Skip to main content

Top 10 Karya Arsitektur Terpopuler Dunia 2018

Berikut adalah Top 10 Karya Arsitektur Terpopuler Dunia 2018

1. Junya Ishigami di Cartier Foundation, Paris
Junya Ishigami

Bangunan ini memiliki atap tak berujung didukung di bidang batu besar. Karya arsitektur ini merupakan restoran seperti gua yang tenggelam ke tanah dan kemudian dimasuki dari bawah. Kolom bangunan ini sangat tipis sehingga Anda hampir tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang. Struktur yang cukup puitis karya arsitek muda Jepang Junya Ishigami memenuhi Cartier Foundation dalam sebuah pameran ruang yang memikat mata, yang menunjukkan jenis arsitektur yang sangat berbeda, lebih dekat dengan fenomena alam daripada karya arsitektur lainnya.

2. Qattan Foundation, Ramallah, oleh Donaire Arquitectos
Bangunan ini bertengger di sebuah bukit di tepi kota Ramallah, Tepi Barat. Karya arsitektur ini berdiri sebagai mercusuar yang berkilauan. Yayasan Qattan membuka musim panas ini dan melawan semua kemungkinan karena berani membangun di bawah tekanan Israel. Bangunan ini juga menyediakan galeri, perpustakaan, teater, tempat tinggal seniman dan studio untuk tarian dan seni, bersama dengan salah satu plaza publik pertama di kota. Karya arsitektur ini adalah tempat yang ditunggu-tunggu dan sangat dibutuhkan untuk merayakan budaya kontemporer Palestina.

3. Battersea Arts Centre, London, oleh Haworth Tompkins
Bahan fire mid construction biasanya tidak diandalkan sebagai struktur bangunan, tetapi berbeda untuk bangunan Battersea Arts Center. Ketika kobaran api sempat memusnahkan aula agung bangunan sebelumnys, arsitek Haworth Tompkins diberi kesempatan untuk membuat salah satu ruang pertunjukan termasyur di London dari sisa-sisa kebakaran tersebut. Seiring dengan merancang bangunan aula baru, langit-langit yang spektakuler didesain khusus untuk aula yang baru dan mereka telah mengerjakan sedikit perubahan di seluruh gedung. Arsitek ini masuk dan menciptakan tempat ajaib untuk bersuka ria dalam karya arsitektur yang bersejarah.

4. Charles Rennie Mackintosh di Galeri Seni Kelvingrove, Glasgow
Momen yang menonjol adalah pertunjukan ensiklopedia di Kelvingrove Art Gallery, yang mengungkapkan betapa dulu Mackintosh berdiri. Dengan serangkaian gambar, furnitur, dan model yang memukau, yang memadukan perpaduan unik antara seni nouveau dengan bentuk-bentuk Jepang dan motif-motif barot Scots yang kasar.

5. Goldsmiths CCA, London, oleh Assemble
Bangunan permanen pertama yang dibuat oleh kelompok arsitektur muda Assemble, Center for Contemporary Art for Goldsmiths New College di London tidak mengecewakan. Mengambil alih rumah boiler dari pemandian umum Victoria, para arsitek menyulap urutan ruang yang menyenangkan, menyajikan kekhasan yang kompleks dan membuat tambahan baru yang berani. Perhatian khusus diberikan pada detail buatan tangan, dari ubin semen salmon-pink untuk kursi kafe emas berkilauan.

6. 15 Clerkenwell Close, London, oleh Amin Taha
Ini adalah salah satu gedung perkantoran dan apartemen paling orisinal dan lucu di London dalam waktu yang lama - proyek pemenang penghargaan Amin Taha menjadi berita utama tahun ini ketika dewan Islington bersikeras bahwa itu harus dihancurkan. Mereka mengklaim fasad yang mencolok dari balok batu yang kurang lebih tidak cocok dengan aplikasi perencanaan (yang disengketakan Taha), dan itu tidak sesuai dengan area lokal. Mereka benar: itu jauh lebih baik daripada sebagian besar sampah terdekat yang mereka beri izin.

7. Royal Academy, London, oleh David Chipperfield
Anda mungkin telah mengunjungi Akademi Royal dengan tampilan baru dan sulit sekali mengetahui di mana £ 56 juta telah dihabiskan. Tapi itulah keindahan dari proyek renovasi dan ekspansi yang tenang ini, yang menghubungkan kedua sisi dari lokasi yang luas, menggali lebih jauh ruang pameran dan kuliah, sambil membuat kehadiran penting Sekolah RA - daya kehidupan berantakan dari institusi kuno - terlihat bagi pertama kali.

8. Kettle's Yard, Cambridge, oleh Jamie Fobert
Empat belas tahun dalam pembuatan, perpanjangan Jamie Fobert ke galeri Kettle's Yard di Cambridge patut ditunggu. Proyeknya melanjutkan skala domestik kompleks pondok, yang semula adalah rumah kurator Tate Jim Ede. Galeri-galeri baru yang terang di Fobert telah dengan cerdas dijahit ke dalam situs yang ketat, merujuk pada tumpukan bangunan yang ada dengan detail yang kasar, seperti tangga baja mentah besar dan meja resepsionis kayu ek yang besar.

9. Denise Scott Brown dianugerahi Medali Soane
Mungkin terlambat 30 tahun, tetapi ketika arsitek, perencana, dan ahli teori Denise Scott Brown dianugerahi Medali Soane tahun ini, itu merupakan cara kecil untuk menebus seluruh karir diabaikan dalam bayang-bayang suaminya Robert Venturi . Salah satu penulis Learning from Las Vegas, Scott Brown adalah seorang pemikir yang sangat berpengaruh yang, dalam pelukannya tentang bahasa sehari-hari di pinggir jalan, memperluas definisi tentang apa itu arsitektur.

10. V&A Dundee, oleh Kengo Kuma
Sebagian wajah tebing, sebagian galleon, V&A Dundee yang baru akhirnya tiba di tepian Tay seperti kapal aneh yang berlayar dari ranah lain, terlambat empat tahun dan dua kali lipat dari anggaran. Dari dekat, detailnya yang kikuk menyisakan sesuatu yang diinginkan, tetapi bentuk pahatan yang kuat berisi “ruang publik” baru yang murah hati untuk kota, bersama dengan sepasang ruang pameran yang luar biasa di mana kisah menarik dari desain Skotlandia diceritakan.

Referensi : theguardian.com
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar