Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya - Arsitur Media Desain

Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya

- 2/03/2019


Rangka atap pada dasarnya adalah struktur yang berbentuk satu atau beberapa unit segitiga yang ramping dan lurus dengan ujungnya yang terhubung melalui pertemuan atau node.

Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya
Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dan Karakteristiknya


Penting untuk diketahui bahwa kekuatan eksternal yang muncul dalam rangka ini reaksinya hanya bekerja baik di area simpul, tetapi cara struktur dibangun memungkinkan dispersi pada kekuatan rangka ini, baik itu se-komprehensif mungkin.

Adanya sambungan dalam rangka atap dilihat sebagai revolute, yang berarti bahwa gaya puntir dikecualikan. Ada berbagai macam bentuk rangka atap yang telah berkembang dan digunakan di banyak bangunan, mari kita telusuri karakteristik, keunggulan dan kekurangannya.

Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap
Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap


01 King Post Truss

Rangka atap khusus ini sering terbuat dari kayu, tetapi juga dapat dibuat dari kombinasi baja dan kayu. Semuanya kembali pada arsitek dan ahli struktur bangunan. King Post Truss dapat membentang hingga 8m yang membuatnya sempurna untuk beberapa jenis bangunan, terutama rumah kecil.

02 Pratt Truss

Bentuk ini adalah salah satu jenis rangka atap baja yang paling populer dan cukup ekonomis. Jenis rangka atap ini menawarkan beberapa fitur menarik terutama berkat fakta bahwa bagian rangka vertikal menyangga tekanan, sementara rangka yang diagonal menyalurkan kompresi. Penting untuk diketahui bahwa rangka ini dapat digunakan untuk rentang yang berkisar antara 6-10m.

03 Queen Post Truss

Queen Post Truss dirancang untuk menjadi jenis rangka atap yang sangat andal, sederhana, dan serbaguna yang dapat digunakan pada banyak bangunan. Bentuk Ini menawarkan rentang yang baik, sekitar 10m dan memiliki desain sederhana yang membuatnya cocok untuk berbagai jenis bangunan.

04 Howe Truss

Jenis rangka ini biasanya adalah kombinasi dari baja dan kayu, yang membuatnya terlihat elegan, sementara dari segi struktur juga menawarkan desain yang sangat menarik. Hampir semuanya terbuat dari kayu, namun, komponen tegangan atau bagian vertikal dibuat dari baja untuk memberikan dukungan dan keandalan ekstra.

Satu faktor yang membuat Howe Truss luar biasa karena memiliki rentang yang sangat lebar, dan dapat mencakup bentang dari 6-30m. Ini menjadikan jenis howe truss serbaguna dan sangat berguna untuk berbagai jenis proyek.

05 Fan Truss

Seperti yang dapat kita lihat dari banyak gambar jenis rangka atap, Fan Truss muncul dengan desain yang sangat sederhana dan biasanya terbuat dari baja. Dalam situasi ini, komponen fan truss membentuk rangka atap fink.

Selain itu, karakteristik utama di sini adalah akord atas dibagi menjadi panjang yang lebih kecil, karena itu memungkinkan bangunan untuk mendapatkan dukungan purlin. Selain itu, kita bisa mendapatkan rentang menengah dengan tipe ini, sekitar 10-15m sehingga lebih dari cukup untuk sebagian besar proyek.

06 North Light Truss

Rangka Atap North Light cocok untuk bentang lebih besar yang melebihi 20m dan mencapai 30m. Ini karena lebih murah untuk menambahkan tiang penopang yang memiliki gelagar kisi lebar yang lebih besar untuk mencakup rangka penopang.

Jenis rangka ini adalah salah satu yang tertua dan juga yang paling ekonomis yang dapat kita temukan di pasaran. Jenis ini memungkinkan kita mendapatkan ventilasi pada atap. Rangka ini juga berfungsi untuk ruang tamu dan secara umum untuk ruang yang sangat besar.

07 Quadrangular Truss

Jenis rangka atap ini digunakan untuk bentangan besar. Kita dapat menemukan rangka seperti ini di ruang yang lebih besar meliputi auditorium atau bahkan gudang kereta api.

08 Parallel Chord Truss

Jenis rangka ini dibuat khusus untuk orang-orang yang ingin membangun rumah tanpa menghabiskan anggaran besar untuk atapnya.

Rangka ini terbuat dari kayu dan tidak memerlukan balok atau dinding bantalan. Sebaliknya, rangka ini menggunakan potongan kayu penuh dan dengan demikian dapat menurunkan jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk membuatnya.

Rangka ini membutuhkan lebih banyak ruang di loteng dan bentangannya mungkin bukan yang terbaik, tetapi dari segi harga dinilai lebih terjangkau.

09 Scissors Truss

Rangka Atap Gunting atau Scissors Truss khususnya dapat ditemukan pada bangunan monumental seperti di katedral. Rangka ini tidak memerlukan balok atau bantalan dinding. Rangka ini tidak baik untuk isolasi panas sehingga efisiensi energinya kurang baik namun kita dapat memiliki banyak ruang pada loteng.

10 Raised Heel Roof Truss

Ini adalah salah satu jenis rangka atap kayu yang paling efisien, karena memberikan ruang isolasi yang sangat baik, tetapi pada saat yang sama juga menyediakan sistem dukungan struktural yang sangat baik bagi atap.

Mungkin kita memerlukan beberapa bahan tambahan untuk membuatnya memberikan hasil terbaik, belum lagi biayanya bisa sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis rangka lainnya, tetapi rangka ini dinilai baik untuk isolasi panas bangunan.

Kesimpulan

Sekian mengenai Berbagai Macam Bentuk Rangka Atap dengan karakteristik, keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Semoga dengan ini teman-teman menjadi lebih tau mengenai bentuk rangka atap yang dapat digunakan saat membangun rumah ataupun gedung lainnya.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter