi elemen finishing dan dekorasi. Keserbagunaan baja adalah bagian penting yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk bahan bangunan perumahan.

Arsitek dan desainer menyukai kemampuan baja yang memberikan kesempatan imajinasi artistik mereka tertuangkan dalam konstruksi. Di sisi lain baja masih memiliki kemampuan untuk menjadikan sebuah bangunan aman dan kokoh.

Daya tahan yang sama ini juga memungkinkan desain serbaguna dari bangunan bentang besar, seperti gantungan pesawat, gudang, bangunan pertanian, dan arena indoor. Stuktur baja juga memungkinkan untuk pembangunan gedung pencakar langit, yang tertinggi berada di Dubai pada ketinggian 2722,4 kaki (829,8 m). Sektor komersial tidak lagi menyudutkan pasar pada bangunan baja.

5. Kombinasi Baja dan Kayu

Sebagian besar pemilik rumah menyukai fleksibilitas dan daya tahan baja, mereka berhati-hati untuk meninggalkan dari kayu sepenuhnya. Akibatnya, banyak perusahaan konstruksi menawarkan baja hibrida dengan bangunan kayu, yang mengambil keuntungan dari kekuatan, daya tahan dan manfaat struktur yang ditawarkan oleh baja, dipasangkan dengan sifat insulasi dan estetika serat kayu.

6. Baja Bisa Dibuat Daur Ulang

Baja dibuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang pada akhir masa pakainya, salah satu dari banyak alasan mengapa baja ini dapat memperoleh nilai bagus dalam program sertifikasi bangunan ramah lingkungan green design.

Sebanyak 80 juta ton baja didaur ulang setiap tahun, menjadikannya produk yang paling banyak didaur ulang di dunia. Sejak tahun 1990, industri baja telah mengurangi intensitas energi per ton baja yang dihasilkan sebesar 28% dan emisi CO2 sebesar 35% per ton baja yang dikirim. Pengurangan dalam penggunaan energi dan emisi CO2 dengan cepat mencapai batas yang ditentukan oleh hukum fisika.

Ketika dikombinasikan dengan metode desain lainnya, bangunan baja sangat hemat energi. Sambungan antara bagian-bagian baja berkualitas tinggi, prefabrikasi sangat tepat sehingga dengan penambahan insulasi yang memadai, mereka kedap udara dan nyaman, memastikan bangunan memiliki kulit yang tertutup rapat.

7. Presisi Dalam Bangunan

Bahan baja dapat dibuat dalam sistem pra cetak yang sangat presisi, lebih baik daripada struktur kayu dan bambu. Hal ini dapat mengurangi kesalahan pada bangunan dan meningkatkan kerapian bangunan.

Demikianlah mengenai sederetan keunggulan baja yang bisa kita dapatkan jika menggunakan struktur baja dalam bangunan. Namun perlu diperhatikan dalam membangun dengan baja terdapat beberapa faktor yang menentukan hasil yang maksimal, yaitu kualitas bahan baja dari produsen baja dan keterampilan tukang yang mengerjakan baja tersebut.

Referensi :


  • http://northern-weldarc.com/advantages-disadvantages-structural-steel-structures/
  • https://www.whirlwindsteel.com/blog/bid/407580/7-advantages-of-structural-steel-frame-construction
  • http://www.engineeringintro.com/introduction-to-steel/steel-structure/advantages-of-steel-structures/
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar