Skip to main content

Tips Green Interior di Rumah

Menurut Wikipedia, Gaya sustainable (berkelanjutan) mengacu pada gaya hidup yang berupaya mengurangi penggunaan sumber daya alam bumi oleh individu atau masyarakat. Merupakan sebuah gagasan positif yang mengacu pada masa depan, terutama jika kita ingin melestarikan planet kita untuk generasi yang akan datang.

Tips Green Interior di Rumah
Tips Green Interior di Rumah - img by thatfullstop.com


Anda mungkin tidak bisa sendirian menyelamatkan planet ini, tetapi Anda bisa membantunya dengan membuat rumah Anda sedikit lebih "hijau". Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk membuat rumah Anda menjadi lebih ramah lingkungan. Langkah kecil bisa membuat perbedaan besar. Jadikan ruang hidup Anda lebih berkelanjutan dengan tips desain green interior yang bermanfaat ini:

01 Memperlambat pembelian, Memperbarui yang ada

Jangan terburu-buru membeli semua perabotan baru. Ramah lingkungan adalah tentang mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang, jadi lakukan hal itu dengan furnitur yang ada.

Anda dapat membuat furnitur lama Anda terlihat baru dengan memperbarui atau menutupinya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan semua perabotan baru, pastikan Anda memilih barang-barang yang terbuat dari bahan tidak beracun dan organik.

02 Mengurus lantai

Karpet dapat menampung alergen dan pestisida dari luar. Karpet sintetis juga dapat mengandung senyawa organik yang mudah menguap, sejenis bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Jika Anda memiliki lantai kayu, adalah ide yang bagus untuk melestarikannya. Jika tidak, Anda dapat mencoba opsi lantai ramah lingkungan seperti parquet bambu, kayu reklamasi atau gabus.

03 Menggunakan Cat dengan bijak

Cat rumah tangga tradisional mengandung sejumlah bahan kimia. Cat juga bisa mengandung VOC (bahan kimia) seperti benzene, formaldehyde dan toluene. VOC ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang seperti pusing atau kerusakan saraf.

Saat Anda membeli cat, cari cat dengan bahan alami, tidak beracun atau aman untuk kesehatan. Anda tidak perlu khawatir tentang opsi warna. Cat-cat dengan label ramah lingkungan saat ini telah memiliki beragam warna, jadi pilihan Anda tidak akan dibatasi.

04 Aksesoris dengan barang antik

Saat tiba waktunya untuk menghias kamar Anda, periksa toko barang antik setempat, penjualan barang daur ulang dan toko barang bekas untuk barang-barang penting. Sampah bagi seseorang bisa menjadi harta yang ideal untuk skema desain Anda.

Selain dapat melestarikan lingkungan, barang antik juga biasanya memiliki nilai sejarah yang dapat menjadi investasi bagi anda untuk dijual kembali di masa depan.

05 Dekorasi Anyaman

Umumnya anyaman terbuat dari bahan alami seperti bambu dan rotan yang bisa dengan mudah kita temui di pasar tradisional. Anyaman bambu dan rotan dapat digunakan untuk kursi, meja, pot dan lainnya.

Menggunakan anyaman selain bisa membuat rumah lebih ramah lingkungan juga bisa membantu dalam mengangkat kearifan lokal. Banyak anyaman yang dikerjakan oleh pengerajin-pengerajin lokal di Indonesia.

Demikianlah Tips Green Interior yang dapat diterapkan di Rumah Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta mari bersama-sama kita lestarikan lingkungan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar