Skip to main content

Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah

Ruang tamu merupakan salah satu ruang penting yang harus ada di rumah. Meskipun fungsinya bukan untuk melayani anggota keluarga penghuni rumah, namun ruang tamu merupakan garda depan status sosial sebuah keluarga di rumah.


Pentingnya Ruang Tamu di Rumah

Menerima tamu mungkin bukan merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh beberapa orang. Hal ini menyebabkan orang-orang menggabungkan ruanng tamu dan ruang keluarga. Mereka mungkin beralasan kurangnya ruang untuk membuat ruang tamu.

Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah
Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah

Namun hal ini tentunya keliru, karena kedatangan tamu asing mungkin dapat mengganggu privasi keluarga. Oleh karena itu, menyediakan ruang tamu merupakan opsi penting ketika merancang, membangun atau membeli sebuah rumah. Kita tidak masalah dengan ketersediaan ruang untuk membuat ruang tamu karena ruang tamu dapat dibuat seminimal mungkin tanpa mengurangi kenyamanan tamu.






Merancang Ruang Tamu

Merancang ruang tamu dengan berbagai ukuran, itulah topik utama artikel ini. Untuk setiap ukuran ruang tamu, saya memperhitungkan area percakapan (ruang percakapan persegi) dan ekstra 3 kaki (0,9 m) untuk ruang sirkulasi. Semua dimensi yang saya bahas disini adalah untuk ruangan berbentuk persegi panjang. Jika ruang tamu memiliki bentuk yang lain seperti bundar, maka akan ada sisa yang seharusnya dapat dimanfaatkan. Ada banyak hal yang dapat kita terapkan untuk ruang tamu. Beberapa desain ruang tamu yang kita peroleh di internet mungkin bisa menjadi acuan.

01 Ruang tamu dengan ukuran sangat kecil

Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah

Kita dapat membuat ruang tamu yang sangat kecil ke dalam ruang sekitar 2 x 3 m. Ini akan menjadi ruangan kecil dan hanya akan benar-benar muat untuk sofa 2 seater kecil di satu sisi ruangan. Tetapi jika keseharian kita hanya menerima 2 atau 3 tamu maka ini merupakan solusi terbaik daripada tidak memiliki ruang tamu sama sekali. Satu hal yang penting, bila memiliki ruang tamu sekecil ini, sebaiknya tidak menggunakan tembok sebagai pemisah. Kita bisa gunakan furniture atau partisi ringan.

02 Ruang tamu kecil

Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah

Ruang tamu kecil memiliki ukuran sekitar 3 x 4 m dan akan menjadi ukuran yang minimal. Sekitar 4 atau 5 orang dapat duduk di sofa 2 seater dan 2 kursi atau dengan pengaturan 2 sofa 2 kursi atau sofa L dan 2 kursi. Pengaturan ini akan memungkinkan 2 atau 3 orang untuk menonton TV dengan nyaman jika TV dipasang di dinding di belakang sofa.

03 Ruang tamu sedang

Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah

Ruang tamu dengan ukuran sekitar 3,75 x 5,5 m akan menampung antara 6 dan 10 orang di area percakapan dengan sekitar 5 kursi menghadap TV. Sementara posisi TV akan lebih baik jika ditempatkan di sudut di dinding daripada di tengah. Ada ruang untuk sofa 3 seater di ruang tamu berukuran sedang. Untuk menampung 10 orang, kita harus menyediakan area percakapan di semua dinding ruang tamu.

05 Ruang tamu besar

Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah

Jika cukup memiliki ukuran rumah yang luas maka sangat baik untuk menyediakan ruang tamu dengan dimensi lebih besar 4,5 x 6,0 m. Dengan begitu ada kemungkinan membawa sofa menjauh dari dinding, memiliki sofa yang lebih dalam, lebih mewah dan menciptakan pengelompokan furnitur sekunder.

Di ruang tamu yang besar lebih baik menambahkan furnitur atau tempat duduk tambahan, misalnya meja permainan atau meja tulis daripada menjauhkan jarak antara tempat duduk dan membuat area percakapan menjadi terlalu besar dan tidak nyaman.

Menambahkan sebuah meja dan bufet pada poros tengah ruangan menciptakan pembagian logis dalam ruang dan menambahkan titik fokus. Ruang yang tersisa bisa ditambahkan dengan pengelompokan meja lain seperti meja untuk permainan kartu.


Kesimpulan

Demikianlah mengenai Berbagai Ukuran Ruang Tamu untuk Setiap Rumah. Ruang yang sangat penting untuk mencegah tamu masuk dan mengganggu privasi keluarga kita. Meskipun tamu tersebut adalah sanak saudara namun harus ada jarak privasi yang memisahkan anggota keluarga dan orang luar. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Referensi :

https://www.houseplanshelper.com/living-room-size.html
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar