Penataan Area FOH Restoran - Arsitur Media Desain

Penataan Area FOH Restoran

- 2/05/2019


Istilah "Front Of House" pada restoran mengacu pada setiap area di dalam restoran di mana pelanggan diizinkan masuk. Area ini termasuk ruang makan, bar dan bahkan toilet. FOH adalah segala hal pada restoran yang menyentuh langsung kepada pelanggan, segala sesuatu yang bisa diakses pelanggan mulai dari parkir, entrance, seating area, receptionist, hingga toilet.

Manajemen bagian FOH restoran termasuk layanan pelanggan, mempekerjakan dan melatih staf, menyimpan dan merancang ruang makan dan bar serta merencanakan promosi restoran. Memahami bagaimana FOH restoran beroperasi menjadi sangat penting saat ingin merencanakan atau membangun restoran.

Menata Area FOH Restoran

Penataan Area FOH Restoran
Penataan Area FOH Restoran

Selain makanan yang enak, interior restoran kini juga menjadi hal yang penting. Kemunculan media sosial dan aktivitas swafoto yang semakin sering membuat para pelanggan kerap mengunggah foto mereka saat di restoran. Hal ini dapat menjadi sebuah media marketing yang bagus untuk restoran tersebut.

Jadi kebutuhan desain restoran terutama di bagian FOH bukan hanya kepentingan suasana saja, melainkan untuk promosi yang akan dilakukan oleh pelanggan itu sendiri. Semakin unik konsep interior restorannya, semakin viral pula restoran tersebut.

Bagian FOH adalah area yang dilihat pelanggan, jadi harus ditata secara konsisten dan harus mampu mencerminkan tema atau konsep restoran. Sehingga area ini harus dirancang secara efisien, menyeimbangkan suasana dengan kapasitas tempat duduk.

Beberapa peralatan dapur juga penting untuk ditata agar efektif dalam mendukung kegiatan restoran yang padat. Sebuah ruang stasiun diperlukan oleh koki dan pramusaji untuk memberikan layanan makanan yang sangat baik. Dalam hal ini yang terpenting adalah ruang sirkulasi

Menata Tempat Duduk di FOH

Restoran toilet
konsep restoran degan tema toilet; img via brilio.com

Merencanakan tempat duduk yang kita pilih dapat memaksimalkan tata ruang makan. Pastikan tempat duduk yang dipilih mencerminkan konsep restoran tersebut. Jangan hanya mengandalkan harga yang mahal. Terkadang tempat duduk yang terbuat dari drum bekas juga mampu membuat restoran laris manis karena keunikannya.

Toilet sebagai elemen penting FOH Restoran

Toilet dan ruang tunggu adalah area lain untuk dipikirkan ketika merencanakan bagian FOH restoran. Meskipun toilet hanya berfungsi sebagai penunjang, namun jangan pernah meremehkan bagian ini. Banyak wanita yang suka berswafoto di cermin toilet restoran. Oleh karena itu menyajikan toilet yang unik dan menarik di restoran merupakan sebuah tantangan.

Sirkulasi di FOH Restoran

Hal penting yang tidak boleh kita lupakan adalah ruang sirkulasi dan penataan sirkulasi di restoran. Pelanggan mungkin akan kesal jika jarak toilet dengan ruang makan terlalu jauh, meskipun ada yang menyarankan agar toilet tidak terlihat dari area ruang makan pelanggan.



Ruang gerak untuk para pegawai sebaiknya memiliki jalur khusus dan biasanya di pinggir. Jangan sampai pelanggan dan staf lewat di jalur yang sama. Pastikan ruang sirkulasi cukup meskipun kursi retoran terisi semuanya. Sisakan jarak sekitar 60-80 cm sehingga pelanggan masih bisa lewat.

Area Staf dan Pegawai

Membahas FOH adalah apa yang akan terlihat oleh pelanggan, jadi menata FOH tidak hanya memikirkan area untuk pelanggan, namun juga pegawai restoran itu sendiri. Ruang pegawai juga sebaiknya tidak terlihat oleh pelanggan. Tidak semua pegawai bisa diatur dengan baik, ketika pramusaji tidak sedang melayani pelanggan, mungkin mereka akan mengobrol atau bercanda dengan rekannya, sesuatu yang mungkin tidak semua pelanggan suka. Jadi sebaiknya area pegawai saat tidak bertugas tidak terlalu terekspos oleh pelanggan. Jangan sampai pelanggan merasa sedang ditonton oleh para pegawai restoran.

Nah demikianlah tentang Penataan Area FOH Restoran, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang perencanaan dan desain restoran. Terima kasih.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter