6 Manfaat Amplas Selain Menghaluskan Kayu - Arsitur Media Desain

6 Manfaat Amplas Selain Menghaluskan Kayu

- 3/15/2019


Amplas adalah bahan abrasif yang sering digunakan di lokasi konstruksi atau bengkel furnitur. Anda dapat membayangkannya sebagai lembaran yang memiliki beberapa gigi yang bergesekan pada permukaan kayu, logam, plastik atau bahkan kaca.

Kegunaan Amplas
Kegunaan Amplas - fotosfotos.eu


Fungsi dan jenisnya tergantung pada berapa banyak "gigi" atau grit per cm2 yang dimiliki amplas. Sedidikit gigi atau grit per cm2 namun besar berarti amplas kasar, sementara banyak gigi atau banyak grit per cm2 namun kecil berarti amplas halus.

Ampelas sangat berguna sehingga sebenarnya dibutuhkan di rumah kita sendiri. Berikut adalah kegunaan umum untuk amplas:

1. Menghaluskan Kayu sebelum di cat 

Amplas halus digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu sebelum cat diaplikasikan. Ini membuat cat melekat lebih baik pada permukaan kayu yang bersih dan halus. Tidak banyak cat juga terbuang jika kayu sudah diamplas. Selain itu, amplas dapat membantu menghaluskan cat untuk mendapatkan tampilan yang lebih elegan, bersih dan lembut.

2. Menghapus Noda Nat Lantai

Apakah Anda lelah membersihkan noda nat di antara ubin-ubin atau keramik terutama yang ada di lantai dan kamar mandi? Amplas dapat digunakan untuk menghilangkan noda nat saat Anda ingin merapikan area tersebut dengan lembut. Anda pasti akan terkesan dengan apa yang dapat dilakukan amplas hanya dalam beberapa menit. Mungkin banyak deterjen atau bahan kimia gagal melakukan ini dalam waktu yang lama.

3. Untuk Poles Logam

Selain dari kayu dan cat, amplas juga bisa memoles permukaan logam. Salah satu penggunaan praktis ini adalah untuk menghaluskan permukaan logam yang berkarat karena oksida besi tidak dapat menembus seluruh logam dan merusak sepenuhnya. Anda juga dapat membersihkn ujung kasar jarum atau bagian berkarat dari meja dan kursi taman dan mengecat ulang setelahnya untuk tampilan baru yang halus.

4. Mengolah Beberapa Bahan

Amplas kasar dapat digunakan untuk membuat sol sepatu menjadi kasar sehingga Anda tidak akan terpeleset saat berjalan di atas lantai keramik. Dengan menggosok sol yang halus dengan amplas kasar, mereka dapat membuat gaya gesek yang lebih baik ke lantai yang permukaannya licin. Ini akan membuat sepatu tidak mudah selip.

Prinsip yang sama ini dapat digunakan untuk bahan karet atau plastik di bawah kaki kursi atau meja di ruang makan atau ruang tamu. Untuk memastikan bahwa meja dan kursi tidak selip.

5. Meningkatkan Tampilan Aksesoris

Amplas halus, serta amplas kasar, dapat digunakan untuk meningkatkan aksesori fesyen Anda terutama yang terbuat dari kayu, plastik, dan bahkan logam. Kertas amplas dapat membuat tepi bundar menjadi lebih jelas dan berbeda, untuk daya tarik estetika lebih baik.

6. Untuk Membuat Karya Seni
Amplas juga terbukti bisa dipakai dalam membuat karya seni. Amplas biasanya digunakan oleh seniman yang menegrjakan seni pada media campuran. Amplas sederhana dapat menambah tekstur pada karya mereka saat dibutuhkan, atau menambahkan kelembutan pada bahan yang sangat kuat, seperti kayu, untuk menciptakan kontras.

Demikianlah mengenai manfaat amplas, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca sekalian.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter