Skip to main content

Tips Mengecat Permukaan Dinding yang Bernoda

Cat adalah alat desain yang menarik. Cat dapat menambah warna dan kesan dalam ruangan dan dapat membantu menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan terlihat lebih besar, lebih kecil, lebih luas atau lebih sempit. Cat dapat membuat ruangan suram terlihat bersih dan mencerahkan sudut-sudut kusam. Cat bahkan bisa meniru tampilan batu dan bahan bertekstur lainnya.

Tips Mengecat Permukaan Dinding yang Bernoda
Tips Mengecat Permukaan Dinding yang Bernoda

Pengecatan adalah salah satu pembaruan paling murah dan paling efektif yang dapat Kita lakukan sebelum menjual rumah di pasaran. Ini juga merupakan proyek do-it-yourself (lakukan sendiri) yang mudah. Ada produk cat dasar dan akhir dalam satu produk yang membuat proses pengecatan lebih mudah, tetapi jika dindingnya bernoda, kotor, berminyak atau licin, cat tidak akan menempel atau tidak akan memberikan perlindungan yang baik. Itu bukan berarti noda tidak bisa dicat, namun hanya harus disiapkan terlebih dahulu.

Dalam hal mengecat, bagian terbesar dari pekerjaan adalah dalam persiapan. Ketika dihadapkan pada dinding kotor yang memiliki permukaan yang tidak ramah cat, persiapan yang baik bukan hanya teori, tetapi adalah dasar dari proyek pengecatan yang layak.

Ada produk cat yang tersedia saat ini yang dapat mengecat hampir semua permukaan, termasuk plastik yang fleksibel, tetapi beberapa jenis noda masih bisa sangat tahan dan menyusahkan. Mari kita lihat beberapa cara noda dapat menyabot pekerjaan cat yang bagus dan membahas beberapa solusi cepat yang akan mengubah dinding kotor menjadi dinding yang layak untuk karya seni terbaik Kita.

Kiat Mengecat Noda

Noda hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan sumber. Dari nikotin bekas asap rokok hingga noda air dari keran atau atap yang bocor, ada sesuatu tentang betapa mudahnya stucco dan drywall dapat berubah warna. Kayu juga bisa bermasalah. Kayu bernoda bisa sulit untuk ditutupi dan merupakan sebuah tantangan jika permukaan telah dipernis.

Solusi Cat yang Tidak Menempel

Pada dinding yang bernoda, dipernis atau sangat kotor, cat cenderung tidak lengket, jadi mungkin perlu dilakukan terapi permukaan yang baik. Agar cat menempel, dinding harus bersih. Dalam kasus dinding bernoda nikotin, itu berarti perlu pembersihan menyeluruh dengan pembersih lemak yang kuat. Residu kimia dalam lapisan asap rokok bisa jadi sulit untuk diatasi, tetapi bahan seperti TSP (trisodium fosfat) atau amonia keduanya efektif.

Tips Mengecat Permukaan Dinding yang Bernoda
Tips Mengecat Permukaan Dinding yang Bernoda

Permukaan yang Telah Terlapisi

Setelah sebagian besar warna noda hilang dan dinding punya waktu untuk benar-benar kering lebih dari satu atau dua hari, hasil prima dapat diraih dan dicat seperti biasa. Enamel cat dan cat dasar (berbasis minyak) dapat menjadi hal yang sulit untuk dikerjakan, tetapi menawarkan peluang yang bagus. Lapisan ini juga menciptakan penghalang antara cat lama dan baru, menghilangkan banyak potensi untuk noda lain. Jika masih ada potensi noda di rumah, cat berbasis minyak juga bisa dicuci dengan air.

Mengecat Dinding Berjamur

Saat berurusan dengan noda air, ada beberapa masalah yang perlu diatasi sebelum mengecat. Yang pertama adalah pertumbuhan jamur. Jamur tidak selalu berkembang di dinding yang lembab. Namun, tidak perlu banyak uap air bagi jamur untuk meninggalkan noda. Ketika jamur berkembang, itu bisa menjadi masalah kesehatan, jadi mengecatnya bukanlah pilihan sampai Kita tahu jamurnya sudah mati.

Untuk area kecil, bunuh koloni jamur dengan pemutih klorin. Jika area yang berubah warna lebih besar dan Kita melihat perubahan warna hitam, abu-abu, putih atau kuning yang berbau berjamur dan terlihat kasar, gunakan kapas atau beludru, jangan mencoba untuk mengatasi dengan menyentuhnya sendiri. Jika tempat itu kecil, baunya bersih (tidak berjamur) dan terlihat berubah warna tetapi hanya oleh air, pastikan permukaan tersebut kering sebelum mencoba mengecatnya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menemukan dan menangani sumber kebocoran sebelum mencoba mengecat ulang

Mengecat Permukaan Lembab

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat mengecat dinding adalah memastikan bahwa permukaan tersebut kering. Jangan mengecat dinding bagian dalam (interior) jika belum memperbaiki masalah kebocoran. Sekalipun menggunakan cat pelapis anti bocor juga sia-sia. Atasi masalah kebocoran pertama kali dengan memperbaiki permukaan dinding luar, tunggu hingga kering barulah kemudian melakukan pengecatan di bagian dalam ruangan.

Mengecat Kayu yang Bernoda

Dinding dan pintu kayu bernoda biasanya gelap dan bisa sangat halus (atau dipernis, dipernis atau dienamel) sehingga cat tidak akan melekat. Untuk membuat dinding dari kayu bernoda, amplas permukaannya dengan ampelas halus (level 80 hingga 100). Setelah diampelas dan dibersihkan (proses menciptakan banyak debu), permukaan dapat dipoles dan dicat relatif mudah dengan berbasis minyak serta beberapa cat lateks. Bergantung pada warna noda kayu, proses mungkin membutuhkan beberapa lapis cat.

Demikianlah Tips Mengecat Permukaan Dinding yang Bernoda. Semoga dapat menambah wawasan dan membantu dalam mengatasi masalah pengecatan dinding yang mungkin seringkali kita jumpai dalam praktek pengecatan dinding rumah ataupun bangunan lainnya.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar