14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur - Arsitur Media Desain

14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur

- 3/09/2019


Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan karya Arsitektur terbaik yang ada di Indonesia yang berada di daerah Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sejatinya adalah tempat ibadah penting bagi umat Buddha yang dianggap sebagai salah satu Kuil Terindah di Indonesia.

Borobudur adalah salah satu situs warisan budaya yang paling terkenal dan pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Sebagai bentuk harmoni desain dalam mencapai estetika pada arsitektur Buddha di pulau Jawa, candi Borobudur bahkan telah populer saat ini di seluruh dunia.

14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur
14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur


Dengan semua keistimewaan itu, situs ini selalu menjadi daftar wajib bagi orang asing yang mengunjungi Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Dan bagi orang Indonesia, Anda harus lebih mengenal bangunan candi ini. Namun, Anda juga perlu mengetahui fakta-fakta menarik dibalik candi Borobudur ini.

01. Dibangun dengan tumpukan batu vulkanik tanpa menggunakan perekat apa pun

Bagi mereka yang telah mengunjungi Borobudur, pasti tahu betul bahwa candi Borobudur dibangun tanpa menggunakan perekat semen seperti bangunan modern. Candi Borobudur terdiri dari balok-balok batu. Setiap potongan batu disusun tanpa menggunakan semen atau perekat. Batu-batu ini hanya ditumpuk dan disambung dengan pola-pola tertentu untuk saling mengikat (Interlock). Hebatnya, bangunan ini tahan lama hingga sekarang.

02. Dibangun selama 23 tahun tanpa alat berat

Saat ini, bangunan 25 lantai dapat dibangun selama setahun dengan peralatan modern. Ukuran candi Borobudur sama dengan bangunan 10 lantai. Saat membangun Borobudur, tidak ada buldoser untuk meratakan tanah. Tidak ada truk untuk mengangkut batu. Juga tidak ada crane untuk mengangkat batu.

Semua pekerjaan dilakukan dengan alat sederhana seperti palu dan tuas. Satu-satunya kendaraan di sana saat itu adalah 'pedati'. Pedati adalah gerobak yang ditarik oleh seekor sapi. Bisa dibayangkan seberapa besar dan berat batu harus ditarik secara perlahan. Batu-batu itu diatur satu per satu sampai membentuk candi Borobudur. Itu sebabnya, perlu 23 tahun untuk membangun Candi Borobudur hingga selesai seperti sekarang ini.

03. Terletak di area khusus

Borobudur terletak di daerah yang subur dan strategis. Candi Budha ini terletak di antara dua gunung yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kemudian, Pegunungan Menoreh juga mengambil bagian untuk 'menjaga' Candi Borobudur. Ada juga dua sungai, Progo dan Elo di sekitar Candi Borobudur.

04. Kuil Budha terbesar di dunia

Candi Borobudur terdaftar di Guinness World Records sebagai situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia, dengan luas 15.129 meter persegi, tinggi 42 meter dengan 10 tingkat, panjang realistis candi ini lebih dari 1 km, dan terdiri dari 72 stupa . Selain itu, Candi Borobudur juga dianugerahi gelar sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

05. Terdiri dari 2672 relief

14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur
14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur

Dinding candi Borobudur dipenuhi 2672 panel relief yang jika disusun dalam satu garis akan mencapai panjang enam kilometer. Ini dianggap sebagai ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. Dalam nilai seni, relief di Candi Borobudur bisa dikategorikan luar biasa indah.

Relief yang diukir di dinding candi dibagi menjadi empat cerita utama, yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awadana, dan Gandawyuha. Mereka terutama diberi tahu tentang perjalanan hidup Buddha dan nilai-nilainya. Relief juga mencatat kemajuan masyarakat Jawa pada waktu itu.

06. Kepala patung sering dicuri karena harganya yang mahal

Borobudur bukan berarti tanpa risiko atau ancaman. Ancaman terhadap kehancuran bangunan candi tidak hanya datang dari bencana alam, tetapi juga beberapa kejahatan dengan mencuri beberapa bagian candi, terutama kepala patung Buddha yang dipotong dengan mendorongnya ke bawah. Para pencuri biasanya akan menjualnya dengan harga tinggi ke pengepul.

07. 9 buah stupa rusak pada 1980 karena serangan bom

Candi Borobudur pada awal pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan juga sering menerima banyak ancaman. Berdasarkan Sejarah Candi Borobudur, akhirnya ancaman paling mengerikan datang pada tahun 1980. Seorang pemimpin radikal meledakkan bom dan menghancurkan 9 stupa. Stupa yang hancur gagal diselamatkan. Pada akhirnya pemimpin radikal itu ditahan dan dipenjara karena serangkaian ancaman bom tersebut.

08. Telah dinyatakan sebagai salah satu dari 7 keajaiban di dunia

14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur
14 Fakta Menarik Tentang Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah peninggalan candi terbesar di abad ke-9. Kuil ini terlihat begitu menakjubkan dan kokoh yang membuatnya menjadi terkenal di seluruh dunia. Warisan sejarah bernilai tinggi ini pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tapi tahukah Anda bahwa sama seperti di bangunan arkeologi lainnya, Candi Borobudur menyimpan misteri tentang bagaimana membangunnya? Misteri ini masih membuat banyak pendapat spekulatif terhadap kontroversi tersebut termasuk mitos-mitos masyarakat setempat.

09. Digunakan sebagai arah yang akurat

Beberapa dari kita mungkin akan mengatakan bahwa hanya perlu melihat arah matahari terbit untuk menentukan di mana timur. Namun, sebenarnya tidak begitu akurat. Satu hal yang perlu Anda ingat ketika bumi berputar dalam keadaan miring yaitu sekitar 22,1 derajat hingga 24,5 derajat. Itu sebabnya arah matahari tidak selalu tepat terbit di timur. Matahari hanya terbit di titik timur 2 kali setahun. Tanggal 20-21 Maret dan 22-23 September.

Anehnya, arsitek Candi Borobudur menyadari hal ini, dan sudah mengetahui titik timur yang sebenarnya. Karena itu, candi Borobudur dibuat dengan menghadap ke selatan dan utara dengan akurat dan sangat tepat.

10. Stupa digunakan sebagai jam matahari

Apakah Anda pernah datang ke Candi Borobudur? Jika sudah, Anda pasti tahu bahwa di kuil yang satu ini ada banyak stupa berbentuk seperti lonceng yang terbalik. Di Candi Borobudur terdapat 72 stupa, stupa terbesar ada di lantai paling atas Candi Borobudur. Menurut para ilmuwan, stupa di Candi Borobudur juga berfungsi sebagai jam matahari. Jam ini digunakan sebagai penunjuk waktu.

11. Menjadi terkenal di dunia karena Sir Thomas Raffles

Pada saat itu Borobudur mulai dikenal di dunia bukan karena banyaknya foto yang tersebar di Instagram. Pada zaman kuno, untuk mendapatkan informasi dari bagian lain dunia sangat terbatas. Namun, sebuah buku karya Sir Thomas Raffles berjudul 'Sejarah Jawa' atau 'Sejarah Pulau Jawa' membuat nama Candi Borobudur tersebar luas di seluruh dunia.

12. Arti nama Borobudur masih misterius

Ada banyak spekulasi mengapa namanya Borobudur. Banyak ahli mencoba menafsirkan makna nama Borobudur tersebut. Raffles mendefinisikan Borobudur dalam tiga versi nama, yaitu Borobudur yang berarti Buddha Besar (Boro = Hebat, Budur = Buddha), tempat kuno (Boro = nama daerah, Budur = kuno), dan (Boro = Banyak, Buddur = Buddha). Sayangnya, sejarah nama Borobudur masih belum pasti diketahui.

13. Terletak di garis lurus dengan Pawon dan Candi Mendut

Candi Pawon, Candi Mendut, dan Candi Borobudur tidak terletak di area yang sama, tetapi masih cukup tertutup. Anehnya jika Anda menggambar garis lurus di peta, lokasi ketiga candi berada di garis yang lurus. Tiga candi tersebut memang merupakan candi Buddhisme Mahayana yang menyebar ke Asia Timur. Ada juga mitos bahwa ada jalan lurus antara tiga kuil ini yang sering digunakan di zaman kuno.

14. Masih Awet

Sebagai peninggalan bangunan batu tanpa finishing tambahan, Candi borobudur termasuk bangunan yang awet hingga saat ini yang usianya sudah sangat lama. Bahkan bangunan modern yang dibuat dari beton paling hanya bertahan hingga puluhan tahun saja.

Itulah fakta-fakta candi Borobudur. Anda tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah candi terbanyak. Jadi, sudahkah Anda menetapkan waktu untuk mengunjungi salah satunya ?



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter